Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Petra Nemcova: A Scent That Travels

Petra Nemcova: A Scent That Travels

Lewat kunjungannya ke Indonesia, Petra Nemcova menyempatkan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Harper's Bazaar. Ditemui di gerai Glow Living, Plaza Indonesia sambil ditemani aroma scented candle dari Be the Light New York yang menenangkan.

HBI : Apa kesibukan Anda sekarang?
PN : Selain aktif sebagai duta dari Happy Heart Foundation, saya masih merangkap sebagai ambassasor dari Clinique dan Chopard. Lalu, tentunya founder dari Be the Light New York, lilin yang aromanya sedang Anda nikmati.

HBI : Bisa ceritakan awal mula keterlibatan Anda pada yayasan yang bergerak dalam bidang edukasi anak-anak ini?
PN : Semuanya berawal ketika saya menjadi salah satu penyintas tragedi tsunami tahun 2004. Dari sana saya merasa diberi 'kesempatan' untuk selalu mensyukuri segala hal dalam kehidupan ini dan kian giat beramal. Kami memulai proyek pembangunan sekolah di beberapa tempat di dunia. Khususnya di Indonesia, yang awalnya hanya satu sekolah kini Happy Hearts Foundation sudah berhasil membangun ratusan sekolah yang tersebar di beberapa propinsi di Indonesia.

HBI : Beranjak ke Be the Light, apa cerita di balik setiap variannya?
PN : Scented candle ini lahir atas dasar pengalaman saya saat mengunjungi berbagai tempat di penjuru dunia. Dari sana saya berusaha menuangkan memori dari berbagai elemen yang menurut saya tak terlupakan. Misalnya dari aroma yang tercium saat upacara adat, atau semilir angin di pesisir pantai semuanya merupakan penggalan cerita yang membawa ingatan saya kembali ke tempat-tempat tersebut. Selain itu, setiap lilin juga dimaksudkan sebagai pemberian yang memiliki sisi sentimentil, entah itu merupakan destinasi yang menjadi wish list atau menjadi kenang-kenangan. Uniknya lagi, setiap gelas dihiasi gambar peta negara atau peta yang mendiskripsikan perjalanan saya saat mengunjunginya, dan semuanya digambar dengan tangan sehingga tak ada satu lilin yang sama persis dengan lainnya.

HBI : Dari semua tempat yang Anda kunjungi, yang mana paling berkesan untuk Anda?
PN : Haiti! Selain eksotis, Haiti seolah memperlihatkan sisi kultur, kuliner, dan keramahtamahan penduduknya yang begitu tulus. Saya senang sekali berada disana dan tak pernah bosan mengunjunginya.

HBI : Sebagai duta dari Happy Hearts Foundation, Anda tentu sering mengunjungi Indonesia. Bagian mana dari Indonesia yang menjadi favorit Anda?
PN : Selain Bali, saya senang ke Bandung, dan saya dengar di wilayah Timur banyak destinasi eksotis yang belum sempat saya kunjungi.

HBI : Bisa sebutkan travel essential Anda?
PN : Tentu saja Moisture Surge Overnight Mask! Masker wajah ini sangat berguna dan mengandung khasiat luar biasa untuk saya yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang.

 

(Anindya Harahap. Foto: Dok. Bazaar)