Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik di Tahun 2023

Penata rambut yang wajib dimiliki ini memudahkan Anda untuk menunda waktu keramas.

15 Rekomendasi Dry Shampoo Terbaik di Tahun 2023
COURTESY OF BAZAAR US

Dalam pencarian kami untuk produk perawatan rambut terbaik, kami telah menguji banyak sekali sampo kering. Hal ini dikarenakan tidak ada yang dapat mengatasi rambut berminyak, yang belum dicuci, dan membuatnya terlihat segar, dan terasa segar kembali. "Sampo kering adalah cara yang bagus untuk mempertahankan gaya dan menghemat waktu setelah berolahraga," kata penata rambut, Bridget Brager. Menghemat waktu, menghemat air, dan mencegah rambut lepek.

Namun, jangan berharap rambut Anda secara ajaib menjadi bersih dengan satu kali semprotan. "Sampo kering tidak menggantikan sampo yang sesungguhnya, tapi ini adalah alternatif yang sempurna," kata Bridget. "Kami tahu bahwa perawatan kulit kepala adalah perawatan kulit, dan seperti halnya Anda mencuci wajah untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori, Anda harus melakukan hal yang sama pada kulit kepala, yang merupakan titik awal dari rambut yang sehat."

BACA JUGA: Kandungan Shampo Ini Harus Anda Hindari Jika Anda Memiliki Rambut Kering!

Bagaimana para ahli mengaplikasikan sampo kering? Semprotkan pada jarak enam inci dari kulit kepala, dalam beberapa bagian, tunggu 20 detik, lalu gunakan sikat untuk mendistribusikan bubuk secara merata. "Jangan menyemprot satu titik terlalu lama," kata Bridget. "Hal ini dapat menyebabkan penumpukan produk."

Jika Anda pernah melihat berita utama tentang penarikan sampo kering karena kadar benzena yang tinggi, jangan khawatir. "Sampo kering dengan berbagai bahan yang ramah lingkungan dan lebih bersih seperti bubuk beras atau tanah liat alami aman digunakan dan efektif," kata penata rambut dan pendiri merek label eponim, Frédéric Fekkai. "Kami memilih tanah liat kaolin, yang digunakan untuk membuat porselen dan juga ditemukan dalam perawatan kulit mewah, karena partikel-partikelnya yang sangat halus menyerap kelebihan minyak, kotoran, dan bau dari kulit kepala tanpa menyebabkan penumpukan yang menyumbat."

Kami telah mengumpulkan 15 sampo kering penyerap minyak yang paling efektif dan aman di pasaran, mulai dari sampo yang dapat menenangkan kulit kepala hingga semprotan yang berfungsi ganda sebagai volumizer.

Sampo Kering Terbaik Tahun 2023

TERBAIK UNTUK RAMBUT HALUS
Sampo Kering Detoksifikasi Volume Olaplex No.4D

OLAPLEX
COURTESY OF BAZAAR US

$30 (sekitar 454.794 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan:

  • Super ringan
  • Membuat rambut terasa lembut
  • Aman untuk rambut berwarna

Kekurangan

Olaplex membuat beberapa produk perawatan rambut favorit kami, jadi kami sangat penasaran dengan produk sampo kering mereka yang baru. Formula ini adalah yang paling ringan dalam daftar ini, dan tidak meninggalkan hasil akhir seperti bubuk pada rambut. Pati mikro membantu menyerap minyak tanpa menyebabkan penumpukan yang dapat menghambat pertumbuhan rambut yang sehat, dan teknologi pembentuk ikatan yang telah dipatenkan oleh merek ini membantu memperbaiki kerusakan pada setiap semprotan. Jika Anda tidak suka dengan rasa sampo yang kering, ini adalah sampo yang harus Anda coba.

Ulasan Pelanggan:

"Saya suka sampo kering ini!! Saya menggunakan sampo kering setiap saat. Saya suka karena sampo ini tidak membuat kulit kepala saya menumpuk. Saya memiliki kulit kepala yang sangat sensitif sehingga beberapa sampo kering cenderung membuat kepala saya gatal dan ini tidak." -SierraSparkle

BAIK UNTUK RAMBUT YANG DIWARNAI
Sampo Kering Moroccanoil Berwarna Gelap

MOROCCANOIL
COURTESY OF BAZAAR US

$26 (sekitar 394.154 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan

  • Tidak ada residu putih
  • Menambah volume
  • Bebas bedak

Kekurangan

Bau yang menyengat

Jika Anda adalah penggemar minyak perawatan ikonis, Moroccanoil, Anda akan menyukai semprotan penyerap minyak ini. Karena memiliki aroma khas dan minyak argan yang sama, tetapi dengan pati beras untuk menarik kelebihan minyak di rambut.

Ulasan Pelanggan:

"Saya suka sampo kering ini. Saya tidak tahu bagaimana cara menggunakannya di awal, tetapi jika saya menggunakannya ketika rambut saya mulai lepek, menunjukkan tanda-tanda pertama dari minyak, tidak hanya menghidupkannya kembali dengan segera, tetapi juga memperpanjang keramas saya selama beberapa hari setelahnya. Hari-hari itu akan membuat rambut saya penuh dan mengembang yang terlihat seperti saya tidak melewatkan satu hari pun untuk keramas." - nyfashionista

TERBAIK UNTUK KULIT KEPALA BERMINYAK
Sampo Kering Advanced Clean dari Perfect Hair Day™

PERFECT HAIR DAY
COURTESY OF BAZAAR US

$33 (sekitar 500.273 Rupiah) tersedia di Livingproof.com

Kelebihan

  • Bebas bedak
  • Melindungi dari polusi

Kekurangan

Versi canggih dari sampo kering favorit para penggemar, Living Proof, membantu menyeimbangkan sebum pada kulit kepala untuk rambut yang lebih segar dari waktu ke waktu. Ini adalah satu-satunya sampo kering yang harus dicoba jika Anda memiliki kulit kepala yang sangat berminyak.

Ulasan Pelanggan:

"Saya telah mencoba banyak sampo kering. Mereka semua merusak kulit kepala saya dan membuat rambut saya lebih buruk. Ini benar-benar luar biasa!!! Ini telah bekerja dengan sangat baik dan tidak ada masalah sama sekali! Juga memberi volume dan rambut saya terasa bersih juga!!!" - Kendall S.

TERBAIK UNTUK RAMBUT HALUS
Sampo Kering Oribe Gold Lust 

ORIBE GOLD LUST
COURTESY OF BAZAAR US

$48 (sekitar 727.670 Rupiah) tersedia di Oribe.com

Kelebihan

  • Bau yang harum

Kekurangan

Mahal

Sampo kering Oribe ini tidak hanya memberikan pengalaman yang mewah, tetapi juga secara ahli menyerap kelebihan minyak, kotoran, dan penumpukan produk. Tujuannya untuk menghidupkan kembali rambut sekaligus menambah volume.

Ulasan Pelanggan:
"Kesan pertama adalah wow, kemasannya cantik sekali! Saya suka aromanya yang mewah dan wangi, saya mencoba sedikit dan saya senang" - Kristinal17

BAIK UNTUK RAMBUT KERING
Sampo Kering Fekkai Clean Stylers Sheer 

FEKKAI
COURTESY OF BAZAAR US

$26 (sekitar 394.154 Rupiah) tersedia di Ulta Beauty

Kelebihan

  • Bebas bedak
  • Tidak ada residu putih

Kekurangan

Bau yang menyengat

Semprotan yang tidak terlihat ini mengandung bahan-bahan yang baik untuk rambut Anda. Seperti ekstrak apel untuk mengurangi kerontokan dan tanah liat kaolin, yang menenangkan iritasi kulit kepala dan menyeimbangkan pH rambut yang dirawat dengan bahan kimia, kata Frédéric.

Ulasan Pelanggan:

"Saya menyukainya. Saya memiliki rambut yang berwarna coklat gelap dan banyak sampo kering yang meninggalkan residu yang terlihat, tetapi yang merek ini sangat baik. Bagi saya, ini sepertinya bertahan lebih lama di rambut daripada banyak sampo kering lainnya yang pernah saya coba. Agak mahal, tapi saya bersedia membayar untuk hasilnya." - C

TERBAIK UNTUK RAMBUT KERITING
Sampo Ouai Super Kering

OUAI
COURTESY OF BAZAAR US

$26 (sekitar 394.154 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan

  • Bau yang enak

Kekurangan

Sampo Ouai Super Kering dari penata rambut Jen Atkin adalah favorit banyak orang. Sampo ini menyegarkan rambut berminyak dengan mineral vulkanik dan pati beras, tetapi tidak membuat rambut Anda kering. Ditambah lagi, sampo ini memiliki aroma khas merek ini, Melrose Place, yang memiliki aroma sampanye, bergamot, dan mawar.

Ulasan Pelanggan:

"Saya suka aroma sampo kering ini. Saya mencoba untuk menghindari wewangian dalam perawatan rambut tetapi hampir tidak mungkin. Secara mengejutkan ini tidak mengiritasi kulit kepala saya yang sensitif. Sedikit residu setelah penyemprotan tetapi larut setelah dipijat ke kulit kepala." - Betty1234

PILIHAN TERBAIK
Sampo Kering Batiste Original

BATISTE
COURTESY OF BAZAAR US

$9 (sekitar 136.438 Rupiah) tersedia di Ulta Beauty

Kelebihan

  • Harga terjangkau

Kekurangan

Mengandung alkohol

Dengan lebih dari 14.000 ulasan bintang lima, sampo kering dengan harga terjangkau ini menambah kelembutan dan tekstur, sekaligus menghilangkan tampilan minyak dalam hitungan detik. Ulasan menyarankan untuk menggosokkan bubuk putih secara menyeluruh.

Ulasan Pelanggan:

"Saya memiliki rambut coklat gelap yang tipis. Itu menjadi berminyak setelah seharian. Saya menggunakan ini pada hari kedua dan membuat rambut saya tidak berminyak selama dua hari. Bedak putihnya perlu digosok dengan baik karena saya memiliki rambut hitam tetapi bekerja dengan baik dan botolnya sangat besar!! Digunakan sangat sedikit untuk beberapa waktu tapi tetap memberikan efek. Saya akan merekomendasikan!" - Holly

ALTERNATIF AEROSOL TERBAIK
R+Co Bleu Vapor Lotion untuk Sampo Kering Bubuk

BLEU
COURTESY OF BAZAAR US

$65 (sekitar 985.387 Rupiah) tersedia di Bloomingdale

Kelebihan

  • Ringan
  • Menambah volume

Kekurangan

Mahal

Tidak suka dengan bedak tabur yang terasa seperti kapur dan mengeringkan? Pilihlah formula lotion menjadi bubuk. Pilihan ringan dari R+Co Bleu tidak hanya mengatasi rambut berminyak, tetapi juga mengurangi kusut. Dan membantu mengurai rambut dengan kandungan molekul kompleks dan fermentasi akar lobak dari merek ini. Gosokkan sedikit di antara jari-jari Anda dan usapkan ke akar rambut (ini juga menambah tekstur dan volume).

Ulasan Pelanggan:

"Baunya seperti surga. Saya telah menggunakan produk ini dengan cara pencegahan dibandingkan dengan menggunakan setelah rambut saya berminyak karena aktif. Jadi saya tidak yakin bagaimana jika akan bekerja pada rambut yang sudah sangat berminyak. Saya sangat senang menemukan alternatif semprotan ini karena saya tidak ingin menghirup aerosol dan bosan dengan kekacauan putih. Produk ini mencegah minyak dan tidak ada bubuk yang berantakan." - AnnikaMM

TERBAIK UNTUK KESEHATAN KULIT KEPALA
Rodan + Fields REFRESH+ Shampo Kering

RODAN+FIELDS
COURTESY OF BAZAAR US

$39 (sekitar 591.232 Rupiah) tersedia di Rodanandfields.com

Kelebihan

  • Aroma yang enak

Kekurangan

Carilah sampo kering yang memiliki berbagai bahan yang bermanfaat bagi kulit kepala Anda, kata Bridget, yang merekomendasikan sampo kering Rodan + Fields. Sampo yang memiliki ekstrak chamomile untuk menenangkan dan menyejukkan kulit. "Bonusnya, sampo ini membuat tubuh Anda terasa segar dan mudah dibersihkan," tambahnya.

Ulasan Pelanggan:
"Saya suka sampo kering ini. Sampo ini menyegarkan rambut saya yang tipis, sering kali berminyak, dan tidak membebani. Benar-benar favorit baru saya!" - Trish_Yesalonis


Amika Perk Up Sampo Kering Bebas Bedak

AMIKA
COURTESY OF BAZAAR US

$26 (sekitar 394.154 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan

  • Bebas bedak

Kekurangan

Meninggalkan tekstur berpasir

Para pengguna mengatakan bahwa sampo kering ini mudah digunakan dan hanya membutuhkan sedikit minyak untuk membaurkannya ke dalam rambut. Sampo ini memiliki kandungan pati beras alami untuk memberikan gaya yang mengembang dan sea buckthorn. Dikemas dengan vitamin C, vitamin A, dan asam lemak, untuk menutrisi rambut di antara waktu keramas.

Ulasan Pelanggan:

"Akhirnya membeli salah satu dari produk ini dan OMG, ini sangat layak menjadi hype. Saya telah mencoba banyak produk yang berbeda sejauh ini, dan membenci perasaan berat yang ditinggalkan ketika menggunakan formula tertentu. INI JUSTRU SEBALIKNYA!!! Kulit kepala dan rambut saya terasa segar, bersih dan RINGAN" - Melody Ansari

TERBAIK UNTUK RAMBUT BERMINYAK
Kaia Naturals Sampo Kering Semalam

KAIA NATURALS
COURTESY OF BAZAAR US

$32 (sekitar 485.113 Rupiah) tersedia di Credo Beauty

Kelebihan

  • Bernutrisi
  • Penggunaan sedikit sudah sangat memberikan efek yang nyata

Kekurangan

Pengaplikasian berantakan

Bedak ini wajib dimiliki untuk memperpanjang waktu keramas dan mencegah rambut berminyak. Aplikasikan sebelum tidur, dan biarkan arang penjernih, tepung tapioka, dan tanah liat kaolin menyerap minyak, keringat, dan kotoran. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gaya yang segar di pagi hari.

Ulasan Pelanggan:

"Ini luar biasa untuk rambut dengan perawatan yang mudah! Pada awalnya, saya lupa memakainya di malam hari (meskipun masih berfungsi di siang hari!), tapi sangat menyenangkan untuk bangun dengan rambut yang segar dan siap menghadapi hari. Saya suka karena produk ini tidak menodai seprai saya, tetapi menyatu dengan akar rambut saya yang baru saja digelapkan." - Taylor

TERBAIK UNTUK MENIPISKAN RAMBUT
Sampo Kering Better Not Younger Fresh Start untuk Pembaharuan Kulit 

Better not younger
COURTESY OF BAZAAR US

$29 (sekitar 439.634 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan

  • Bebas bedak

Kekurangan

Sulit untuk dikeluarkan

Promosikan rambut yang lebih tebal dan penuh dengan bedak yang lembut namun efektif ini yang mengandung biotin (terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut) dan ekstrak akar konjak untuk menjaga rambut tetap terhidrasi.

Ulasan Pelanggan:

"Produk yang luar biasa. Produk ini menyerap minyak dengan sangat mudah dan baunya lembut. Saya menyukainya daripada sampo kering semprot. Saya merasa produk ini bisa didistribusikan dengan lebih baik dengan cara ini!" - jorgefranco

EKSTRA LEMBUT
Sampo Kering Klorane dengan Susu Oat

KLORANE
COURTESY OF BAZAAR US

$20 (sekitar 303.196 Rupiah) tersedia di Amazon

Kelebihan

  • Aroma bersih dan ringan

Kekurangan

Produk andalan wanita Prancis ini menggunakan susu gandum untuk membersihkan dan menenangkan rambut hanya dalam sekali semprot.

Ulasan Pelanggan:

"Rasanya sangat ringan di rambut dan memberikan banyak volume. Saya menganggapnya sebagai salah satu cawan suci saya. Karena saya selalu bepergian dan tidak punya waktu untuk mencuci rambut setiap hari. Jika Anda menyemprotkannya di kulit kepala Anda, malam sebelumnya, itu membuat rambut Anda terlihat lebih baik!" - Lizzie Chen

CLEAN PICK
Sampo Kering Crown Affair

Crown Affair
COURTESY OF BAZAAR US

$36 (sekitar 546.372 Rupiah) tersedia di Sephora

Kelebihan

  • Natural

Kekurangan

Mahal

Ketika Anda berpikir bahwa menggunakan sampo kering tidak bisa menjadi sesuatu yang chic dan mewah, Crown Affair meluncurkan produk inovatif untuk menyegarkan rambut. Bedak yang sangat halus ini hadir dengan kuas kabuki untuk meratakan formulanya hingga ke akar rambut, sementara bubuk kesemek Jepang berfungsi sebagai pengharum alami.

Ulasan Pelanggan:

"Saya sangat menikmati produk ini. Terutama menggunakannya di bagian depan rambut (garis rambut dan poni) dan sedikit menaburkannya di bagian tengah dan samping rambut. Jadi saya tidak memiliki masalah untuk mengaplikasikan seperti yang disebutkan oleh beberapa pengulas lain. Saya menemukan bahwa produk ini bekerja dengan baik untuk membuat tidak terlalu berminyak di hari-hari ketika saya tidak keramas. Hal terbaiknya adalah karena saya tidak menggunakan produk sebanyak yang saya gunakan jika produk ini berbentuk aplikator semprot. Saya tidak merasa bahwa produk ini membuat rambut saya terasa kotor dengan sisa sampo kering seperti yang terjadi jika saya menggunakan produk lain." -Archie123

BAGUS UNTUK RAMBUT KERING
Pureology Style + Protect Refresh & Go Dry Shampoo

Pureology
COURTESY OF BAZAAR US

$9 (sekitar 136.438 Rupiah) tersedia di Pureology.com

Kelebihan

  • Menambahkan kilau
  • Memberikan perlindungan dari panas
  • Terjangkau

Kekurangan

Bau yang kuat

Dengan harga di bawah $10, dapatkan sampo kering penambah kilau yang dapat digunakan berhari-hari tanpa menumpuk di kulit kepala. Pro tip: Diamkan produk selama tiga puluh hingga enam puluh detik untuk menyerap minyak sepenuhnya sebelum bekerja hingga ke akar.

Ulasan Pelanggan:

"Wanginya enak dan bertahan lebih lama dari sampo kering lainnya yang pernah saya gunakan. Benar-benar sesuai dengan harganya. Saya berambut pirang jadi saya tidak melihat adanya masalah dengan residu putih tetapi itu tidak perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki rambut yang lebih gelap" - hayleyk1

Sampo kering menyerap kelebihan minyak dan keringat dari rambut dan kulit kepala, yang memberikan tampilan rambut yang bersih dan segar. Sampo ini dapat menjadi penyelamat jika Anda berada dalam kondisi terdesak untuk memperpanjang gaya rambut Anda, di iklim lembap, atau di antara hari keramas. Sampo kering juga dapat digunakan untuk menambah tekstur dan volume saat menata rambut. Beberapa sampo kering mengandung teknologi yang benar-benar menyerap minyak dan menghilangkannya dari kulit kepala, tetapi perlu diaplikasikan dengan hati-hati. Pastikan untuk selalu membaca instruksi pada botol sampo kering.

Apakah menggunakan sampo kering baik untuk rambut Anda?

Sampo kering dapat memperpanjang waktu keramas dan menyegarkan rambut. Namun, sampo kering tidak dapat menggantikan keramas karena "sampo kering tidak menghilangkan minyak, polusi, serpihan kulit kepala, atau penumpukan produk dari kulit kepala dan rambut," Frédéric memperingatkan. "Penumpukan dikombinasikan dengan sampo kering dapat menyumbat folikel rambut, menyebabkan iritasi kulit kepala, peradangan, peningkatan kerontokan rambut, dan penipisan batang rambut karena nutrisi tersumbat dari folikel."

Para ahli mengatakan bahwa perawatan kulit kepala sama halnya dengan perawatan kulit. "Sama seperti Anda mencuci wajah untuk membersihkan kotoran dari pori-pori, Anda harus melakukan hal yang sama pada kulit kepala, yang merupakan tempat awal dari rambut yang sehat," kata Bridget. Cobalah scrub kulit kepala atau menggunakan sampo penjernih setiap minggu untuk memastikan tidak ada residu sampo kering yang tertinggal.

Seberapa sering Anda harus menggunakan sampo kering?

Tahan keinginan untuk menggunakan sampo kering setiap hari, kata para ahli. "Saya merekomendasikan penggunaan sampo kering tidak lebih dari dua atau tiga hari berturut-turut," jelas Bridget. "Pastikan itu diaplikasikan secara merata." Sebelum mengaplikasikan sampo kering, penata rambut menyarankan untuk menyisir rambut menggunakan boar bristle brush untuk membantu memindahkan produk (tanpa menyebabkan rambut kusut) yang mungkin menempel di kulit kepala; kemudian gunakan sampo kering.

Bagaimana cara menghindari residu putih dari sampo kering?

Meskipun residu putih adalah hal yang normal ketika memakai sampo kering, beberapa jenis cenderung tidak meninggalkan bekas. "Hindari sampo kering berbahan dasar talek atau tapioka," kata Frédéric. Namun jika sampo kering Anda saat ini meninggalkan residu, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengurangi rona putih. "Semprotkan sampo kering pada akar rambut Anda pada malam sebelumnya, maka sampo kering akan menyerap minyak, dan sarung bantal Anda akan menghilangkan noda putih," tambah Frédéric.

Tips lainnya adalah hindari menyemprotkan sampo langsung ke bagian atas rambut Anda. "Sebaliknya, mulailah dari tingkat telinga dan angkat lapisan rambut, semprotkan secara bertahap ke atas." Dan jika ragu, semburkan udara dingin dari pengering rambut Anda untuk menghilangkan sisa-sisa warna putih. "Jari-jari memiliki banyak minyak alami, dan menggunakan tangan Anda untuk menggosok residu secara akan menambah lebih banyak minyak," kata Frédéric Fekkai.

Meet The Experts

  • Bridget Brager adalah penata rambut selebriti seperti Priyanka Chopra, Kristen Stewart, dan Zoey Deutch.
  • Frédéric Fekkai adalah penata rambut terkenal, pemilik salon, dan pendiri merek perawatan rambut eponimnya.

BACA JUGA:

10 Sampo Vegan Terbaik untuk Semua Jenis Rambut

Rahasia Rambut Prima Chelsea Islan Hadapi Styling Terus Menerus

(Penulis: Katie Intner; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Celine Setiawan; Foto: Courtesy of BAZAAR US)