Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Instalasi Berjudul The Light of Journey Persembahan Bibit.id di Art Jakarta Gardens 2023

Menikmati karya seni sekaligus mendalami makna perjalanan hidup dan berinvestasi.

Instalasi Berjudul The Light of Journey Persembahan Bibit.id di Art Jakarta Gardens 2023
Instalasi The Light of Journey di booth Bibit.id

Art Jakarta Gardens kembali digelar. Tepatnya mulai tanggal 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota by Plataran. Ada 22 galeri seni yang berpartisipasi dan lebih dari 20 instalasi sarat makna yang bisa Anda saksikan di sana. Salah satu yang menarik dan tak boleh Anda lewatkan adalah karya F.X. Harsono berjudul The Light of Journey


Instalasi seni ini merupakan persembahan dari Lead Partner Art Jakarta Gardens 2023, yakni Bibit.id. Sebuah aplikasi reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) populer yang bertujuan membantu para investor muda dalam mencapai financial goal.


The Light of Journey berbentuk sebuah perahu yang dipasang dalam posisi bersandar. Instalasi ini berisikan karakter dalam bahasa Mandarin dan huruf latin. Di situ, tertulis sebuah bait singkat menyala yang berbunyi "Bercita-cita Besar Tak Lupa Moral." Angie Anandita Tjhatra (Head of Digital Marketing Bibit) mengatakan bahwa tulisan tersebut terinspirasi dari puisi yang sering ditemui pada duìlián atau pahatan kayu yang dipajang di sisi kiri dan kanan pintu rumah bergaya Tionghoa zaman dulu. 

Seniman F.X. Harsono ingin mengekspresikan pesan tentang nilai-nilai di dalam duìlián yang mulai luntur, dan jarang dipraktikkan oleh generasi muda saat ini. Seniman asal Blitar penerima Anugerah Adhikarya Rupa 2014 Award dari Kemenparekraf RI itu melihat peralihan fungsi duìlián sebagai medium untuk beriklan yang bertujuan komersial dan politik. 

Nyatanya, berdiri di atas kebijaksanaan dan moralitas merupakan unsur sejati yang melekat pada manusia. Ia juga melihat bagaimana duìlián di pasar loak menjadi barang yang dianggap tidak bermanfaat sehingga banyak dijual di sana.

The Light of Journey

Angie menyatakan bahwa karya The Light of Journey dipilih berdasarkan kemiripan filosofi dengan perjalanan seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya termasuk dalam berinvestasi. “Memang tidak dapat dipungkiri bahwa karya F.X. Harsono ini berakar dari konteks budaya yang melekat pada komunitas tertentu. Namun, ketika merujuk pada esensinya, semangat, dan optimisme dalam mencapai tujuan hidup yang baik adalah sesuatu yang universal. Atas dasar itulah, kami memamerkan karya The Light of Journey,” ucap Angie. 


Ia juga menambahkan, pesan yang disampaikan lewat instalasi tersebut juga dirasakan oleh para pengguna aplikasi Bibit. “Di sepanjang tahun 2022 kemarin, ada sedikitnya 90.596 portofolio investasi di Bibit yang berhasil tercapai, termasuk 1.997 pasangan yang menikah dengan uang yang mereka investasikan di Bibit. Sebanyak 1.907 orang juga telah berhasil membeli rumah impian mereka, dan 2.255 investor yang mewujudkan cita-cita mereka untuk berlibur.

Ini adalah wujud nyata dari cita-cita yang tercapai berkat cara investasi yang benar di Bibit,” ungkap Angie. “Di Bibit, kami percaya bahwa setiap orang berhak memiliki masa depan keuangan yang lebih baik melalui investasi yang benar di pasar modal. Dalam perjalanan investasi ini, pengetahuan yang benar disertai disiplin, komitmen, dan konsistensi merupakan nilai-nilai utama,” tutupnya.

The Light of Journey

Instalasi The Light of Journey dapat Anda temui di booth Bibit di Art Jakarta Gardens 2023. Tidak sekadar menikmati seni, di sana Anda juga berkesempatan untuk mengambil fortune cookies, dan mendapatkan langsung pesan-pesan penyemangat berinvestasi dari Bibit sembari memperdalam literasi finansial. 


Tiket Art Jakarta Gardens 2023 dapat Anda beli melalui situs https://artjakarta.com/garden-2023/.

Foto: Courtesy of Bibit.id