Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Timeline Hubungan Miley Cyrus & Liam Hemsworth

Baca lagi perjalanan romansa pasangan ini, mulai dari pertemuan mereka di The Last Song hingga singel Miley yang berhasil memuncaki tangga lagu yang bercerita tentang perpisahan mereka.

Timeline Hubungan Miley Cyrus & Liam Hemsworth
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Kisah cinta antara Miley Cyrus dan Liam Hemsworth selama satu dekade memang telah dan akan tetap menjadi fenomena budaya pop.

Baca juga: Joget Kebahagiaan Miley Cyrus Mengenakan Gaun Hitam Mini Merayakan Kemenangan "Flowers"

Keduanya pertama kali bertemu dan jatuh cinta saat remaja tepatnya saat bermain di film The Last Song pada tahun 2009. Pada tahun-tahun berikutnya, mereka memulai romansa yang penuh gairah yang bergulir hingga usia dua puluhan dan mengarah ke dua pertunangan, satu pernikahan, dan akhirnya, satu perceraian.

Kini, tiga tahun setelah perpisahan mereka, Miley memasuki era baru, era kemerdekaan yang sejauh ini memuncak dengan lagu terbarunya, "Flowers". Single yang memberdayakan ini telah menduduki puncak tangga musik global selama dua minggu, dan teori penggemar seputar klue yang bercerita tentang Liam terus muncul.

Di bawah ini, lihat kembali kisah cinta Miley dan Liam, mulai dari cinta remaja mereka, perpisahan mereka yang memilukan, hingga momen-momen mesra publik mereka:

12 Januari 2023: Miley merilis "Flowers".

Secara puitis, pada hari ulang tahun Liam, penyanyi itu merilis lagu perpisahan hitsnya tentang rasa kebebasannya setelah berpisah dari aktor tersebut.

Dikatakan sebagai jawaban dari lagu cinta karya Bruno Mars, "When I Was Your Man" yang juga rumornya dipersembahkan Liam untuk Miley selama salah satu momen kembalinya Liam & Miley setelah sempat putus, Miley membalas lagu tersebut dengan lantunan lirik: "Saya bisa membeli bunga sendiri/ ... Dan saya bisa memegang tanganku sendiri, Seharusnya saya membelikanmu bunga / Dan memegang tanganmu."

Menurut teori penggemar di TikTok, penampilan Miley di sepanjang video musik adalah petunjuk tentang hubungannya dengan Liam. Selama bagian refrein pertama, penyanyi itu mengenakan power suit oversized yang menjadi simbol dari keberanian dan dominasi di luar kuasa Liam dan peran gender. Tetapi beberapa penggemar juga berspekulasi bahwa setelan itu sama dengan yang dikenakan oleh Liam pada pemutaran perdana karpet merah film Avengers tahun 2019, di mana aktor tersebut terlihat berbicara kepada Miley untuk menjaga perilakunya dalam klip yang sekarang viral.

Gaun emas Miley dari klip yang memamerkan dirinya tampak berjalan menyusuri Hollywood Hills juga dikatakan telah menjadi referensi untuk Jennifer Lawrence, yang mengenakan gaun emas serupa saat menghadiri pemutaran perdana film Hunger Games di bulan Maret 2012 dengan lawan mainnya, Liam Hemsworth. (Jennifer dikabarkan cinta lokasi dengan Liam di lokasi syuting saat aktor tersebut masih bersama Miley — dan aktris tersebut kemudian mengakui bahwa mereka berbagi ciuman di luar layar dalam klip wawancara yang muncul kembali dengan Andy Cohen).

(Foto: Courtesy of Instagram @mileycyrus)

Single hit ini menduduki puncak tangga musik global. Dan pada tanggal 30 Januari, Miley memperingati momen besar tersebut dan berterima kasih kepada para penggemarnya di Instagram. "Merayakan 'Flowers' yang sukses menjadi #1 di seluruh dunia lagi minggu ini!" ia menulis pada gambar polaroid yang memamerkan dirinya sedang menari dalam gaun hitam. "Saya senang lagu ini dapat terhubung dengan cara yang positif & senang untuk terus menciptakan musik bagi Anda. Pencapaian ini hanya dimungkinkan oleh pendengar & penggemar saya yang luar biasa. Terima kasih tanpa henti."

Agustus 2020: Miley bercerita secara terus terang tentang patah hatinya.

Penyanyi itu secara terbuka bercerita tentang rasa sakit yang mendalam yang ia rasakan setelah hubungannya dengan Liam berakhir selama episode di podcast Call Her Daddy. "Saya mengalami perpisahan yang sangat menyakitkan, sangat besar yang merupakan rentang waktu 10 tahun dari suatu hubungan," katanya kepada pembawa acara, Alexandra Cooper. "Saya mencoba untuk tidak tenggelam dalam emosi... Ini seperti kutukan kematian ketika Anda kehilangan orang yang dicintai, ini benar-benar sedalam itu. Rasanya seperti kematian."

21 Agustus 2019: Mereka mengajukan gugatan cerai.

Setelah beberapa sumber mengabarkan bahwa keduanya berpisah, Liam membenarkan kabar tersebut dengan pengumuman di Instagram tentang perpisahan mereka. "Hai semua hanya catatan singkat untuk mengatakan bahwa Miley dan saya baru saja berpisah dan saya tidak mengharapkan apa-apa selain kesehatan dan kebahagiaannya di masa depan," tulisnya. "Ini masalah pribadi. ... Damai dan Cinta."

Keduanya dilaporkan memberi alasan bahwa "perbedaan yang tidak dapat disatukan kembali" sebagai alasan perceraian mereka, yang akhirnya diselesaikan pada Januari 2020.

(Foto: Courtesy of Twitter)

Segera setelah berita tersebut, banyak komentar muncul secara online berspekulasi bahwa perselingkuhan adalah alasan dari perpisahan mereka. Sebagai tanggapan, Miley kemudian mengunggah cuitan di Twitter yang mengklarifikasi bahwa ia tidak pernah menipu aktor tersebut dan bahwa keputusan mereka untuk berpisah adalah yang terbaik. "Saya bisa mengakui banyak hal tapi saya menolak untuk mengakui bahwa pernikahan saya berakhir karena perselingkuhan," tulisa Miley. "Liam dan saya telah bersama selama satu dekade. Saya telah mengatakan sebelumnya dan itu tetap benar, saya mencintai Liam dan akan selalu begitu. TAPI pada titik ini saya harus membuat keputusan yang sehat untuk diri saya sendiri dengan cara meninggalkan kehidupan imi. Saya ingin dalam kondisi yang paling sehat dan paling bahagia dalam waktu yang lama."

Di minggu yang sama, Miley kemudian terlihat sedang berlibur di Italia bersama teman yang kemudian menjadi kekasih, Kaitlynn Carter yang baru saja berpisah dari Brody Jenner. Setelah berpisah, penyanyi itu dikaitkan dengan Cody Simpson, yang ia kencani hingga Agustus 2020.

11 Juni 2019: Miley merayakan hari jadi mereka yang ke-10.

Miley memperingati satu dekade hubungannya dengan Liam dengan unggahan di media sosial. "Selamat hari jadi ke-10 tahun cintaku," tulisnya di Twitter, di samping foto sebuah artikel yang merujuk pada rumor perpisahan. "Senang melihat semua orang sebodoh ini di tahun 2009! Beberapa hal tidak pernah berubah ... dan saya harap perasaan Anda untuk saya adalah salah satunya."

(Foto: Courtesy of Twitter)

1 Mei 2019: Liam menginginkan banyak anak.

Aktor itu mengungkapkan kepada sebuah media bahwa ia berharap memiliki banyak anak dengan Miley suatu hari nanti— "10, 15, mungkin 20," tepatnya.

Meskipun seorang sumber memberi tahu media lain bahwa keduanya masih mengambil langkah yang hati-hati. "Miley dan Liam tahu bahwa mereka masih muda dan mereka bahagia untuk bisa menjalani hidup mereka saat ini dan tidak mengkhawatirkan tentang anak-anak saat ini," kata orang dalam itu. "Mereka menganggap anjing mereka sebagai anak-anak mereka."

22 April 2019: Mereka menghadiri pemutaran perdana film Avengers.

Dalam penampilan viral bertahun-tahun kemudian, keduanya tiba di karpet merah untuk pemutaran perdana Avengers dalam tampilan srba hitam yang senada.

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

21 Februari 2019: Miley berterus terang tentang kehidupan pernikahannya.

Dalam percakapan untuk sebuah majalah edisi Maret, Miley memberi tahu bahwa kehidupan sehari-harinya dengan suaminya yang sekarang tidak terasa jauh berbeda dari kehidupan mereka sebelum menikah. Perubahan terbesar yang ia alami dengan Liam, kata Miley lebih bersifat tidak langsung seperti kehilangan rumah Malibu mereka pada November sebelumnya dalam sebuah kebakaran hutan California. "Saya akan mengatakan bahwa kehilangan rumah mengubah kami jadi jauh lebih banyak daripada menikah yang mengubah kami," kata Miley. "Saat Anda mengalami apa yang kita alami bersama seseorang, itu seperti lem. Hanya Anda dan orang itu yang bisa mengerti."

Miley menambahkan bahwa keadaan, dengan cara tertentu, terasa seperti sudah ditakdirkan. "Saya tidak yakin tanpa kehilangan Malibu, kami akan siap untuk mengambil langkah ini atau bahkan pernah menikah, siapa yang tahu? Tapi waktunya terasa tepat dan saya mengikuti kata hati saya. Tidak ada yang dijanjikan keesokan harinya, atau berikutnya, jadi saya mencoba untuk 'di masa sekarang' sebanyak mungkin," katanya.

26 Desember 2018: Pernikahan kejutan mereka dikonfirmasi.

Miley berbagi ke Instagram untuk mengonfirmasi pernikahan kejutannya dengan Liam dengan foto hitam-putih di mana ia tampak menciumnya. "10 tahun kemudian…" ia menulis foto itu.

Desas-desus pernikahan mereka telah menyebar lebih awal di musim liburan, ketika foto dan video bocor dari keduanya memotong kue saat makan malam gladi bersih yang menampilkan balon besar berlabel "Tuan & Nyonya."

2 Januari 2016: Mereka bersatu kembali di Australia.

Keduanya tampak kembali bersama saat momen Malam Tahun Baru ketika mereka terlihat nyaman di Falls Music Festival di Byron Bay, Australia.

Sepanjang festival, pasangan ini terlihat menghabiskan waktu bersama kakak ipar Liam, Elsa Petaky yang menikah dengan Chris Hemsworth pada tahun 2010 lalu. Elsa menulis di unggahan Instagram yang menampilkan foto bersama Miley dari festival tersebut.

(Foto: Courtesy of Instagram @elsapataky)

Di akhir bulan, Miley dan Liam terlihat sedang menurunkan barang dari truk U-Haul yang tampaknya menegaskan bahwa reuni pasangan tersebut bukan sekadar sementara. Miley juga membagikan selfie di Instagram tentang dirinya yang mengenakan cincin pertunangan 3,5 karat dari lamaran asli aktor tersebut pada tahun 2012 yang semakin menegaskan hubungan dan pertunangan serius mereka.

November 2015: Liam bercerita tentang Miley.

Aktor tersebut merefleksikan signifikansi jangka panjang dari hubungannya selama lima tahun dengan Miley dalam sebuah wawancara langka.

“Kami telah bersama selama lima tahun,” kata sang aktor, “Jadi menurut saya perasaan itu tidak akan pernah berubah. Dan itu bagus karena itu membuktikan kepada saya bahwa itu nyata dan ini menjadi bagian penting dalam hidupku dan akan selalu begitu."

16 September 2013: Mereka membatalkan pertunangan mereka.

Setelah keduanya berhenti mengikuti satu sama lain di Twitter, Miley dan Liam akhirnya mengonfirmasi rumor lama tentang pertunangan mereka yang telah berakhir dan dibatalkan.

Miley secara resmi memulai era ikonis Bangerz setelah perpisahan itu. (Album ini dirilis pada 30 September.)

Beberapa bulan kemudian, dalam sebuah wawancara bulan Desember, Miley berterus terang tentang bertunangan dengan Liam yang masih sangat muda. Titik pertikaian dengan publik seputar hubungannya dengan sang aktor dan keberanian yang dibutuhkannya untuk menindaklanjuti perpecahan tersebut. "Saya sangat takut sendirian, dan saya pikir, menaklukkan ketakutan itu tahun ini sebenarnya lebih besar daripada transisi lain yang saya alami sepanjang tahun ini," katanya di Barbara Walters Presents: The 10 Most Fascinating People of 2013. "Saya tidak berpikir saya menyadari apa sebenarnya terjadi di umur 19 tahun, dan saya bertunangan pada usia 19." Padahal, ia menambahkan bahwa ia akhirnya tidak menyesali keputusan tersebut. 

8 Agustus 2013: Rumor perpisahan beredar.

Desas-desus tentang pembatalan pertunangan meningkat setelah penampilan karpet merah yang diduga tegang (yang pertama bagi pasangan itu dalam 14 bulan) untuk pemutaran perdana Paranoia di Los Angeles, film terbaru Liam.

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

"Miley dan Liam bertindak seolah-olah mereka bahkan tidak mengenal satu sama lain sepanjang malam," kata seorang sumber. "Ia mengenakan cincinnya, tetapi mereka bertindak seolah-olah mereka adalah orang asing."

18 April 2013: Mereka menunda pernikahan mereka.

Seorang sumber memberi tahu media bahwa Liam dan Miley, yang belum mengumumkan tanggal resmi pernikahan mereka  akan menunda acara tersebut tanpa batas waktu.

"Mereka ingin memikirkan kehidupan mereka bersama sebelum menikah," kata orang dalam itu kepada media. "Mereka masih bertunangan dan hidup bersama," tambah sumber itu. "Namun mereka baru menyadari bahwa pernikahan tidak perlu terburu-buru dan lebih baik mereka menunggu sebentar."

(Foto: Courtesy of Twiiter)

Pengumuman tersebut memicu rumor perpisahan yang sedang terjadi, yang meningkat pada bulan sebelumnya setelah Miley terlihat di Los Angeles tanpa cincin pertunangannya. "Saya tidak membatalkan pernikahan saya," ia bersikeras di media sosial saat itu. "Hanya istirahat dari media sosial. #draining."

26 Januari 2013: Miley bercerita tentang keseksian Liam.

Penyanyi itu tidak menutupi apa pun saat berbicara tentang ketertarikannya pada tunangannya dengan sebuah media.

"Saya benar-benar dapat memandangnya dan berkata, 'Anda seksi, ya Tuhan!'" katanya kepada majalah itu. "Suatu hari, saya menyalakan pemanas kolam, ia berjalan keluar, dan melepas pakaiannya lalu melompat ke kolam. Saya seperti, 'Saya akan pingsan, ia adalah pria terseksi dalam hidup saya dan ia berada di kolam beruap. Ini terlihat seperti pemotretan Playgirl.' Jadi saya memotret foto dan menjadikannya latar belakang di ponsel saya. Sahabat saya mengambil ponsel saya dan berkata, 'Siapa itu? Ia sangat seksi!' Itu suamiku!"

31 Mei 2012: Mereka bertunangan.

Liam melamar Miley dengan cincin Neil Lane 3,5 karat. Pernikahan pasangan itu untuk sementara ditetapkan untuk musim panas mendatang.

Bulan berikutnya, Miley men-tweet foto manisnya dengan Liam dan anjing mereka, sambil mengatakan tentang pertunangan mereka: "Semua impian saya menjadi kenyataan."

Dan dalam penampilan 8 November di The Ellen DeGeneres Show, Miley bercerita tentang momen pernikahan sempurna yang ia harapkan dengan tunangannya yang sekarang. "Ini adalah satu hari yang saya pilih dan setiap detail adalah hal yang saya sukai ...," kata Miley saat itu. "Saya tidak ingin orang-orang melupakan hal itu."

"Saya mengadakan satu pernikahan," lanjutnya. "Itu hari saya dan apapun yang saya inginkan pada hari itu akan menjadi tentang saya dan momen itu."

November 2010: Mereka berpisah lagi.

Kurang dari dua bulan setelah berita tentang hubungan mereka yang katanya kembali bersama, pasangan itu akhirnya memutuskan untuk berpisah lagi — untuk saat ini. "Hubungan putus-nyambung mereka saat ini sedang dalam masa putus," kata seorang sumber kepada media pada November. "Tapi Anda tidak pernah tahu dengan Miley dan Liam. Mereka bisa kembali pada suatu saat."

Agustus–September 2010: Mereka putus, lalu berbaikan.

Satu tahun setelah jalinan asmara pertama pasangan itu, perwakilan Liam mengonfirmasi bahwa keduanya telah putus. Namun, kurang dari satu bulan kemudian, keduanya dilaporkan kembali bersama.

Pada 11 September, keduanya terlihat makan siang dan menjalankan tugas bersama di Los Angeles. Seorang saksi memberi tahu media pada saat itu, "Miley dan Liam terus tersenyum dan sepertinya sangat menikmati sore mereka bersama. Mereka bertingkah seperti sedang merindukan satu sama lain, terus mengobrol dan sepertinya berbagi update kehiduapn. Mereka benar-benar tampak seperti pasangan lagi."

'Dengan Liam kembali dalam hidupnya pada hari Sabtu, ua bertindak sangat berbeda dan, sebaliknya, tampak sangat bahagia,' lanjut orang dalam itu. "Sepertinya Miley dan Liam tidak pernah berpisah, dan mereka kembali ke rutinitas lama mereka."

Kandasnya hubungan ini mengikuti desas-desus perpisahan selama berbulan-bulan, yang berulang kali disangkal oleh Miley. Selain meyakinkan penggemar di situs webnya bahwa ia "sangat bahagia" dengan Liam, ia juga dilaporkan mengatakan pada bulan April, "Saya bukan orang yang sangat penyayang. Saya tidak lembek. [Tapi] Liam adalah orang pertama yang membuatku ingin berada dalam hubungan nyata."

7 Maret 2010: Mereka melakukan debut karpet merah sebagai pasangan.

Pasangan itu menjadi pasangan favorit karpet merah di pesta Oscar Elton John AIDS Foundation Tahunan ke-18. "Saya suka ketika pria bekerja keras," kata Miley pada kesempatan itu. "Saya pikir itu penting. Saya selalu bekerja sangat keras, jadi bagus untuk memiliki seseorang yang bersemangat dengan apa yang mereka lakukan dan ingin menjadi hebat dalam apa yang mereka lakukan daripada hanya biasa-biasa saja. Kami selalu berusaha untuk mendapatkan 130 persen kami."

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Dalam sebuah  percakapan yang diterbitkan pada hari yang sama, Miley mengatakan tentang hubungannya dengan Liam, "Saya pikir kami berdua lebih dalam dari orang normal — apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Ia sangat berterima kasih atas apa yang ia miliki. Saya juga seperti itu."

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)

Pada 25 Maret, keduanya menghadiri pemutaran perdana film mereka, The Last Song, sambil terlihat saling jatuh cinta di karpet merah.

Sekitar tahun 2009: Mereka bertemu di lokasi syuting The Last Song.

Miley yang berusia tujuh belas tahun dan Liam yang berusia 19 tahun pertama kali bertemu sebagai lawan main di set film yang diadaptasi dari novel roman Nicholas Sparks, The Last Song, di mana keduanya masing-masing memainkan pemeran utama sebagai Ronnie Miller dan Will Blakelee. Keduanya jatuh cinta saat syuting, dan setelah itu. Segera setelah film selesai, mereka difoto di bandara sedang berciuman.

"[Liam telah] menjadi sahabatku di seluruh dunia," Miley memberi tahu media saat itu. "Saya mencintainya. Ia benar-benar menghormati saya apa adanya karena berasal dari Australia, ia benar-benar tidak mengenal saya sebagai selebritas. Saya harus memberi tahu ia tentang diri saya dengan cara saya sendiri. Ia punya tidak ada prasangka tentang siapa saya."

Liam kemudian bercerita tentang jatuh cinta dengan Miley di lokasi syuting dan keintiman yang ia rasakan dengannya selama pembuatan film. "Ia membuatku sangat bahagia," katanya dalam percakapan Februari 2012 dengan sebuah majalah. "Ketika Anda mulai, Anda ingin menjadi profesional, tetapi ketika Anda merekam adegan itu dengan seseorang [di The Last Song] dan berpura-pura mencintai mereka, Anda bukan manusia jika Anda tidak merasakan sesuatu."

Baca juga:

Miley Cyrus dan Dua Lipa Bernostalgia Pesta Rock '80-an dalam Kolaborasi Terbaru Mereka

Liam Hemsworth Berharap untuk Berdamai dengan Miley Cyrus?

(Penulis: Sabrina Park; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)