Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Anda Begitu Terobsesi dengan Benda Baru di Dalam Lemari Pakaian?

Semua orang mengalami sensasi ketika berbelanja, namun apa penjelasan di balik hal ini dan bagaimana cara mengelolanya?

Mengapa Anda Begitu Terobsesi dengan Benda Baru di Dalam Lemari Pakaian?
Adegan Isla Fisher membawa kantong belanja dari film 'Confessions of A Shopaholic'

Tidak ada keraguan lagi: dalam hal fashion, Anda (dan kami) perlu mengurangi konsumsi. Jumlah pakaian yang dibuang setiap tahun sangat mengerikan, dan tingkat konsumsi manusia secara langsung berdampak pada iklim perlu diubah dengan cepat.

Baca juga: Kemiripan Dalam Desain: Memahami Hak Kekayaan Intelektual

Dalam banyak hal, rasanya seperti beberapa tahun terakhir telah melihat industri fashion akhirnya sadar bahwa kita tidak bisa lagi meneruskan cara ini. Lebih banyak bahan ramah lingkungan dan proses manufaktur transparan yang telah diadopsi oleh banyak desainer dan rumah mode, sementara konsumen sendiri mengubah kebiasaan belanja mereka untuk membatasi berapa banyak yang mereka beli, mana yang mereka bersedia untuk menghabiskan uang mereka atau, memang, lini apa yang mereka pilih untuk dijadikan investasi.

Namun, industri fashion itu hidup dari perubahan dan kebaruan – dan, sebagai konsumen, kami tidak mampu untuk membenung rasa ketertarikan terhadap hal yang baru dan menarik. Inilah alasan mengapa tren musiman terbentuk, dan mengapa kita dapat dipengaruhi oleh apa yang kita lihat pada para idola, panggung busana, teman-teman kita, dan bahkan acara televisi favorit kita.

Tapi, bagaimana kita bisa membatasi perilaku ini dan kapan kita harus membiarkan diri kita menerima sensasi itu? Kami berbicara dengan seorang psikolog mode, konsultan, penulis, dan pendiri Fashion Is Psychology, Shakaila Forbes-Bell, tentang menavigasi obsesi masyarakat terhadap hal-hal baru.

Adegan berbelanja Julia Roberts di film ikonis bertajuk 'Preety Woman'
Adegan berbelanja Julia Roberts di film ikonis bertajuk 'Pretty Woman'

Alasan mengapa banyak dari kita mendapatkan sensasi seperti itu dari berbelanja, jelasnya, adalah karena "lingkaran yang menghadiahkan sesuatu" yang tercipta dalam pikiran kita ketika kita membeli sesuatu. Sebagian dari ini adalah karena kegembiraan yang ada dalam antisipasi belanja yang sebenarnya, tetapi kita juga dipengaruhi oleh keinginan untuk tidak ketinggalan, dan, sebagai manusia, kita memiliki keinginan yang melekat untuk terlibat dalam hal besar berikutnya.

"Dopamin neurotransmiter terkait dengan pusat kesenangan otak kita dan studi MRI menunjukkan bahwa tingkat dopamin kita meningkat untuk mengantisipasi kita pergi berbelanja," jelasnya. “Jadi, perasaan 'tinggi' yang kita dapatkan saat berbelanja sering kali tidak terkait dengan barang yang sebenarnya kita beli, namun pengalaman itu sendiri.

Serbuan hormon dopamin dan juga adrenalin dalam tubuh Anda menciptakan sebuah "lingkaran" yang menghadiahkan sesuatu.

“Selain itu, kebutuhan untuk menghindari kerugian – atau yang mungkin kita sebut sebagai FOMO (fear of missing out) – dikombinasikan dengan keinginan kita untuk hal-hal baru, menyebabkan aliran adrenalin yang berkontribusi pada sensasi pengalaman berbelanja. Serbuan hormon dopamin dan adrenalin menciptakan lingkaran yang menghadiahkan sesuatu yang menyebabkan kita meraih kartu debit kita berulang kali.”

Namun, sensasi ini tidak bertahan lama. Bahkan, dalam jangka panjang, kita sebenarnya sering merasa rendah diri, terutama jika pembelian itu ternyata merupakan pembelian yang disesalkan.

“Pada tahap pasca-belanja langsung, orang umumnya mengalami peningkatan suasana hati mereka, tetapi ini sering kali bersifat sementara. Meskipun sesuatu yang disebut sebagai 'endowment effect' membuktikan bahwa orang cenderung lebih menghargai barang-barang yang mereka miliki (dibandingkan dengan barang yang sama yang tidak mereka miliki), rasa sesal setelah membeli merupakan sesuatu yang sudah sering terjadi, yang menyebabkan kita merasa rendah diri setelahnya, di mana hormon dopamin dan adrenalin habis. Perasaan ini sangat kuat ketika kita memberi bobot yang besar pada barang yang kita beli untuk memberi kita kebahagiaan.”

Rasa sesal setelah membeli merupakan sesuatu yang sudah sering terjadi.

Tentu saja ada lebih banyak dan lebih sedikit pembelian yang berhasil – tidak semua yang Anda beli akan disesali, dan kita dapat menemukan kebahagiaan jangka panjang dalam membeli sesuatu yang sering kita pakai dan merasa nyaman. Namun, kita perlu belajar bagaimana mengelola perilaku ini , dan mengetahui kapan harus menyerah pada sensasi berbelanja berasal dari menjadi lebih perhatian dan melakukan riset.

“Terlepas dari kenyataan bahwa konsumen menjadi semakin sadar tentang dampak dari keputusan pembelian mereka, sensasi berbelanja bukanlah sesuatu yang bisa kita sembunyikan,” Shakaila menjelaskan. “Seperti pengalaman apa pun yang menciptakan lingkaran yang membuahkan hadiah, sensasi berbelanja adalah sesuatu yang harus kita kelola dengan pendidikan dan praktik perhatian.”

Cara terbaik untuk lebih berhati-hati saat berbelanja? Jangan terburu-buru mengambil keputusan.

“Meluangkan waktu sebelum Anda membeli sesuatu akan memastikan bahwa Anda tidak terpengaruh oleh gelombang kimia yang terjadi untuk mengantisipasi berbelanja. Menunggu akan memungkinkan Anda untuk berpikir dengan hati-hati tentang apakah Anda benar-benar menginginkan atau bahkan menyukai barang yang ada di keranjang Anda.”

Audrey Hepburn berdiri di depan sebuah butik untuk film 'Breakfast at Tiffany's'
Audrey Hepburn berdiri di depan sebuah butik untuk film 'Breakfast at Tiffany's'

Menghindari pembelian impulsif adalah kuncinya. Ketika Anda berpikir untuk melakukan pembelian, apakah Anda pernah bertanya pada diri sendiri hal-hal berikut? “Bagaimana itu cocok dengan barang-barang yang sudah saya miliki? Bisakah ini dikenakan dengan setidaknya lima pakaian berbeda atau untuk lima kesempatan berbeda? Apakah saya akan membelinya jika tidak dijual? Apakah saya benar-benar menyukainya, atau saya hanya mengikuti tren terbaru?”

Jika Anda benar-benar merasa bahwa ini adalah pembelian yang akan melayani Anda dengan baik dan akan terus memberi Anda kegembiraan lama setelah Anda berpisah dengan uang Anda, maka tidak perlu malu untuk menyerah pada perasaan ini. Tapi, seperti segala sesuatu dalam hidup, kita harus menikmati berbelanja dalam jumlah sedang.

Sensasi berbelanja bukanlah sesuatu yang bisa Anda sulap.

“Kita semua dapat membiarkan diri kita menyerah pada perasaan ini dan memperlakukan diri kita sendiri setelah kita benar-benar menyelesaikan pekerjaan rumah kita pada barang yang akan kita beli, ketika kita sudah tidur dan menjawab semua pertanyaan yang disebutkan di atas.”

Dan, tentu saja, tidak pernah semudah ini menemukan sensasi kebaruan dari sesuatu yang secara teknis tidak baru. Ada banyak cara hebat untuk merasakan efek peningkatan suasana hati dari kebaruan tanpa merusak lingkungan – mulai dari menyewa busana hingga merangkul resale atau bahkan bertukar pakaian dengan teman.

Pada akhirnya, kegembiraan dan sensasi yang banyak dari kita dapatkan ketika kita pergi berbelanja diharapkan: mencari hal-hal baru dan apa yang akan membuat kita merasa lebih baik adalah bagian dari menjadi manusia. Tidak ada salahnya untuk menyerah pada perasaan itu sesekali. Tetapi, jika Anda ingin membatasi konsumsi dan mencegah pembelian yang disesali, pastikan Anda meluangkan waktu dan bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tepat sebelum Anda berpisah dengan uang. Karena memiliki lemari pakaian yang penuh dengan fashion items yang bisa Anda nikmati sampai bertahun-tahun adalah sesuatu yang tidak akan Anda sesali.

Baca juga:
Ketika Standar Kecantikan Tak Lagi Mengenal Batas, Gen Z Punya Sudut Pandang Berbeda
Standar Kecantikan di Indonesia, Seperti Apa Rupanya?

Penulis: Amy De Klerk; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman menyadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK