Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inovasi dan Terobosan Baru Para Pelajar di Domus Academy untuk Museum Salvatore Ferragamo

Gubahan menarik agar tetap relevan di era digitalisasi.

Inovasi dan Terobosan Baru Para Pelajar di Domus Academy untuk Museum Salvatore Ferragamo

Apa yang sekejap terlintas di benak Anda jika melihat sepasang sepatu berhak rendah dengan ujung bundar dan grosgrain bow? Tentu Vara shoes lansiran Salvatore Ferragamo, dengan desain yang begitu ikonis dan terus diminati para wanita karena kenyamanannya juga. Tak heran ketika mendengar label asal Italia ini sudah berdiri sejak tahun 1920-an dalam menciptakan koleksi sepatu berkualitas tinggi dan terus melestarikan craftsmanship yang autentik hingga kala kini. Di tahun 1995, perjalanan karya tersebut ditampilkan untuk publik melalui Museum Salvatore Ferragamo di kota Firenze.

Selama lebih dari dua dekade, museum ini memperkenalkan artistic quality, kepiawaian, dan jejak historis sang pendiri di industri alas kaki dengan mengutamakan unsur budaya dan seni yang kental. Terlebih lagi, museum ini memenangkan Guggenheim Impresa e Cultura Award dan juga merupakan anggota pendiri asosiasi museum dan arsip bisnis Museimpresa yang menyalurkan pengetahuan sejarah tentang perusahaan-perusahaan Italia dengan pakem Made in Italy.

Keistimewaan ini penting untuk kerap diperlihatkan kepada generasi baru. Salah satu geliatnya adalah dengan proyek "ENVOLVE" yang dikembangkan oleh siswa program Master Manajemen Luxury Brand di Domus Academy. Tajuk tersebut digarap dari kata evolve dan involve yakni bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan posisi museum di era digitalisasi ini dengan memberikan pengalaman virtual yang spektakuler. 


Mereka pun membangun fitur-fitur interaktif sebagai dialog menarik antara market lokal dan audiens internasional. Para murid memulainya dengan menganalisis DNA, inovasi, dan nilai-nilai sang brand kemudian diolah menjadi sesuatu yang dinamis dan relevan bagi para milenial, khususnya kategori The Hip-Ennials atau penggemar mode, The Innovatives yaitu berorientasi pada desain, dan The Misfits guna para penjelajah pengalaman. Penelitian strategi tersebut pastinya mengutamakan kecanggihan teknologi sekarang seraya perkembangan proyek ini yang bersandar pada platform digital. 


Wadah itu mempersembahkan para user untuk unjuk kreativitas sembari mendapatkan inspirasi dari galeri digital, di mana kreasi seni interaktif mereka juga dapat berpartisipasi dalam Ferragamo Museum. Siasat ini tentunya sanggup memicu para pengunjung untuk aktif dan memperlebar awareness saat mereka ungguh di media sosial. Menarik, bukan? 

Anda dapat mengetahui lebih lengkap tentang Domus Academy dengan mengunjungi http://www.domusacademy.com/

Foto: Courtesy of Domus Academy & Visit Tuscany