Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran William Dikabarkan Setuju dengan Rencana Menjadikan Ibu Tirinya, Camilla sebagai Ratu

Walaupun keputusan tersebut tetap bertentangan dengan opini publik, dengan rakyat Inggris mengatakan mereka lebih suka sang bangsawan menerima gelar yang berbeda.

Pangeran William Dikabarkan Setuju dengan Rencana Menjadikan Ibu Tirinya, Camilla sebagai Ratu

Bukan rahasia umum lagi bila masuknya Camilla ke dalam keluarga kerajaan adalah saat yang paling sulit bagi Pangeran William dan Pangeran Harry setelah kematian ibu mereka, Putri Diana. Tetapi setelah Ratu Elizabeth menggunakan momen pembukaan resmi Platinum Jubilee-nya untuk mengumumkan keinginannya agar Duchess of Cornwall menjadi Queen Consort, Bazaar.com mendapati berita bahwa Duke of Cambridge sepenuhnya menyetujui.

Baca juga: Alasan Putri Diana Tak Lagi Gunakan Koleksi dari Chanel

Sebuah sumber kerajaan mengungkapkan bahwa William "senang" dengan keinginan neneknya yang dibagikan pada tanggal 5 Februari silam, tepatnya di malam sebelum hari jadi ke-70 tahun sejak dirinya bertakhta. Mereka menambahkan bahwa sang duke telah setuju dengan keputusan ratu sebelum pengumuman.

Ketika Pangeran Charles menikahi Camilla Parker Bowles pada tahun 2005, perwakilan istana meyakinkan anggota masyarakat bahwa istri keduanya tidak akan pernah mengambil gelar Putri Wales untuk menghormati mendiang Putri Diana, meskipun ia berhak untuk itu. Dan juga dijanjikan bahwa Camilla akan menjadi Princess Consort Charles, bukan Ratu.

Namun, sumber dari Clarence House memastikan bahwa perubahan rencana bukanlah hasil dari plot untuk menciptakan Ratu Camilla, melainkan "perkembangan alami" saat ia berhasil melakukan tugas kerajaan dan tumbuh lebih dekat dengan keluarga kerajaan selama 17 tahun terakhir.

Keputusan itu tetap bertentangan dengan opini publik tentang Camilla, yang saat ini menduduki peringkat ke-11 sebagai anggota keluarga paling populer. Tahun lalu, survei yang dilakukan oleh YouGov pada warga Inggris mengungkapkan bahwa 42 persen publik merasa Camilla harus menjadi Princess Consort, sementara 26 persen berpikir ia seharusnya tidak menerima gelar sama sekali.

Meskipun tanggapan negatif dalam komentar di saluran media sosial kerajaan membanjiri pada hari Minggu, pengumuman tersebut menjamin bahwa Camilla akan mendukung Charles untuk upacara penobatan ganda pertama sejak 1937 (George VI dan istrinya, Elizabeth). Bahkan mahkota penobatannya sendiri telah dipilih. Sumber-sumber istana lain mengatakan bahwa mahkota mendiang Ibu Suri yang bertatahkan berlian 2.800 (menampilkan berlian Koh-i-Noor 105,6 karat yang kontroversial) akan dipakai di kepala Duchess of Cornwall ketika ia secara resmi menerima gelar barunya.

Seorang juru bicara Istana Buckingham juga turut mengonfirmasi kepada Bazaar bahwa sang monarki telah kembali ke Kastil Windsor pada tanggal 7 Februari untuk melanjutkan "tugas normal baik audiensi, kredensial, dan rapat dewan rahasia" baik secara langsung maupun virtual.

Perwakilan menambahkan bahwa pada bulan Maret, ratu "berharap untuk menghadiri" setidaknya tiga pertemuan kerajaan: resepsi diplomatik di Kastil Windsor, layanan untuk Hari Persemakmuran, dan, yang paling penting, layanan ucapan syukur atas kehidupan Pangeran Philip di Westminster Biara pada 29 Maret.

Baca juga:

Ratu Elizabeth Menganugerahi Duchess Camilla Salah Satu Penghargaan Tertinggi di Inggris

Panggilan Kesayangan Pangeran Charles dan Camilla Ini Ternyata Terinspirasi dari Sebuah Acara Komedi

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)