Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Siasat Membatasi Kehidupan Pribadi Anda dengan Tempat Kerja

Cate Sevilla, penulis buku How To Work Without Losing Your Mind, membagikan sarannya.

Siasat Membatasi Kehidupan Pribadi Anda dengan Tempat Kerja
Courtesy of BAZAAR UK

"Jika Anda mendapati diri Anda meninjau dokumen dari toilet, mengirim email dengan anak kecil di pangkuan Anda, atau Anda sering mendapati diri Anda berkata, 'Maaf, saya hanya perlu membalas pesan ini!' di meja makan – Anda mungkin perlu memeriksa diri sendiri dan batasan Anda di tempat kerja." Demikian kata Cate Sevilla, pemimpin redaksi HuffPost UK, dan penulis buku karir transformatif bertajuk “How to Work Without Losing Your Mind”

Buku karya Cate Sevilla; How to Work Without Losing Your Mind
Buku karya Cate Sevilla; How to Work Without Losing Your Mind

Salah satu prinsip utama pendekatan Cate terhadap tempat bekerja begitu sederhana: karier Anda tidak boleh mengorbankan kesejahteraan Anda. Cate memimpin sebuah panel kesehatan mental di agenda Bazaar At Work 2021 dan berbicara tentang salah satu komponen terpenting untuk melindungi kesehatan mental Anda di tempat kerja, yakni menetapkan batasan.

Ini sangat penting, apalagi jika Anda berada dalam posisi seorang pemimpin atau atasan, tambahnya, "karena Anda terus-menerus menunjukkan seperti apa kesuksesan di perusahaan Anda – sekaligus industri Anda". Pada akhirnya, semuanya berujung pada komunikasi. "Seorang pemimpin yang baik adalah yang berkomunikasi dengan benar dan menunjukkan batas di mana mereka akan bekerja dengan baik bersama dan juga untuk timnya masing-masing daripada seseorang yang aktif di setiap jam, menjadikan segala sesuatu selalu tampak mendesak, dan pada dasarnya memberi isyarat kepada orang lain bahwa mereka perlu berperilaku seperti itu juga."

Di sini, Cate membagikan panduan pamungkasnya untuk menetapkan - dan memelihara - batasan:


1. Check in with your boundaries

"Saya pikir, pertama-tama, Anda perlu tahu apakah Anda melewati batas Anda. Jangan anggap enteng, ini merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan dengan jujur. Apalagi dengan banyaknya orang yang masih bekerja dari rumah atau melakukan lebih banyak pekerjaan dengan gaya hibrida, namun juga 'selalu aktif', pasti Anda memiliki rasa konstan itu.

Begitu juga dengan perasaan bersalah karena Anda tidak hadir ketika Anda seharusnya pergi – atau mungkin Anda mencoba untuk menangani lebih banyak masalah rumah tangga ketika Anda seharusnya "tersedia" untuk bekerja. Perasaan yang seperti ini  dan tidak pernah adanya istirahat adalah tanda bahaya yang besar.

Sama halnya, mendengarkan tubuh Anda (sakit kepala, sakit perut, dll.) dan tingkat kecemasan Anda sendiri merupakan sebuah indikator yang sempurna, menandakan apakah Anda meminta terlalu banyak pada diri sendiri juga."


2. Pahami manfaat dari boundaries

"Tanpa adanya batas, Anda tidak akan pernah mendapatkan istirahat. Demikian pula, Anda tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan yang layak dan produktif. Bekerja tanpa batas berarti Anda berada di jalur cepat menuju kejenuhan, stres, dan kelelahan.

Anda membutuhkan "batas" karena itu membantu untuk membagi antara kehidupan pribadi dengan hidup pekerjaan, dan di mana perhatian kita perlu dicurahkan. Ini mengajarkan orang bagaimana berkomunikasi dengan Anda, dan kapan harus melakukannya."

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK


3. Memulai hari dengan kepentingan Anda

"Cara terbaik adalah mendekatinya secara sederhana – lihatnya sebagai suatu bentuk kemenangan yang cepat dan mudah, dan cara untuk mengambil kembali waktu Anda. Buku harian dan jadwal kerja Anda adalah tempat yang sangat baik untuk memulai.

Misalnya, jika Anda perlu waktu untuk melakukan penjemputan dan penitipan anak. Dedikasikan kurun waktu tersebut dan tolak rapat secara otomatis namun tetap sopan.

Begitu juga dengan waktu makan siang Anda. Block waktu untuk benar-benar bekerja dan tidak untuk rapat berturut-turut. Anda bertanggung jawab atas waktu Anda, fungsi tubuh Anda, memastikan Anda memiliki air minum dan waktu untuk makan – dan ketika Anda bekerja tanpa batas, Anda melupakan hal ini! Sangat mudah untuk merasa jika Anda tidak mengikuti rapat virtual, itu tandanya Anda tidak bekerja, karena tidak ada orang di sana untuk menyaksikan pekerjaan Anda. Kendati demikian, bukan ini kenyataannya. 

"Duduklah dan luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang akan membuat Anda merasa lebih tenang dan produktif di tempat kerja, dan kemudian mulai mencocokkan beberapa kegiatan Anda dengan hal tersebut. Apakah itu membatalkan rapat? Atau mungkin sesi bertukar pikiran? Atau mungkin, mematikan notifikasi pada aplikasi pesan  di ponsel Anda di luar jam kerja?"

4. Bersikaptegas terhadap orang lain 

"Orang-orang yang terbiasa menghubungi Anda setiap saat - apakah itu seorang kolega yang membutuhkan, klien yang menuntut, atau micromanaging managers - akan terkejut ketika mereka tidak dapat menghubungi Anda di luar jam kerja, atau mendapatkan respons cepat pada jam 7 pagi.

"Hal ini ditujukan kepada para manager. Beberapa atasan yang memiliki batasan yang buruk terhadap dirinya, sebetulnya cukup menghormati milik orang lain. Jika Anda tidak seberuntung ini, dan atasan Anda mengharapkan Anda untuk bekerja sama seperti mereka, Anda mungkin hanya perlu bersikap bijaksana dan tetap membiasakan percakapan yang transparan dengan atasan yang seperti ini.

Apabila mereka mulai mendorong kembali atau mempertanyakan batasan yang Anda buat, katakan  sesuatu seperti, 'Agar saya dapat bekerja secara efisien di kantor, saya harus mengatur jadwal saya secara berbeda, dan cara saya saat ini tidak bekerja dengan baik untuk kesehatan mental saya.'

Anda harus bersikap tegas dengan mereka, dan menindaklanjuti dengan apa yang Anda katakan. Jika Anda mengatakan bahwa Anda tidak lagi tersedia mulai pukul 17:45 dan seterusnya karena ini adalah waktu untuk Anda menjemput anak-anak dan merupakan waktu makan malam bersama keluarga Anda, jangan kemudian jawab email mereka pada pukul 18:10. Anda harus, paling tidak, mencoba, yang terbaik untuk mengajari mereka cara memperlakukan Anda, sekaligus menghargai waktu mereka."


5. Jangan jadikan diri Anda sebagai rintangan terbesar 

"Sering kali, saya berpikir diri saya adalah rintangan terbesar! Saya mendengar dari banyak orang bahwa mereka takut menetapkan batasan baru dan mendorong kembali hal-hal atau mengatakan tidak lebih sering berarti mereka akan dianggap sebagai pribadi yang sulit.

Namun kenyataannya memiliki batasan bukan berarti Anda hanya mengatakan tidak sepanjang waktu; Anda masih bisa fleksibel. Anda masih bisa akomodatif, tetapi jadwal dan waktu Anda bukan milik orang lain – bukan mereka, melainkan milik Anda. Ini bisa semudah, 'Saya benar-benar tidak bisa melakukannya di hari Rabu depan untuk rapat itu, karena jam kantor saya baru mulai pukul 9:30, tapi sepertinya kita berdua lowong di jam 16:30 di hari esoknya?'

Ingatlah bahwa, di atas segalanya, menetapkan batasan adalah tentang memprioritaskan kesehatan mental dan kesejahteraan Anda sendiri di tempat kerja - itu tidak egois dan itu bukan tren. Sangat penting untuk menjaga hubungan yang sehat dengan pekerjaan."

(Penulis: Marie-Clarie Chappet; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih Bahasa: Sabrina Sulaiman, Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of Bazaar UK)