Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Grup Duo Daft Punk Putuskan Hengkang dari Industri Musik, Ini 10 Lagu favorit Bazaar

Kabar yang diumumkan melalui akun YouTube mereka itu menandakan berakhirnya karier yang telah mereka jalani bersama selama 28 tahun lamanya.

Grup Duo Daft Punk Putuskan Hengkang dari Industri Musik, Ini 10 Lagu favorit Bazaar
Daft Punk / Foto: Courtesy of Spotify

Kabar mengharukan datang dari industri musik internasional. Grup duo Daft Punk mengumumkan perpisahan mereka setelah berkiprah dalam industri musik selama 28 tahun lamanya, tepatnya sejak tahun 1993. Informasi tersebut mereka umumkan melalui akun Youtube Daft Punk pada 22 Februari kemarin. 
 
Grup yang beranggotakan Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo ini memberikan pesan tersebut dalam bentuk video berjudul Epilogue. Sosok keduanya hadir dalam video tersebut, dilengkapi dengan helm ikonis dan dibalut dengan jaket kulit bertuliskan nama grup mereka. 
 
Berdurasi selama 7 menit 57 detik, video tersebut menyimbolkan perjalananan mereka yang harus terhenti pada suatu titik. Dimulai dengan keduanya yang sedang berjalan beriringan di sebuah gurun pasir.

Namun, sosok dengan helm berwarna perak secara perlahan berhenti hingga akhirnya didatangi oleh rekannya yang mengenakan helm berwarna emas. Ia pun memperlihatkan sebuah bom yang menempel di punggungnya dan rekannya menekan tombol tersebut sehingga muncul hitungan mundur menuju ledakan. Ia pun berjalan menjauhi rekannya dan ledakan pun terjadi setelah hitungan mundur mencapai angka 0. Pada detik-detik akhir video, lagu karya mereka yang berjudul Touch dihadirkan bersamaan dengan terbitnya matahari di gurun tersebut.  
 

 
Informasi hengkangnya Daft Punk juga disebarkan melalui akun Twitter resmi dokumenter mereka, Daft Punk Unchained, dengan mengunggah poster bertuliskan “1993-2021,” menandakan perjalanan karier mereka telah berhenti. 
 


 
Kabar bubarnya grup asal Prancis ini sontak membuat para penggemar terkejut. Melalui komentar Youtube dan balasan di Twitter, mereka mengungkapkan rasa sedih sekaligus terima kasih karena telah memberikan banyak musik berkualitas bagi industri musik ini. Para Penggemar pun tetap berharap agar kedua anggota grup Daft Punk tetap dapat berkarya di industri musik ini, baik sebagai grup maupun individu.
 
Selama perjalanan kariernya, grup yang satu ini dikenal akan musiknya yang bergenre funk, electronic dance, dan disco.  Album terkahir mereka yang dirilis pada tahun 2013, Random Access Memories, telah berhasil meraih penghargaan Grammy Awards sebagai Album of the Year. Penghargaan tersebut pun menjadi salah satu saksi akan kehebatan karya-karya mereka. 

Hingga akhir karier musiknya, Daft Punk telah merilis sebanyak 12 album, baik itu album studio, remix, maupun yang lainnya. Setiap lagu yang mereka keluarkan disukai oleh publik karena keunikan dan kemeriahannya. Sembari mengenang perjalanan musik Daft Punk, berikut kami hadirkan 10 lagu Daft punk terbaik favorit Bazaar

1. Get Lucky (feat. Pharrell Williams dan Nile Rodgers)

Get Lucky adalah bagian dari album Random Access Memories yang dirilis pada tahun 2013. Lagu ini seakan menjadi representasi dari chemistry yang Anda miliki ketika bertemu dengan seseorang dan merasa terhubung dengannya. 

2. Digital Love

Lagu yang satu ini dapat Anda temukan dalam album Discovery yang dirilis pada tahun 2001 silam. Berdasarkan liriknya, lagu ini mengisahkan seseorang yang berada dalam perasaan cinta yang belum terselesaikan. Lirik "That kind of feeling, I've waited so long" menunjukkan perasaan rindu akan sosok tersebut. 

3. Harder, Better, Faster, Stronger

Harder, Better, Faster, Stronger adalah lagu lain yang menjadi bagian dari album Discovery. Mengusung suasana musik tahun 1970-an, lagu yang satu ini memiliki lirik yang repetitif, tetapi sangat catchy dan dapat dengan mudah terngiang dalam kepala Anda. 

4. Instant Crush (feat. Julian Casablancas)

Lagu yang terdapat di dalam album Random Access Memories ini bercerita mengenai kesulitan seseorang untuk mengungkapkan rasa cintanya pada sosok yang ia cintai. Ia merasa ragu dan bingung bagaimana cara untuk mengungkapkannya.

5. Love Yourself to Dance (feat. Pharrell Williams)

Lagu yang termasuk ke dalam album Random Access Memories ini adalah hasil kolaborasi lain dari Daft Punk dengan penyanyi Pharrell Williams. Kemeriahan lagu yang satu ini berasal dari permainan drum secarara langsung. Sesuai dengan judulnya, lagu Love Yourself to Dance akan memubuat Anda menarik mengikuti irama dentumannya.

6. Something About Us

Lagu Something About Us dapat Anda temukan di dalam album Discovery Daft Punk. Lagu ini bercerita mengenai rasa cinta yang dimiliki seseorang, tetapi ia ragu untuk mengatakannya walaupun ia sangat mencintainya. 

7. Around the World

Lagu ini hadir dalam album pertama Daft Punk, yaitu Homework pada tahun 1997. Around the World sangat terkenal akan dentuman musiknya yang seru dan menyenangkan, membuat Anda ingin menari bersamanya. Uniknya, lirik dalam lagu ini hanyalah "Around the world", sesuai dengan judulnya. 

8. One More Time

Pengisi suara untuk lagu ini adalah Anthony Moore atau lebih dikenal dengan nama Romanthony, seorang produser asal New Jersey. Dalam lagu ini, suara sang penyanyi ditambahkan auto-tune dalam jumlah yang banyak sehingga sulit untuk mengenalinya dalam sekali dengar. Lagu ini menjadi bagian dari album Discovery Daft Punk pada tahun 2001 silam. 

9. Doin' it Right (feat. Panda Bear)

Doin' it Right adalah salah satu lagu terbaru mereka dalam album Random Access Memories pada tahun 2013. Tidak seperti kebanyakan lagu Daft Punk lainnya, lagu yang satu ini tidak memiliki dentuman keras. Walaupun begitu, lagu bergenre electronic funk ini tetap mampu membuat Anda menari mengikuti irama yang menyegarkan. 

10. Touch (feat. Paul Williams)

Lagu yang satu ini memadupadankan lagu percintaan, disco, dan ballad yang diisi oleh suara robot. Buku mengenai kisah orang-orang yang mati dan bangkit hidup kembali memberikan sedikit inspirasi dalam pembuatan lagu catchy ini. 

(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Spotify)