Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Inovasi Minuman Kopi yang Perlu Anda Lirik Sekarang!

Bukan hanya dalam bentuk minuman, namun produk kopi ini juga bisa Anda nikmati dalam bentuk soapbar

4 Inovasi Minuman Kopi yang Perlu Anda Lirik Sekarang!

Sebagai salah satu minuman terpopuler, kopi kerap kali mewarnai keseharian kita. Gerai-gerai kopi pun terus bermunculan dan menawarkan beragam racikan produk terbaiknya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, olahan kopi yang berbeda tentu dinantikan demi memberi warna yang baru.

Kami merangkum empat inovasi kopi yang bisa menjadi opsi bagi Anda untuk menikmatinya. Mulai dari minuman kopi yang sehat hingga dalam bentuk soap bar, mari scroll down untuk mengetahui selengkapnya.

KISAKU dan MI.JI

KISAKU paham betul pentingnya memanfaatkan ulang sisa-sisa bahan yang tidak terpakai. Bersama UMKM lokal yakni MI.JI Artisan Soap, brand kopi yang didirikan oleh Catherine Halim, Lionel Hanjaya, Dolly Hardjono, Rollin Shah serta Raline Shah pada bulan September 2019 silam ini mengolah kembali ampas kopi menjadi soap bar sebagai salah satu wujud dari Sustainability Program yang telah diperkenalkan pada bulan September tahun lalu. Bukan sembarang ampas kopi, yang diolah menjadi sabun batang adalah sisa-sisa kopi dari dalam mesin pembuat kopi sehingga bahannya masih bersih dan berkualitas.

Lionel Hanjaya Tirta yang juga bertindak sebagai Operational Director KISAKU memaparkan bahwa ampas kopi memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan, dan tingkat keasaman yang bermanfaat bagi manusia dan tumbuhan. 

Selain soap bar, KISAKU juga memperkenalkan produk drip bag coffee yang berisi kopi Arabika yang diracik dari 50 persen kopi Aceh Gayo dan 50 persen Flores Bajawa untuk Anda nikmati di rumah.

Pipiltin Cocoa, Toko Kopi Tuku, dan Pos Indonesia

Di bawah campaign #SAPADENGANRASA, Pipiltin Cocoa bekerja sama dengan Toko Kopi Tuku dan Pos Indonesia menghadirkan produk minuman siap seduh dengan pilihan kopi maupun non kopi. Minuman yang ditawarkan dinamai Beragam Moka dan Beragam Cokelat.

Uniknya, Beragam Moka dan Beragam Cokelat dikemas dalam packaging berbentuk kartu pos siap seduh yang dapat Anda kirimkan kepada orang-orang terdekat. Kemasannya juga sekaligus mengajak kita bernostalgia melalui kegiatan layaknya surat-menyurat yang biasa dilakukan sebelum teknologi menjadi andalan.

Shanghai Lungo dari Nespresso

Menyambut Tahun Baru Imlek, Nespresso memperkenalkan varian kopi terbaru mereka yakni Shanghai Lungo dengan tema Let’s Raise A Cup to New Beginnings. Didedikasikan khusus untuk perayaan spesial Tahun Kerbau Logam, Shanghai Lungo merupakan inovasi coffee craftmanship dari Nespresso yang dipadukan dengan kebudayaan Cina. Meskipun demikian, produknya kini menjadi koleksi permanen yang bisa Anda temui di butik Nespresso dan didapatkan secara online di situsnya.

Racikan kopi Shanghai Lungo terdiri dari perpaduan empat biji kopi arabika dari Kenya, Cina, dan daerah lainnya. Bukan hanya plain, rasa buah-buahan seperti berry serta citrus juga ikut memberikan keragaman dalam seduhannya. Keberagaman rasa dalam satu wadah ini diibaratkan layaknya kota Shanghai yang modern dan penuh warna.

TIASA dan Coffeedential Roastery

Menikmati kopi dengan racikan bahan yang sehat bukanlah hal yang tidak mungkin. TIASA Plant-Based Canteen yang terkenal sebagai restoran penyaji menu makanan sehat plant-based mewujudkannya bersama Coffeedential Roastery. Keduanya berkolaborasi menyuguhkan menu minuman kopi susu vegan yang dinamai Misugaru Latte (Multi Grain).

Perlu dicatat, Misugaru Latte diramu dengan susu multigrain yang terbuat dari gabungan dari jenis-jenis beras, gandum, biji-bijan, dan kacang-kacangan. Susu dairy-free ini dipercaya memiliki banyak manfaat mulai dari kaya akan serat dan nutrisi, menyehatkan saluran cerna, hingga mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Mana yang Anda coba terlebih dahulu?

(Foto courtesy of cottonbro from Pexels, Instagram: @kisaku.co, @pipiltincocoa, @nespresso, @coffeedentialroastery)