Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

9 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Mandi Air Dingin

Simak manfaatnya bagi kesehatan Anda.

9 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Mandi Air Dingin

Jika Anda menyimak tentang kesehatan esoterik, maka nama atlet ekstrem asal Belanda yakni Wim Hof mungkin tak asing bagi Anda. Ia adalah pria yang sangat menyukai air dingin dan sekarang memegang rekor untuk berenang di bawah es serta dapat bertahan dalam waktu yang lama. Ia percaya bahwa meninggalkan kehangatan akan membawa manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan kualitas tidur, produksi endorfin, dan sistem kekebalan.

Berendam di air penuh dengan es sepertinya akan terlihat aneh bagi Anda, Wim memberikan pengaruh akan manfaat mandi dengan air dingin demi kesehatan. Namun apakah itu semua berdasar pada ilmu sains?


1. Mandi air dingin dapat membuat Anda pulih lebih cepat usai berolahraga berat

Anda pernah mendengar bahwa atlet mandi dengan air penuh es setelah latihan untuk pemulihan? Prinsip ini pada dasarnya sama dengan mandi air dingin.

"Umumnya, dingin menstimulasi respons pembuluh darah yang menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah," ujar Hasit Jethwa, tutor kesehatan dan kebugaran di The Training Room.

Pada dasarnya hal ini terjadi guna mengalirkan darah menuju organ yang sangat membutuhkannya, yaitu organ vital. Sehingga, darah dipaksa untuk kembali ke jantung di mana nantinya darah akan dialirkan ke paru-paru untuk diisi kembali dengan oksigen. Darah yang sudah terisi oksigen nantinya akan dipompa ke seluruh tubuh yang berarti Anda mendapatkan oksigen baru dan nutrien di bagian-bagian yang tepat.

"Air dingin juga membantu Anda untuk mengurangi inflamasi yang bisa dialami setelah latihan, sehingga mengurangi rasa sakit dan Anda pulih lebih cepat."


2. Mandi air dingin dapat membuat kesehatan mental Anda menjadi lebih baik

Berdasarkan penelitan dari para ahli di Virginia Commonwealth Univerity School of Medicine, mandi air dingin selama dua hingga tiga menit sekali atau dua kali sehari yang diawali dengan tahapan penyesuaian suhu air dingin dan tubuh selama lima menit dapat membantu meredakan gejala depresi secara efektif.



Temuan positif tim peneliti tersebut berdasarkan pada fakta bahwa suhu dingin dapat mengaktivasi sistem saraf simpatik dan tingginya reseptor dingin di kulit yang akhirnya mengirimkan banyak impuls listrik dari saraf perifer ke otak. Mereka menyimpulkan bahwa penelitian yang lebih besar masih diperlukan untuk menguatkan temuannya, namun ini adalah awal yang menjanjikan.


3. Mandi air dingin dapat meredakan rasa sakit

Ada alasan mengapa Anda menaruh es pada luka memar atau punggung yang sakit. Menurut penemuan yang diriis di North American Journal of Medical Sciences, dingin memiliki efek yang mirip dengan anestesi.

Prinsip ini sama dengan pendapat Hasit, yaitu dingin dapat menyempitkan pembuluh darah, mengurangi bengkak dan dapat mengurangi sinyal rasa sakit yang dikirimkan ke otak.


4. Mandi air dingin dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Risiko Anda sakit akan berkurang 29 persen jika mempraktikkan mandi air panas dan air dingin. Penelitian di tahun 2016 menemukan bahwa mereka yang mandi air panas dengan siraman air dingin selama 30 hingga 90 detik tidak sering sakit dibandingkan mereka yang mandi dengan air hangat.

"Demikian terjadi karena metabolisme tubuh meningkat akibat perubahan temperatur," kata Hasit. "Tubuh Anda kemudian akan menyesuaikan fungsinya guna mengimbangi perubahan suhu tersebut."


5. Mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan

Kata kunci di sini adalah 'membantu.' Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Cell mengungkapkan bahwa suhu dingin dapat membuat kita terhindar dari obesitas, meningkatkan metabolisme, dan mengubah komposisi bakteri di usus sehingga dapat membakar lemak. Tetapi studi ini berdasarkan uji coba pada seekor tikus yang berada dalam kondisi dingin selama sepuluh hari.

Hanya saja, masih ada bukti yang memperlihatkan bahwa mandi air dingin dapat membuat lemak cokelat yang membantu menghasilkan panas tubuh dengan membakar kalori.


6. Mandi air dingin akan membuat Anda lebih siaga

Manfaat yang satu ini tidak mengejutkan. Perubahan suhu setelah terkena air dingin dapat mengejutkan tubuh Anda.

"Hal ini membuat tubuh Anda berada di bawah tekanan yang kemudian membuat sistem saraf simpatik Anda berada dalam situasi 'fight or flight'. Oleh karena itu, seketika Anda akan lebih fokus dan waspada,“ ucap Hasit.


7. Mandi air dingin dapat mencerahkan warna kulit

"Air dingin sangat baik untuk kulit," kata Kay Greveson, seorang praktisi perawat estetik di Regents Park Aesthetic. "Bahkan sedikit percikan air dingin setelah membersihkan wajah dapat menghasilkan kulit yang lebih cerah."

"Selain itu, pori-pori kulit akan mengerut untuk mengunci temperatur dasarnya dan membantu meningkatkan tekstur secara keseluruhan dan penampilan kulit," tambah dokter Michaek Barnish, dokter estetik di dr. Jonquille Chantrey Clinic.


8. Mandi air dingin dapat membantu mengendalikan stres

Pada sebuah penelitian di tahun 2000, peneliti menempatkan para peserta di air bersuhu 14 derajat celcius selama satu jam. Mungkin terdengar ekstrem, hal ini memicu penurunan kortisol atau hormon stres di tubuh.


9. Mandi air dingin dapat meningkatkan kesehatan jantung

Sebagaimana diungkapkan oleh Hasit, mandi air dingin dapat mempersempit pembuluh darah. Darah akan menuju ke organ-organ untuk tetap dalam kondisi hangat dan membuatnya mengalir. Sirkulasi darah yang meningkat diasosiasikan dengan kesehatan kardiovaskuler yang artinya jantung Anda akan tetap sehat.

Namun Anda juga perlu ingat bahwa suhu dingin memaksa jantung untuk bekerja lebih keras guna membuat tubuh Anda tetap hangat. Menurut British Heart Foundation, hal ini dapat membahayakan jantung Anda.



Bagaimana agar Anda mendapatkan manfaat dari mandi air dingin?

"Tak ada standar waktu tertentu untuk mandi air dingin," kata Hasit. "Beberapa orang mungkin bisa mandi dalam waktu yang singkat sekitar lima hingga sepuluh menit dalam suhu yang konsisten, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu beragam dengan bergantian menggunakan air dingin dan air panas."

Pada dasarnya, kebutuhan mandi air dingin tergantung pada setiap individu karena tubuh setiap orang pun berbeda. Dengan beberapa kali percobaan, Anda mungkin sudah bisa memahami metode apa yang sangat efektif bagi tubuh Anda.

Perlu diingat pula bahwa mandi air dingin tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda memiliki riwayat sakit jantung, tekanan darah tinggi, dan sistem imun yang lemah atau pertimbangan lainnya, segera konsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu. 




(Penulis: Emma Pritchard; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)