Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Memorabilia Bill Cunningham Akan Dipamerkan di Museum

Barang-barang peninggalan fotografer fashion legendaris ini akhirnya menemukan 'rumahnya'

Memorabilia Bill Cunningham Akan Dipamerkan di Museum

Ketika Juni tahun lalu Bill Cunningham meninggal pada usia 87 tahun, beliau meninggalkan banyak benda istimewa berupa arsip foto, koleksi buku, serta peralatan pribadinya, yang merangkum perjalanan hidupnya dari mulai sebagai desainer topi hingga menjadi fotografer fashion kenamaan. 

Sementara nasib dari arsip dari foto-foto yang selama ini diambil oleh Bill, yang diserahkan pada keponakan perempuannya, masih belum jelas, sudah dipastikan bahwa barang-barang personal Bill akan didonasikan kepada New York Historical Society. 

Sahabat baik Bill, Louise Doktor serta asisten dari Bill, John Kurdewan, memilih institui tersebut dengan alasan Bill sendiri juga pernah mendonasikan sebuah koleksi dari foto-fotonya untuk institusi tersebut beberapa dekade lalu, yang kemudian dipamerkan pada tahun 1976 lalu 2014. 

Courtesy Glenn Castelano, New York Historical Society

Benda yang akan diberikan pada New York Historical Society antara lain kamera Nikon milik Bill, jaket biru kesayangannya, sepeda Biria yang selalu dikendarainya untuk berkeliling New York, Medal of Excellence yang diterimanya dari Carnegie Hall, dan bahkan beberapa peralatan yang dimilili Bill saat ia masih menjadi desainer. 

Koleksi buku personalnya yang jumlahnya melebihi 200 buah juga akan didonasikan pada New York Historical Society. 

Rencananya barang-barang pribadi ini akan dipamerkan oleh institusi pada musim semi mendatang. 

 

(Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Dok. Bazaar; Courtesy of New York HIstorical Society)