Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Tren Busana Pria yang Gender-Neutral pada Koleksi Spring/Summer 2024

Harper's Bazaar Indonesia merangkum beberapa tren busana pria yang bergaya gender-neutral

4 Tren Busana Pria yang Gender-Neutral pada Koleksi Spring/Summer 2024
Dok. Bazaar

Ketika Spring/Summer 2024 menampilkan koleksi pria dengan antisipasi tinggi, terlihat perubahan signifikan menuju gaya klasik dan inovatif sebagai inti dari musim ini. Banyak potongan busana mengadopsi siluet dari tren masa lalu, khususnya mencampur etos minimalis tahun sembilan puluhan dengan visi masa kini dan masa depan. Balutan fungsionalitas dan juga pakaian yang lebih mencondong ke gender-neutral fashion terlihat sangat jelas di tren musim ini.

Tampaknya industri mode sedang mengalami peralihan, hal ini tercerminkan dalam semakin banyaknya orang yang berbelanja pakaian di luar kategori gender tradisional. Gerakan ini didorong oleh perubahan sikap terhadap gender dan keinginan untuk melakukan pendekatan berpakaian yang lebih santai dan beragam. Generasi muda, seperti Milenial dan Gen Z percaya bahwa warna, bentuk, dan pakaian tertentu tidak hanya diperuntukkan bagi pria atau wanita.

Karena itu, berikut beberapa tren mode pria dan juga gender-neutral fashion yang sudah Harper’s Bazaar Indonesia rangkum:

1. Preppy Dressing Resurfaces

Preppy Dressing in Spring/Summer 2024


Gaya preppy kembali menjadi sorotan musim ini, menampilkan busana formal yang lebih kontemporer seperti blazer, coat, dasi, hingga kemeja. Contohnya seperti Dior yang mempersembahkan double-breasted coat dari tweed berwarna salmon, tentunya memberikan sentuhan modern yang dapat meningkatkan penampilan untuk berbagai acara. Fendi menyajikan blazer dan straight-fit pants dengan kesan sophisticated dan sederhana, menciptakan tampilan yang classy dan elegan di runway. Selanjutnya, Givenchy dan Louis Vuitton memperkenalkan suit dengan warna netral. Givenchy menonjolkan potongan oversized, sementara direktur kreatif LV, yakni Pharrell Williams, menghadirkan blazer yang dipadukan dengan bermuda shorts ber motif damier khas sang label.

2. The Mini Shorts

Thigh-high Shorts in Spring/Summer 2024

Thigh-high shorts kembali menjadi sorotan, dipadukan dengan blazer sebagai elemen kunci dalam tampilan, menghasilkan tren baru di musim ini. Dalam suasana di mana batasan antara pakaian kasual dan formal semakin samar, musim semi 2024 memperkenalkan tren celana pendek formal, menggabungkan sentuhan elegan yang disesuaikan dengan kenyamanan santai. Givenchy memelopori peralihan ini dengan warna beige yang netral, memadukan cardigan dengan detail bolongan, dengan celana pendek denim warna hitam yang memberikan kesan berani namun tetap versatile. Dasi yang dipasangkan juga berhasil menyeimbangkan tampilan, sedangkan sepatu pantofel yang dipakaikan kaos kaki diatas ankle menambah kesan formal dalam tampilannya. Dior, Fendi dan Louis Vuitton mengikuti jejaknya dengan menampilkan pandangan unik mereka terhadap tren ini. Desain Louis Vuitton menampilkan blazer motif khas sang label yang dimodifikasikan, dipadukan secara cerdik dengan kemeja, belt, dan celana pendek berpotongan lebih santai, sehingga memberikan keseimbangan antara formal dan informal. Perpaduan dengan jaket kulit berdetail kantung yang dipadukan dengan celana pendek kulit menjadikan tampilan Fendi salah satu tampilan yang classy namun tetap kasual. Dior dengan kemeja berkerah klasik memperkuat tampilan yang maskulin, namun bagian lutut yang telanjang menghadirkan elemen kepercayaan diri yang santai.

3. Voguish Vests

Vest in Spring/Summer 2024


Setelah memiliki pengaruh yang besar pada fashion trend wanita, kini vest hadir sebagai bagian dari Spring/Summer 2024 yang menampilkan interpretasi ke arah timeless chic pada pakaian pria. 


Contohnya seperti Fendi yang menyuguhkan vest dengan detail seperti garis putus-putus di sekujurnya, menciptakan tampilan yang distingtif dan tetap terlihat formal. Di sisi lain, LV memadukan gaya streetwear dengan kemewahan. Rompi berwarna hitam yang versatile dipadukan dengan blazer bermotif khas LV, yang dipasangkan dengan pearl necklace, menunjukkan keserbagunaan vest tersebut. Givenchy membawa pendekatan yang lebih kontemporer dengan desain vest berbahan kulit, menjadikannya sebuah potongan busana yang eksentrik. Sementara Dior, dengan sentuhan romantisnya, membawa vest sebagai sorotan utama dengan menggunakan tweed untuk materialnya. Dengan motif cannage khas Dior, sang label berhasil menyuguhkan tampilan yang baru nan rumit.

4. Safari Tone

Safari Color Palette in Spring/Summer 2024


Tren palet warna safari memberikan kehangatan dan nuansa petualangan pada panggung runway koleksi Spring/Summer 2024. Salah satunya adalah Givenchy yang memperlihatkan gaya cropped jacket dan celana potongan straight dengan warna senada, yakni hijau army. Lalu, Dior mempersembahkan mantel dengan desain yang lebih clean berwarna beige, dipasangkan dengan sandal bermotif leopard, memberikan kesan safari yang semakin mencolok. Di sisi lain, Louis Vuitton dan Fendi menghadirkan tren safari dengan lebih modern dan streetwear, LV dengan green army coat yang dipasangkan dengan thigh-high shorts bersamaan dengan leather boots dan turtle neck, hingga tas ikonis keluaran anyar sang label di bawah naungan Pharrell Williams, berhasil memukau penggemar mode dengan tampilan yang segar. Sementara itu, Fendi menyuguhkan tampilan yang lebih playful dan berjiwa muda dengan celana khaki dan atasan halter-neck yang memberikan sentuhan boyish.

(Penulis; Naura Kamilla, Foto; Courtesy of Dior, Louis Vuitton, Givenchy, Fendi)