Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

3 Cara Mengukur Ukuran Cincin yang Tepat

Beberapa tip yang hendaknya perlu Anda diperhatikan sebelum membeli cincin.

3 Cara Mengukur Ukuran Cincin yang Tepat
Courtesy of Pexels

Tak hanya pakaian yang memiliki standar ukuran, perhiasan pun memilikinya, terutama cincin. Bahkan negara-negara seperti Amerika, dan Australia memiliki ukuran mereka tersendiri. 

BACA JUGA: Cara Memaksimalkan Uang Anda untuk Cincin Pertunangan

Ukuran Australia = Ukuran Amerika = Diameter (mm) = Lingkar keliling (mm) 

I = 4/12 = 15.1 mm = 47.43 mm
J = 4 3/4 = 15.5 mm = 48.69 mm
K = 5 1/4 = 16  mm 50.26 mm
L = 5 3/4 = 16.3 mm = 51.20 mm
M = 6 1/4 = 16.7 mm = 52.46 mm
N = 6 3/4 = 17.1 mm = 53.72 mm
O = 7 1/4 = 17.4 mm = 54.66 mm
P = 7 3/4 = 17.7 mm = 55.6 mm
Q = 8 1/4 = 18.1 mm = 56.86 mm
R = 8 3/4 = 18.5 mm = 58.11 mm
S = 9 1/4 = 18.9 mm = 59.37 mm
T = 9 3/4 = 19.4 mm = 60.94 mm
U = 10 1/4 = 19.8 mm = 62.2 mm
V = 10 3/4 = 20.3 mm = 63.77 mm

Nah, setelah mengetahui ukurannya, mari lanjutkan dengan cara menghitung ukuran cincin yang tepat. 

1. Menggunakan ring sizer

Inilah cari paling akurat untuk menghitung ukuran cincin Anda, harganya juga terjangkau, serta mudah didapatkan di mana pun. Alatnya sendiri terbagi menjadi dua kategori, pertama berbentuk pita pengukur. Pita pengukur ini nantinya dikaitkan ke jari Anda, kemudian dikencangkan sesuai dengan selera Anda. 

Selanjutnya, berbentuk key ring. Bentuknya seperti cincin yang hadir dalam berbagai ukuran. Anda hanya perlu memasukkan jari Anda ke cincin yang ada satu persatu sampai mendapatkan ukuran yang sesuai. 

Pita pengukur ring sizer - Amazon

Ring Sizer Key Ring - Amazon

2. Mengukur cincin yang sudah tepat

Pertama, carilah cincin yang sudah Anda miliki dan nyaman mengenakannya. Kemudian, ukurlah diameter dalam cincin dengan penggaris, ataupun pita ukur. Pastikan Anda menggunakan ukuran dalam bentuk milimeter (mm). Terakhir, letakkan cincin diatas penggaris dan ukurlah bagian dalamnya. Lalu dari hasil yang diperoleh, dapat disesuaikan dengan ukuran yang dijabarkan di atas.

Informasi tambahan: Cincin yang nyaman umumnya tidak bergeser di jari, tapi juga tidak terlalu ketat yang terasa seperti mencekik jari Anda.

3. Mengukur jari Anda

Ambillah tali, lilitkan di jari yang akan Anda pasangkan cincin. Kemudian berikan tanda pada bagian yang timpang tindih. 

Ukuran yang didapatkan ialah ukuran keliling jari Anda. Untuk mengukur diameternya cukup gunakan rumus ini: Ukuran keliling jari : 3.14 (pi). Catat hasilnya dan sesuaikan dengan ukuran di atas.

Begitulah tiga cara mudah untuk menghitung ukuran cincin. Namun, jika Anda berencana untuk menjadikan cincin sebagai hadiah, serta ingin melakukannya secara diam-diam. Maka Anda memerlukan tiga cara alternatif berikut:

1. Lihatlah cincin mereka

Jika Anda berkesempatan untuk diberikan sedikit intipan ke koleksi cincin mereka, maka gunakan ini dengan baik. Ambil sekiranya satu cincin kemudian ukurlah dengan cara kedua di atas. 

2. Tanyakan pada kerabat atau teman dekat mereka

Cobalah bertanya langsung pada orang yang mengenal sosok yang Anda ingin berikan hadiah. Atau, jika ada kerabat atau temannya yang memiliki ukuran yang hampir sama, Anda bisa mengajak mereka ke toko sebagai orang pengganti.

3. Pilihlah ukuran yang lebih besar

Jika Anda tak yakin dengan ukuran orang tersebut, maka ambillah cincin dengan ukuran yang lebih besar agar bisa di-resize. Namun perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu apakah cincin tersebut dapat di-resize atau tidak. 

Informasi tambahan: Umumnya pada perempuan ukuran cincin berkisar di 5 sampai 7, dan untuk laki-laki pada 10-11 (semuanya dalam ukuran Amerika)

Kapan sebaiknya menghitung ukuran cincin Anda?

Perlu diketahui jari Anda akan membengkak (ini adalah hal normal) sehingga ukurannya akan terus berubah sepanjang hari. Maka sebaiknya mengukurnya ketika jari Anda berada di titik terbesarnya, yakni pada malam hari. Hindari menghitung jari Anda ketika Anda kedinginan, karena jari dapat menyusut hingga setengah dari ukuran yang seharusnya. 

BACA JUGA:
Inspirasi Layering Perhiasan Cincin dan Kalung Menggunakan Koleksi John Hardy
Cara Berbelanja Cincin Tunangan Vintage

(Foto: Courtesy of Pexels dan Amazon)