Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui Beda Kelas Bisnis dan First Class di Pesawat Terbang Komersil

Pengalaman aviation geek ini akan membawa Anda pada imajinasi menikmati penerbangan ala jet setter.

Ketahui Beda Kelas Bisnis dan First Class di Pesawat Terbang Komersil

Bagi para kaum pemuja aviasi, atau yang biasa disebut aviation geek, keputusan mengenai airlines dan kelas penerbangan yang diambil kadang lebih penting daripada destinasi itu sendiri. Banyak faktor yang memang memengaruhi aviation geek seperti saya dalam mengambil keputusan flight mana yang akan diambil. Dimulai dari tipe dan jenis pesawat, on-board dining, in-flight entertainment, kota stopover, aliansi mileage, dan tentunya, harga.

Bagi kebanyakan pelancong, terbang dengan kelas bisnis sudah merupakan suatu “prestasi” yang membanggakan. Namun tahukah Anda jika sebenarnya di atas itu masih ada lagi kelas yang lebih mewah, yakni First Class dan Suites. Seperti peribahasa di atas langit masih ada langit.

Nah yang mungkin kebanyakan orang belum tahu (apalagi yang memang bukan pemerhati dunia aviasi) adalah masih ada lagi kelas super mewah di atas First Class, namanya adalah “The Residence” yang hanya dimiliki satu airline saja di dunia yaitu Etihad.

Di dalam artikel ini saya akan mengajak Anda menyelami apa saja perbedaan antara kelas Business, First Class di beberapa airlines, Suites, dan The Residence. Apakah Anda sudah siap?

 

First Class

First class cabin
First class cabin

Di Garuda Indonesia, First Class akan memberikan fasilitas airport transfer di Jakarta dengan Alphard. Setelah tiba di bandara, Anda akan dibantu oleh asisten pribadi di bandara hingga duduk di kursi pesawat. Ruangan Anda juga menjamin privacy yang tinggi, karena dilengkapi dengan sliding door.

First class cabin
First class cabin

Pilihan kuliner yang beragam juga menjadi salah satu keunggulan First Class, seperti caviar yang bisa anda nikmati kapan saja selama perjalanan.

Suites

Suites di Singapore Airlines
Suites di Singapore Airlines

Singapore Airlines menyediakan terminal check-in khusus untuk para penumpang First Class dan PPS Solitaire nya. Setelah melewati jalur khusus imigrasi, Anda bisa menunggu dipanggil di The Private Room sambil menyantap hidangan ala carte seperti lobster atau Angus Burger, yang bisa dinikmati dengan minuman mewah Dom Perignon. Bila terbang dengan Suites di pesawat tipe A380 milik mereka, Anda akan mendapatkan ruangan private (dengan pintu yang bisa ditutup, untuk menjamin privacy).

Lavatory di kelas Suites Singapore Airlines
Lavatory di kelas Suites Singapore Airlines

Pilihan hidangan yang konsepnya dibuat oleh para koki Michelin Star kawakan dunia, juga amenity kit dari lini kristal mewah, Lalique, juga akan menemani perjalanan anda di kelas Suites Singapore Airlines.

The Residence

Kelas istimewa dari Etihad Airways merupakan kelas paling tinggi yang bisa Anda temui di penerbangan komersial manapundi  dunia. Fasilitas yang diberikan juga begitu mewah, dimulai dari armada sedan mewah buatan Eropa yang akan menjadi airport transfer Anda. Setibanya di bandara Abu Dhabi, Anda akan disambut oleh beberapa staf yang akan terus mendampingi untuk memastikan seluruh detail perjalanan Anda telah terencana dengan baik. Para staff ini juga akan membantu Anda check-in di area eksklusif.

The Residence di maskapai Etihad Airways
The Residence di maskapai Etihad Airways

Sesudah itu Anda akan diminta untuk ke lounge melalui akses khusus. Sembari menunggu flight, Anda mendapatkan kebebasan untuk mandi, touch-up, menikmati entertainment, atau degustation course dan wine tasting. Semua aktivitas tersebut dapat Anda lakukan hingga saat boarding tiba, di mana para staff akan menjemput dan mendampingi Anda hingga di pintu pesawat. Kemudian para cabin crew akan menyambut dan menunjukkan anda ke “singasana”, yang memang serupa dengan private jet, karena terdiri dari ruang duduk, kamar tidur, dan kamar mandi yang terpisah. 

Ada juga yang istimewa untuk hidangan Anda. Selain inflight dining, Anda juga ditawarkan dine on demand yang bisa disantap setiap saat. Dari opsi ini Anda dapat menikmati caviar, lobster, wagyu, dan juga pasta dengan truffle. Hmm!

Memang, fasilitas dan fitur menggiurkan yang ditawarkan kelas premium dari masing-masing kelas dunia ini datang dengan harga yang tidak murah. Kelas Bisnis biasanya dibanderol empat hingga tujuh kali lipat harga kelas Ekonomi. Sedangkan First Class dan Suites berada di kisaran 10-20 kali lipat harga kelas Ekonomi. Begitu juga dengan The Residence. Kelas ini memang memiliki tingkatannya sendiri. Dibanderol dengan harga 370 juta rupiah untuk return trip Jakarta – London (sekitar 35 kali lipat harga kelas Ekonomi). Begitu eksklusifnya, hanya ada empat orang Indonesia yang pernah menikmati kelas prestisius ini. 

Jadi Anda akan pilih yang mana?

(Foto: oneinchpunch©123RF , courtesy of Singapore Airlines, CNN, Garuda Indonesia)