Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bangkitkan Sisi Humanis Anda di Pameran "Aristocrats" Karya Ted Van Der Hulst

Tempatkan diri Anda di posisi mereka.

Bangkitkan Sisi Humanis Anda di Pameran
Courtesy of Ted van der Hulst

Dengan mudah, siapa saja bisa menyebut dirinya sebagai seorang fotografer. Apalagi dengan adanya smartphone di kehidupan (hampir) setiap orang. 

BACA JUGA: Budaya Tubuh Kurus di Media Sosial TikTok Menjadi Sisi Gelap yang Ironis

Namun tidak semua orang mampu memberikan perasaan begitu mendalam lewat still image. Experience ini yang Anda dapatkan di pameran fotografer asal Belanda, Ted van der Hulst, berjudul Aristocrats.

Berlokasi di Agung Rai Museum of Art (ARMA), tepatnya di kawasan Gianyar. Pameran ini berlangsung dari tanggal 28 Desember 2022 hingga 18 Januari 2023 mendatang.

Untuk pameran ini, Ted memusatkan serinya pada sebuah komunitas di Bali yang tergabung dari manusia yang berutubuh pendek, atau sering disebut dengan kurcaci, dan juga cebol. 

Berbeda dengan karya-karya sebelumnya. Di pameran Aristocrats ini, Ted keluar dari zona nyamannya. Ia memutuskan untuk fokus dengan kenyataan, mengedepankan situasi sesungguhnya dan juga apa adanya. 

Ada alasan mengapa ia fokus ke nilai tersebut. Memiliki kemampuan untuk bercerita lewat foto-foto, Ted menunjukkan bahwa inspirasi dapat datang dari mana dan siapa saja. Termasuk orang-orang yang tergabung dalam komunitas yang sering menerima ejekan dan perundungan semata karena penampilan fisiknya. 

Mereka memiliki lapisan ekstra dalam kesehariannya untuk memperjuangkan hidup. Ini ia gambarkan melalui pameran Aristocrats yang terdiri dari 25 orang yang menjadi bagian dari pertunjukan akrobat, tinju, tarian yang dibungkus dengan komedi, Midget Fun Boxing.

Lewat pameran ini, Ted van der Hulst mengajak Anda untuk memperlakukan mereka yang bentuknya mungkin tidak sama dengan Anda, selayaknya Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. 

Pameran ‘Arisocrats’ oleh Ted van der Hulst di Agung Rai Museum of Art (ARMA) berlangsung 28 Desember 2022 hingga 18 Januari 2023 mendatang. Untuk informasi lebing lengkap, klik di sini.

BACA JUGA:
Ketika Standar Kecantikan Tak Lagi Mengenal Batas, Gen Z Punya Sudut Pandang Berbeda
Standar Kecantikan di Indonesia, Seperti Apa Rupanya?

Foto: Courtesy of Ted van der Hulst