Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tubuh Anda Juga Memerlukan Retinol

Dokter kulit dan ahli kecantikan akan membahas tentang pentingnya retinol pada tubuh.

Tubuh Anda Juga Memerlukan Retinol
Courtesy of BAZAAR US

Kami tidak perlu memberi tahu Anda tentang retinol dan semua keajaiban didalamnya. Anda mungkin pernah mendengarnya, Anda pernah membacanya, bahkan mungkin pernah melihat di TikTok tentang produk ini. Dengan ketenarannya, retinol tidak hanya dipakai di wajah, tetapi di tubuh berkat formula baru yang jenius.  

Perubahan pada kulit di lengan, kaki, batang tubuh, dan di tempat lain menjadi lebih terlihat di sekitar usia 40 tahun, itulah sebabnya dokter kulit dan ahli perawatan kulit merekomendasikan retinol sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit tubuh secara teratur.

Dokter kulit bersertifikat Corey Hartman, pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama, senang bahwa perawatan tubuh mulai dibicarakan publik. "Kebanyakan orang hanya memperhatikan untuk melindungi dan menghidrasi kulit tubuh mereka. Tapi jika kita bisa membiasakan diri menggunakan produk multiguna, seperti lotion retinol tubuh, maka itu adalah langkah ke arah yang benar," ujarnya.

Baca juga: Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit

LATAR BELAKANG RETINOL TUBUH

Retinol bukanlah hal baru, didalamnya terdapat vitamin A yang akan membantu pergantian sel dan menstimulasi kolagen baru untuk kulit yang lebih kencang. Ini adalah salah satu bahan perawatan kulit yang paling terkenal dan memiliki data ilmiah yang cukup untuk memastikan bahwa retinol memang mampu mencerahkan, montok, dan menghaluskan tubuh kita.

Penggunaan retinol pada wajah sudah cukup banyak dikuasai publik. "Secara umum, perawatan kulit untuk tubuh tertinggal jauh di belakang perawatan kulit untuk wajah," Perawatan Kulit oleh Amy Peterson. Terjadi peningkatan retinol pada tubuh yang  diformulasikan dengan baik dan lebih praktis dan cenderung tidak membuat kulit iritasi. Hal ini terjadi karena adanya kemajuan formulasi.

Selain menghidrasi kulit tubuh, ada alasan estetika untuk pengguna retinol, seperti memperbaiki pigmentasi, warna, tekstur, kerutan, bekas luka, dan lainnya. Kulit kendor di bawah leher, yang terjadi akibat hilangnya kolagen secara perlahan, mengakibatkan penurunan elastisitas, merupakan masalah penuaan yang besar. "Kami tahu retinol bekerja dengan baik pada wajah untuk masalah tersebut, jadi mengapa tidak menggunakannya pada tubuh?" kata seorang dokter kulit bersertifikat, Purvisha Patel. 

MANFAAT RETINOL TUBUH

Retinol memang banyak manfaatnya untuk kulit. Manfaat pertama adalah untuk meningkatkan pergantian sel kulit mati yang akan bermanfaat untuk membersihkan jerawat tubuh, mencerahkan hiperpigmentasi dan perubahan warna. "Ini juga merangsang kolagen untuk mengencangkan area yang kendor, seperti di sekitar lutut dan lengan, serta menghilangkan kusam," kata Corey. 

Meski kulit tubuh lebih tebal daripada wajah, retinol berfungsi sama di mana pun Anda mengaplikasikannya. Peningkatan terbesar terlihat di area tubuh yang kulitnya berkerut dan kurang kencang, termasuk paha, dada, siku, dan bagian belakang lengan. Tetapi losion retinol juga bekerja dengan baik sebagai perawatan di semua yang Anda ingin perbaiki. Amy mengatakan untuk mengoleskan losion retinol tipis-tipis di area yang ingin Anda rawat.

Anda juga akan mendapatkan manfaat retinol dengan memasangkannya dengan perawatan profesional. Misalnya dengan menggabungkan retinol tubuh dan perawatan laser atau microneedling akan membantu memperbaiki stretch mark Anda. Kombinasi dari dua perawatan ini akan menghasilkan kolagen yang lebih kuat untuk melembutkan tampilan stretch mark.

HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN

Bukan hal yang bahaya untuk ada menggunakan retinol yang sama untuk wajah dan tubuh Anda.Tetapi ada alasan mengapa sebagian besar ahli kulit menentangnya. Kulit di wajah sama sekali berbeda dengan tubuh. "Ada mempunyai lebih sedikit kelenjar minyak di tubuh, dan kulit lebih tebal di beberapa area, jadi konsentrasi retinol harus berbeda dan lebih kuat," kata Purvisha. Ditambah lagi, produk retinol untuk wajah bisa jadi lebih mahal dan juga mungkin dikemas dalam wadah yang lebih kecil. "Jika Anda menggunakan produk itu pada tubuh, Anda akan menghabiskan produk itu dengan sangat cepat," tambah Corey. Namun, ada beberapa tipe retinol yang belum jadi arena perawatan tubuh, seperti retinoid dan tretinoin

Tidak seperti retinol untuk wajah, yang terkadang tidak mengandung bahan yang menghidrasi, versi tubuh selalu ada bahan yang menghidrasi didalamnya. "Sebagian besar produk retinol tubuh mengandung antara 0,05 dan 1 persen bahan aktif, dan diformulasikan sebagai krim, serum, dan losion yang menghidrasi," kata Corey. Favoritnya adalah Topical' Slather. "Losion tubuh retinol mengandung pelembab yang lebih banyak melalui ceramide, gliserin, atau squalene.

Beberapa krim dan lotion tersedia dalam konsentrasi lebih rendah dari 0,25 persen, yang cocok untuk Anda yang memiliki kulit lebih sensitif atau mudah teriritasi. Ada juga minyak tubuh dengan retinol, seperti Environ's Vitamin A, C & E Body Oil, dan formulasi untuk bagian tubuh tertentu seperti Soft Services Theraplush Overnight Repair Treatment, krim tangan yang mengandung retinol. Olay bahkan membuat sabun mandi dengan retinol yang menjanjikan kulit lebih halus dan cerah dalam 24 jam.

CARA MENGGUNAKAN RETINOL TUBUH

Menggunakan retinol pada tubuh sebagian besar penggunaan nya sama dengan mengaplikasi pada wajah. Tahap pertama adalah untuk mengaplikasi retinol dengan cara bertahap. Kulit Anda butuh penyesuaian terhadap retinol, pastikan Anda melakukannya dengan konsisten. Pemula juga harus memilih formula yang lembut, seperti seperti Lendava Body Care, yang dikemas dengan asam hialuronat, minyak jojoba, dan shea butter pilihan, atau Versed Press Restart yang mengandung retinol mikroenkapsulasi.

Aturan pakai pada tubuh tidak perlu berlebihan. Dokter kulit menyarakan untuk menggunakan satu sendok makan hingga, semua  tergantung pada konsentrasi produk. Ia juga mengatakan untuk mengoleskan krim retinol setelah mandi "seperti pelembab biasa."

Sayangnya, retinol memiliki kelemahan, seperti kemerahan, kering, iritasi, dan mengelupas. Jika kulit Anda menjadi kering, cobalah untuk mencapur pelembab Anda saat mengaplikasi retinol. Teknik ini akan bertindak sebagai pelindung kulit Anda terhadap retinol.

Di mana pun bagian tubuh yang Anda oleskan, sinar matahari dapat membuat kulit yang dirawat menjadi lebih sensitif dan menyebabkan bahan tersebut menjadi kurang efektif. Jadi, menggunakan sunscreen setiap hari tidak dapat dinegosiasikan.

Retinol tidak terlarang untuk warna kulit tertentu, semua orang bisa mendapat keuntungan darinya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, Corey mengatakan, "Kulit yang sangat cerah mungkin lebih rentan terhadap iritasi dan kemerahan pada tubuh saat menggunakan retinol." Dan hal yang sama berlaku untuk warna kulit yang lebih gelap, yang menurut Peterson bisa membuat  iritasi kulit. "Kulit yang lebih gelap juga lebih rentan mengalami hiperpigmentasi akibat peradangan atau iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya mencari panduan profesional sebelum menggunakan produk retinol."

Untuk sebagian besar, penggunaan retinol termasuk metode yang aman, tetapi Anda perlu menggunakan lotion yang sangat melembapkan. Jika terjadi psoriasis atau eksim pada tubuh atau kulit sebaiknya hentikan penggunaan retinol. Corey  juga menyarankan untuk menghentikan penggunaan retinol setidaknya beberapa hari sebelum perawatan laser. "Bahkan perawatan laser, termasuk laser hair removal, mengharuskan Anda berhenti menggunakan retinol," tambahnya. Wanita hamil dan menyusui juga tidak disarankan untuk memakai retinol  karena bahan tersebut berpotensi menyebabkan cacat bawaan. 

HASIL

Kesabaran adalah kuncinya, diperlukan waktu beberapa minggu hingga enam bulan untuk melihat hasil yang terlihat apabila Anda konsisten memakainya. Hasil dari retinol mungkin akan terlihat lebih cepat apabila Anda merawat jerawat dibanding merawat hiperpigmentasi atau perubahan tekstur. Kulit yang lebih kencang dan halus tidak akan terlihat dalam semalam. Bahkan mungkin ada beberapa efek samping  di sepanjang perawatan ini, seperti kekeringan dan iritasi.

Baca juga: 

Sebagai Anti Aging, Ini Manfaat Retinol Untuk Wajah

Bebaskan Wajah Dari Tanda Penuaan

Penulis: Elise Tabin; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US