Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sebelum Menutup Tahun, Simak 15 Judul Drama Korea Terbaik Tahun 2021

Segera temukan tontonan yang akan menemani musim libur akhir tahun.

Sebelum Menutup Tahun, Simak 15 Judul Drama Korea Terbaik Tahun 2021

Tak kalah dengan tahun 2020, di tengah masa pandemi Covid-19, industri hiburan Korea Selatan rasanya memang tak pernah mengenal kata redup dalam kamusnya. Walaupun masih berada di tengah-tengah masa pandemi (bahkan dengan maraknya muncul berbagai varian baru), dan juga berita-berita mengenai deretan aktor dan aktris Korea yang terjangkit virus Covid-19, perfilman Korea terus maju menyuguhkan deretan judul drama Korea. 

Baca juga: 8 Aktor dan Aktris Korea yang Kariernya Tiba-Tiba Bersinar di Tahun 2021

Terasa lebih istimewa karena menjadi sahabat yang menemani hari-hari selama masa di rumah saja, di bawah ini adalah 15 judul drama Korea terbaik versi Bazaar yang tayang selama tahun 2021 dan layak untuk Anda tonton!

1. Beyond Evil

Periode tayang: Februari-April 2021

Keluar sebagai pemenang untuk kategori Best Drama di ajang bergengsi BaekSang Art Awards ke-57, drama yang mempertemukan aktor senior Shin Ha Kyun dengan Yeo Jin Goo memang patut untuk Anda saksikan jika Anda adalah penggemar drama dengan genre detektif atau kriminal. 

Mempertemukan aktor veteran Shin Ha Kyun  dengan aktor Yeo Jin Goo, Beyond Evil berlatar di sebuah desa kecil yang menyorot kisah seorang detektif bernama Lee Dong Sik (Ha Kyun). Relatif tenang, semua berubah ketika kasus pembunuhan berantai yang mirip dengan yang pernah terjadi 20 tahun silam kembali muncul. Dong Shik yang penuh dengan rahasia pun mulai menginvestigasi bersama rekan barunya, Han Joo Won (Jin Goo) seorang detektif elit dari kota besar yang secara tak terduga dipindahkan ke polsek desa tersebut

2. Vincenzo

Periode tayang: Februari-Mei 2021

Menjadi proyek kembalinya aktor Song Joong Ki setelah mengumumkan perceraian dari Song Hye Kyo, memang dapat dikatakan drama Vincenzo mendapat sorotan besar akibat hal tersebut. Namun untungnya Song Joong Ki berhasil memenuhi ekspektasi para penggemarnya. Berperan sebagai pengacara yang bekerja untuk sebuah keluarga mafia yang mengadopsinya ketika ia berusia 8 tahun, Vincenzo Cassano menemukan dirinya kembali ke tanah kelahirannya setelah terjebak di antara pertikaian kelompok mafia.

Sepulangnya ke Korea, kehidupannya pun semakin menarik setelah ia bertemu dengan pengacara Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) dan perjalanan keduanya dalam mempertahankan Geumga Plaza dan seluruh penghuninya.

Walaupun terdengar memiliki premis cerita yang berat dan suram akibat karakter utamanya yang memiliki latar belakang seorang mafia, namun dapat dipastikan sepanjang menonton 16 episode dari drama yang akhirnya berhasil melambungkan nama para artis lainnya, perasaan hangat kekeluargaan, haru, dan gelak tawa akan menemani Anda.

3. Mouse

Periode tayang: Maret-Mei 2021

Menjadi proyek comeback aktor multitalenta, Lee Seung Gi di layar kaca setelah terakhir membintangi drama laga Vagabond di tahun 2019 silam, Lee Seung Gi tampak menantang diri dengan mencoba peran yang lebih tak biasa, ketika ia berperan sebagai Jung Ba Reum yang merupakan seorang polisi junior. Berkrpibadian jujur dan selalu berusaha untuk menegakkan keadilan, ia  kemudian harus berhadapan dengan seorang pembunuh psikopat. Kehidupan Jung Ba Reum benar-benar berubah setelahnya.

Berhasil menyuguhkan sisi lain dari kemampuan aktingnya, bagi Anda yang gemar akan drama berbau misteri dan kriminal wajib memasukkan drama ini dalam daftar tontonan Anda! 

4. Taxi Driver

Periode tayang: April-Mei 2021

Penggemar drama bergenre aksi dan juga balas dendam? Jika iya maka Anda tak boleh melewatkan drama yang dibintangi oleh Lee Je Hoon dan Esom berjudul Taxi Driver! 

Mengikuti kisah Kim Do Ki (Je Hoon) ia merupakan seorang lulusan dari Akademi Angkatan Laut. Namun suatu hari ia mendapat kabar bahwa sang Ibu telah dibunuh secara tragis oleh seorang pembunuh berantai.

Merasa tak adil akan fakta yang ia dapat, sekarang Do Ki pun bekerja sebagai seorang sopir taksi mewah di Perusahaan Taksi Pelangi. Namun perusahaan tersebut bukan sekadar perusahaan taksi biasa. Perusahaan tersebut menawarkan layanan "panggilan balas dendam" khusus. Jika klien meminta mereka untuk membalas dendam, maka Do Ki dan rekan-rekannya akan meluncurkan aksi balas dendam. 

Penuh aksi, ketegangan, dan spirit solidaritas yang erat antar anggota taksi Pelangi, ada kabar baik bagi Anda yang sudah menjadi penggemar drama ini, pasalnya menyusul kesuksesannya, drama ini dirumorkan akan kembali untuk musim keduanya, dan bahkan proyek naskah sudah mulai digarap oleh tim produksi. 

5. Move to Heaven

Periode tayang: 14 Mei 2021

Tahun 2021 memang rasanya menjadi tahun gemilang bagi deretan karya serial orisinal persembahan Netflix, hampir tiap bulan kita disuguhkan oleh konten-konten orisinal yang tak jarang mengangkat tema cerita yang begitu segar. Dan salah satunya yang berhasil menarik perhatian adalah serial yang diperankan oleh aktor muda Tang Joon Sang dan (lagi) Lee Je Hoon. 

Bercerita tentang seorang anak muda bernama Geu Roo yang memiliki sindrom asperger (sebuah gangguan neurologis atau saraf yang dapat dikategorikan sebagai gangguan spektrum autisme), ia bekerja bersama ayahnya dalam sebuah bisnis khusus mengurus barang-barang peninggalan orang yang sudah meninggal bernama “Move To Heaven”. 

Suatu hari, kehidupannya pun berubah drastis setelah ia mendapat berita bahwa keluarga satu-satunya (yang ia pikir begitu), sang ayah meninggal dan pamannya Sang Koo (Lee Je Hoon) yang sama sekali tidak pernah hadir di hidupnya tiba-tiba dan juga merupakan seorang mantan narapidana dipercayakan untuk menjadi wali atas Geu Roo. 

Berbagai momen manis disuguhkan dalam serial yang dikemas dalam format 10 episode ini. Perkembangan sang karakter utama pun tersaji dengan hangat dan nyata. Dari yang awalnya Sang Koo memiliki motif lain ketika akhirnya memutuskan untuk menerima tugas besar ini, akhirnya ia dapat melihat sisi lain dari keponakan yang bahkan selama ini tidak ia tahu kehadirannya. Relasi antara Geu Roo dan Sang Gu pun mampu mencuri hati para penonton.

6. Youth of May 

Periode tayang: Mei-Juni 2021

Salah satu drama yang rilis pada tahun 2021 ini memang tak boleh Anda lewatkan! Kembali mempertemukan aktor penuh talenta Lee Do Hyun dengan aktris Go Min Si setelah keduanya pernah bertemu dalam proyek drama Sweet Home dan berperan sebagai saudara, kini keduanya dipasangkan sebagai sepasang kekasih dengan takdir cinta yang tragis.

Berlatar tahun 1980, tepatnya selama masa pergolakan Pemberontakan Gwangju, Hwang Hee Tae (Do Hyun) yang adalah seorang mahasiswa kedokteran bertemu dengan seorang perawat bernama  Kim Myung Hee (Min Si), keduanya pun saling jatuh cinta. Namun seolah takdir tak berpihak pada keduanya, berbagai kemalangan terus menghampiri keduanya.

7. Mine


Periode tayang: Mei-Juni 2021

Bagi Anda penggemar drama dengan intrik “makjang” (sebutan untuk drama yang mengusung topik seputar kehidupan keluarga kaya, perselingkuhan, dan juga dendam), maka rekomendasi Bazaar adalah drama yang dibintangi oleh istri Ji Sung, Lee Bo Young (When My Love Blooms) dan Kim Seo Hyung (Sky Castle)

Sama-sama merupakan menantu dari sebuah keluarga kaya, Bo Young yang berperan sebagai Seo Hi Soo merupakan seorang aktris yang memutuskan untuk meninggalkan karier gemilangnya untuk menikahi putra kedua dari keluarga chaebol dan fokus menjadi ibu bagi anaknya. 

Sedangkan Seo Hyung yang berperan sebagai Jung Seo Hyun merupakan anak orang kaya yang menikah dengan putra pertama dari keluarga chaebol yang sama. Berkarakter elegan, cerdas. Dan juga sangat rasional, ia menjadi ujung tombak keluarga dalam menyelesaikan berbagai masalah yang menimpa keluarga chaebol ini.

8. Hospital Playlist 2

Periode tayang: Juni-September 2021

Melanjutkan kisah kelima dokter Yulje yang sebelumnya menyapa penonton setia drakor di tahun 2020, musim kedua serial Hospital Playlist memang semakin gemilang, buktinya rating tiap episode secara konsisten terus menanjak naik. Setelah pasangan Winter Garden (Ahn Jeong Won dan Jang Gyeo Ul) akhirnya bersatu, perjalanan cinta tiap anggota geng Yulje menjadi salah satu sorotan utama dari musim kedua ini. 

Namun tak hanya itu saja, kisah pribadi para pasien yang tak jarang menyentuh hati juga tetap menjadi andalan dari drama yang lebih memilih pendekatan humanis ketimbang kasus medis yang berat.   

9. D.P.

Periode tayang: 27 Agustus 2021

Diangkat dari serial webcomic dengan judul D.P.: Gaeui Nal karya Kim Bo Tong, D.P. yang dimeriahkan oleh deretan aktor ternama mulai dari Jung Hae In, Koo Gyo Hwan (Peninsula, Kingdom: Ashin of the North), hingga Kim Sung Kyun (Reply 1988, The Fiery Priest) mengikuti kisah sekelompok tentara dengan nama tim D.P. yang terdiri dari tentara An Joon Ho (Hae In) yang memiliki kepribadian pendiam dan tenang, Sersan Park Beom Goo (Sung Kyun) yang dikenal akan kegigihannya, serta Kopral Han Ho-Yeol (Koo Gyo Hwan). Misi mereka cukup sederhana, yaitu untuk menangkap para tentara gurun (istilah untuk para tentara yang sedang menjalani masa wajib militer yang kemudian kabur. 

Tiap kasus demi kasus pun diceritakan dengan penuh ketegangan dan banyak aksi laga yang membuat hari mendebarkan.

Baca juga: 25 Fakta Jung Hae In, Aktor Korea dengan Wajah Baby Face

10. Hometown Cha-Cha-Cha

Periode tayang: Agustus-Oktober 2021

Menjadi salah satu drama yang diantisipasi di tahun 2021 ini, serial yang merupakan hasil remake dari film dengan tajuk Mr. Hong yang sempat menuai kesuksesan di tahun 2004 ini mempertemukan aktris Shin Min A dengan aktor Kim Seon Ho.

Tak jauh berbeda dengan versi aslinya, Hometown Cha-Cha-Cha mengangkat perjalanan kisah kisah cinta yang berlatar di desa tepi laut, tepatnya di Gongjin.

Yoon Hye Jin (Shin Min A) yang merupakan seorang dokter gigi menemukan dirinya harus pindah ke desa tepi laut di Gongjin. Di sana, ia bertemu dengan Hong Du Sik (Seon Ho) atau yang disebut sebagai Kepala Hong oleh penduduk setempat karena dirinya yang tak hanya tampan dan pintar tetapi juga menjadi sosok yang paling diandalkan oleh penduduk setempat.

Bagi Anda yang gemar dengan kisah cinta romantis tanpa bumbu-bumbu drama misteri atau yang bisa dikatakan serial ringan yang menghangatkan hati, ini adalah untuk Anda!

11. Squid Game

Periode tayang: 17 September 2021

Memang rasanya tak afdal jika drama yang berhasil menggemparkan tak hanya Korea Selatan, penggemar drakor, tapi juga seluruh dunia tak masuk ke dalam jajaran daftar bergengsi ini. Ya, menjadi salah satu serial orisinal persembahan Netflix yang dirilis tahun 2021, Squid Game menceritakan kisah tentang permainan survival game dengan total hadiah 45,6 miliar won untuk pemenangnya. Tak hanya hadir dalam tema cerita yang tak biasa dan segar, drama yang berhasil menyabet penghargaan People’s Choice Award dan juga derean penghargaan kelas dunia lainnya ini juga sukses membawa sang aktor utama Lee Jung Jae kembali semakin bersinar, deretan aktor pendukung seperti pendatang baru Jung Ho Yeon, hingga aktor Park Hae Soo dan Wi Ha Joon turut merasakan ketenaran yang luar biasa. 

12. One the Woman

Periode tayang: September-November 2021

setelah berhasil memikat hati para penonton ketika berperan sebagai jaksa di drama The Fiery Priest yang tayang di tahun 2019 silam, mantan Miss Korea tahun 2006 Lee Ha Nee kembali beraksi menjadi seorang jaksa (namun kali ini sebagai seorang jaksa yang korup) bernama Jo Yeon Joo. Namun karena sebuah kasus, ia harus kehilangan ingatannya dan mulai hidup sebagai menantu perempuan dari keluarga chaebol bernama Kang Mi Na. 

Di kehidupan barunya ini, ia pun akhirnya bertemu dengan Han Seung Wook (Lee Sang Yoon-About Time) yang merupakan putra dari keluarga chaebol

Dengan karakter Lee Ha Nee yang tak kenal kata "jaim", iya pun sukses menghidupkan karakter yang ia mainkan di drama ini sehingga berbagai momen yang mampu mengundang gelak tawa sukses menjadi pelengkap sempurna dalam drama ini.

13. The Veil


Periode tayang: September-Oktober 2021

Kepiawaian aktor Nam Goong Min dalam berakting memang tak perlu diragukan lagi, berbagai peran sudah pernah ia lakoni, mulai dari manajer sebuah klub basebal, kepala dokter di penjara, reporter, hingga akuntan berwatak jenaka, dan kini Goong Min resmi kembali menambah resumenya dengan mencoba karakter baru yaitu berperan sebagai seorang agen Badan Intelijen Nasional bernama Han Ji Hyuk. 

Intrik-intrik agen rahasia dan badan intelijen nasional menjadi pokok cerita dari serial ini, sehingga bagi Anda yang benar-benar suka dengan kisah bertema agen rahasia dan juga laga habis-habisan, Anda benar-benar tak boleh melewatkan drama yang satu ini.

14. One Ordinary Day


Periode tayang: November 2021

Sekarang kita tahu bukan tanpa alasan Kim Soo Hyun menjadi aktor Korea dengan bayaran termahal. Ya, memilih proyek drama One Ordinary Day dan beradu peran dengan aktor senior Cha Seung Woo, Kim Soo Hyun membawa warna baru dalam karier aktingnya yang sudah bersinar. 

Berperan sebagai Kim Hyun Soo, ia adalah seorang mahasiswa biasa yang kemudian dituduh melakukan pembunuhan karena kesalahan semalamnya. Hidupnya jatuh ke dalam jurang maut yang tak berdasar.

Di tengah keterpurukannya, dan di mana tak ada satu orang pun yang percaya padanya bahwa ia bukan pembunuh kejam, Shin Joong Han (Cha Seung Won) yang adalah seorang pengacara kelas tiga menjadi satu-satunya orang yang percaya padanya dan mencoba membantu Hyun Soo.

Selama delapan episode drama yang tayang di stasiun Coupang Play ini, emosi kita akan terasa seperti diajak bermain roller coaster. Mulai dari bersimpati dengan Hyun Soo, meragukannya, hingga amarah pada orang-orang yang berlaku tak adil pada kasus Hyun Soo.

15. Happiness


Periode tayang: November-Desember 2021

Tahun ini memang penuh dengan genre drama yang begitu beragam, mulai dari romansa, kriminal, makjang, dan tentunya genre zombie juga tak boleh kita lewatkan. Dan sebagai the best out of the best drama dengan tema cerita yang berpusat pada apocalypse, Bazaar memilih drama Happiness yang dibintangi oleh Han Hyo Joo dan Park Hyun Shik.

Han Hyo Joo yang berperan sebagai Yoon Sae Bom adalah seorang anggota regu polisi khusus yang baru saja pindah ke sebuah komplek apartemen sedangkan Park Hyun Shik yang berperan sebagai Jung Yi Hyun adalah sahabatnya sejak masa sekolah dan selalu berada di sisinya.

Namun suatu hari gedung apartemen tempatnya tinggal tiba-tiba diserang oleh sebuah wabah penyakit menular yang dinamakan “penyakit orang gila” membuat apartemen tersebut harus diisolasi.

Layaknya drama yang mengangkat tema zombie, drama dengan total 12 episode ini tentu dipenuhi dengan ketegangan yang sangat epik.

Setelah mengetahui 15 judul drama Korea terbaik hasil kurasi Bazaar, judul drama yang mana yang mungkin belum Anda tonton dan tertarik untuk dimasukkan dalam daftar tontonan di musim libur akhir tahun 2021 ini? 

Baca juga:

Jelang Akhir Tahun Ini 15 Judul Drama Korea Terbaik Tahun 2020

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of IMDb, TvN, Netflix)