Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Cara Memakai Jepit Rambut Ala Korea

Ubah sedikit tampilan Anda menjadi lebih feminin.

8 Cara Memakai Jepit Rambut Ala Korea
Layout by Sophie El Fasya

Mengenal dunia fashion tentunya tidak akan jauh dari aksesori. Sentuhan ekstra untuk melengkapi ataupun memberikan tampilan ekstra dari padu padan busana yang telah Anda pilih. Beberapanya termasuk gelang, kalung, cincin, hingga jepitan rambut yang merupakan aksesori pada rambut dan kepala. Selain tatanan rambut Y2K yang terkenal dengan aksesori rambutnya, penduduk Korea menjadi salah satu penggemar jepit rambut. 

Baca juga: Tips Membuat Makeup Natural ala Korea

Ketenarannya membuat Korea mempunyai ciri khasnya sendiri dalam mengenakan dan menatanya. Dari masyarakat biasa hingga para selebriti papan atas mempunyai ciri khas seperti di bawah ini:

1. Gigantic Bow

Courtesy of Instagram @roses_are_rosie
Courtesy of Instagram @roses_are_rosie

Pita memang dapat menambahkan tampilan Anda menjadi semakin feminin. Namun, pita raksasa dapat membuat Anda feminin dan juga menjadi pusat perhatian banyak orang. Salah satu alasan kita memadupadankan busana adalah untuk kepuasan diri dan juga dapat dilihat oleh orang di luar sana bukan?

Kita ingin merasa bak model papan atas yang sedang jalan di panggung Fashion Week. Anda akan mendapatkan semua pandangan mata saat bepergian dengan aksesori ini, karena Anda akan terlihat sangat fabulous. Jadikan sebagai aksesori di atas ikat kuda Anda atau disamping rambut yang sedang digerai. Lurus atau keriting, tidak menjadi masalah besar.

Courtesy of Instagram @rlo.ldl
Courtesy of Instagram @rlo.ldl

2. Spread All Over

Courtesy of Instagram @twicetagram
Courtesy of Instagram @twicetagram

Entah mengapa melihat jepitan yang tersebar di seluruh rambut para selebriti ini, mengingatkan saya dengan Vanellope von Schweetz di Wreck It Ralph. Tampilannya yang fun dan lucu akan membuat aura Anda menjadi positif, segar, serta cerah untuk menjalani aktivitas keseharian.

Anda tidak selalu harus menggunakannya dengan warna yang terlalu banyak, pilihlah warna yang sesuai, untuk membuat Anda tetap percaya diri. Pakai sebanyak yang Anda inginkan. Bisa dikenakan pada seluruh bagian rambut ataupun dibagian tertentu (seperti area kepala atau area bawah rambut saja), hanya untuk meramaikan tampilan busana yang sederhana. 

Courtesy of Instagram @kyo1122
Courtesy of Instagram @kyo1122

3. Two Onward

Courtesy of Instagram @miyayeah
Courtesy of Instagram @miyayeah

Gaya jepitan berikutnya merupakan salah satu cara yang sering saya gunakan secara pribadi. Secara tidak langsung menciptakan bentuk wajah baru secara instan dengan membingkai kedua sisi bagian depan rambut. Meski sepadan jika digunakan dengan tampilan yang lebih kasual, tidak menutup kemungkinan too onward untuk digunakan untuk acara yang lebih formal. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk atau motif jepitan yang akan dipakai.  

4. Beret Bow

Courtesy of Instagram @renebaebae
Courtesy of Instagram @renebaebae

Sentuhan Eropa bertemu dengan Korea, menjadikan barret bow suatu tampilan yang cukup sering digunakan para musisi, karena tampilannya yang edgy dan feminin. Masih bisa digunakan dengan gaya rambut khas Korea seperti bob, wispy bangs, perm, dan lainnya. Cukup ditata dengan rambut gelombang digerai atau ikat kuda rendah.

5. Pearl Beads

Courtesy of Instagram @itzy.all.in.us
Courtesy of Instagram @itzy.all.in.us

Walaupun gaya Y2K miliki sedikit kemiripan, yang satu ini mendapatkan ketenarannya di Korea. Hampir seluruh wanita yang mempunyai selera fashion yang feminin, pasti pernah mengenakan aksesori rambut mutiara. Baik hanya satu potong jepitan sederhana ataupun jepitan pernyataan besar yang dibalut penuh dengannya. Tampilan ini akan memberikan kesan yang sangat feminin jika digunakan dengan jumlah yang banyak, tetapi elegan jika jumlah minimal.

6. Neon Bobby Pins

Courtesy of Instagram @dlwlrma
Courtesy of Instagram @dlwlrma

Bobby pins hitam, cokelat, dan warna-warna natural sudah tidak zaman lagi! Terutama di Korea, segala sesuatu yang mencolok itulah yang akan menjadi tren besar. Walaupun begitu, saya tidak bisa berkomentar jelek tentang yang satu ini. Warna neon telah menjadi warna terang unik yang tidak ditakuti orang, bahkan justru dicari. Bagi Anda yang miliki jiwa monokrom, memadukan sedikit warna pada busana tidak akan membunuh Anda. Jika belum sepenuhnya percaya diri dengan warna vibran, Anda bisa menggunakannya hanya beberapa potong. Namun, jika sudah terbiasa, neon bobby pins dapat Anda pakai lebih banyak untuk dibentuk menjadi sebuah pola, misalnya zig zag.

Courtesy of Instagram @itzy.all.in.us
Courtesy of Instagram @itzy.all.in.us

7. Bloom Flower

Courtesy of Instagram @twicetagram.
Courtesy of Instagram @twicetagram

Tidak menyukai pita raksasa? Anda bisa mencoba potongan "raksasa" yang lainnya! Jepitan rambut bunga juga dapat menjadi pilihan jika Anda sedang menginginkan aksesori rambut yang besar. Meskipun ukurannya dapat disesuaikan, tetapi sebagian besar memiliki ukuran yang cenderung dapat dibilang besar. Cocok untuk tampilan seksi dan menggoda.

8. Wide Piece

Courtesy of Instagram @hyunah_aa
Courtesy of Instagram @hyunah_aa

Hanya dengan satu potong jepitan rambut lebar, Anda siap untuk menjalani hari. Sangat praktis, sederhana, dan rapi, bahkan saat Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk menata rambut. Para selebriti Korea umumnya mengenakan dengan jumlah 1 hingga 4 jepitan (jika menginginkan jumlah yang lebih, tidak akan ada yang salah). 

Courtesy of Instagram @taeyeon_ss
Courtesy of Instagram @taeyeon_ss

Baca juga:

Model Poni Korea yang Jadi Favorit Idol Maupun Aktris K-Drama

Ide Potongan Rambut Bob Terfavorit dari Para Selebriti Korea

Daftar Barang Fashion Mewah yang Dikenakan Shin Min Ah di Hometown Cha-Cha-Cha

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Instagram @roses_are_rosie, @rlo.ldl, @twicetagram, @kyo1122, @miyayeah, @renebaebae, @itzy.all.in.us, @dlwlrma, @taeyeon_ss, @hyunah_aa)