Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pilihan Camilan Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda

Camilan yang sehat adalah makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, serat protein, serta rendah kalori dan lemak.

Pilihan Camilan Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda

Banyak orang mengira, semua camilan atau snack itu tidak sehat. Padahal kenyataannya tidak demikian, karena ada beberapa camilan yang dinilai sehat untuk menambah energi, sehingga Anda lebih semangat menjalani aktivitas apapun.

Camilan bisa dikatakan sehat jika tidak mengandung banyak gula atau pemanis buatan, bahan pengawet, dan perasa buatan. Selain itu, camilan yang sehat adalah camilan yang mengandung banyak vitamin, mineral, serat protein, serta rendah kalori dan lemak.

Ingin tahu kira-kira apa saja camilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menemani beragam aktivitas yang Anda lakukan?
Baca artikel ini sampai habis ya!

Edamame

Apakah Anda pernah mengonsumsi edamame? Edamame merupakan kadang kedelai yang dipanen saat masih muda dan hijau, serta sudah direbus bersama dengan kulitnya. Edamame sering dikonsumsi sebagai camilan sehat karena kaya akan antioksidan, yang diyakini baik untuk membantu menurunkan berat badan dan kadar gula darah.

Tak hanya itu saja, edamame juga kaya akan serat, zat besi, protein, mangan, magnesium dan folat. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Itulah mengapa, edamame menjadi pilihan camilan sehat yang bisa Anda konsumsi. 

Greek yoghurt

Sebagaimana diketahui, yoghurt telah dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Tak hanya itu saja, kandungan probiotik dalam yoghurt juga mampu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, menjaga berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko tertular penyakit.

Dikutip dari laman Healthline, mengonsumsi satu gelas yoghurt dapat memenuhi 38% dari kebutuhan harian untuk fosfor, 12% untuk magnesium dan 18% untuk kalium. Karena segudang nutrisi yang terkandung di dalam yoghurt, maka tak heran jika yoghurt cocok dijadikan sebagai camilan sehat. 

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah hindari mengonsumsi yoghurt aneka rasa, karena yoghurt sehat adalah yang tidak mengandung pemanis atau perasa buatan, seperti greek yoghurt. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan segar.

Telur rebus

Camilan sehat berikutnya yang bisa Anda konsumsi yaitu telur rebus. Makanan ini mengandung kalori, protein, omega-3, vitamin K, dan vitamin B12. mengonsumsi telur rebus sebagai camilan dapat membantu menambah energi dan semangat dalam beraktivitas. Mengonsumsi telur dalam jumlah yang wajar, tentu tidak akan meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Buah-buahan

Ingin mengonsumsi camilan yang sehat? Coba konsumsi potongan buah-buahan segar seperti buah beri-berian (blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry), pisang, apel, pir, dan buah persik. Semua buah-buahan tersebut mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat, tidak semua buah-buahan dapat dikonsumsi sebagai camilan. Hindari buah semangka, nanas dan melon sebagai camilan, karena kedua buah ini dikenal memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh tentu berdampak tidak baik bagi kesehatan. 

Almond

Dikutip dari Healthline, almond diperkaya akan lemak sehat, antioksidan, vitamin dan mineral. Antioksidan yang terkandung di dalam almond dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit dan mencegah kerusakan oksidatif. Almond juga merupakan buah sumber vitamin E yang diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan bahkan penyakit kanker. 

Tak hanya itu saja, berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institutes of Health yang melibatkan 100 wanita yang memiliki kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi almond dapat membantu menurunkan berat badan. Karena berbagai alasan itulah, kacang almond menjadi pilihan cemilan sehat yang terbaik untuk Anda konsumsi. 

Itulah beberapa camilan sehat yang bisa Anda konsumsi pada saat waktu senggang. Semoga bermanfaat!

(Foto courtesy of Luckybusiness©123RF.com)