Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gaun Emas yang Glamor Temani Laura Basuki Memegang Piala Citra 2020 Sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik

Sang aktris juga merupakan salah satu Duta Festival Film Indonesia tahun ini bersama dengan Reza Rahadian, Chicco Jerikho, dan Tissa Biani.

Gaun Emas yang Glamor Temani Laura Basuki Memegang Piala Citra 2020 Sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik
(Foto: Courtesy of @laurabas)

Malam penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman Indonesia, Festival Film Indonesia kembali digelar pada Sabtu, 5 November 2020 kemarin. Sebanyak 21 Piala Citra diberikan kepada para pelaku industri film Tanah Air atas kerja keras dan talenta yang berhasil menghadirkan serangkaian karya-karya film bagi para penikmatnya.

Tahun ini menjadi tahun yang bersejarah bagi industri dan ajang penghargaan tersebut, selain diadakan dengan protokol kesehatan yang ketat, Piala Citra tahun ini didominasi oleh kemenangan film arahan Joko Anwar yakni Perempuan Tanah Jahanam dengan membawa pulang enam Piala Citra dan mencatat film ini sebagai film horor pertama yang memenangkan kategori Film Cerita Panjang Terbaik di festival film tersebut.

Namun, selain merayakan kemenangan dan prestasi film yang melibatkan Tara Basro serta Marissa Anita tersebut, malam penghargaan tahun ini menjadi istimewa bagi aktris sekaligus model, Laura Basuki. Melalui perannya sebagai atlet bulutangkis perempuan Tanah Air, Susi Susanti dalam film Susi Susanti: Love All, Laura berhasil membawa pulang Piala Citranya sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun ini.

Laura, yang juga menjadi salah satu Duta Festival Film Indonesia tahun ini, menghadiri perhelatan akbar tersebut dalam gaun sheath dengan garis leher straight across berwarna emas yang menawan rancangan desainer Indonesia Yogie Pratama. Penampilannya pun disempurnakan dengan bagian depan rambut tertata rapi ke belakang dan sisanya dibiarkan terurai bergelombang, sepasang anting berwarna senada, serta tata rias yang sederhana dengan sentuhan berani pada bibirnya.

(Foto: Courtesy of @laurabas)
(Foto: Courtesy of @laurabas)

Ketika menerima Piala Citra keduanya, Laura mengungkapkan rasa terima kasih kepada Daniel Mananta serta Dion Wiyoko, produser dan lawan mainnya pada film biopik Susi Susanti tersebut. “Susi Susanti, peran ini akan terus melekat dalam diri saya karena dari beliau, saya belajar banyak sekali hal. Bagaimana ia mencintai negara ini, mencintai pekerjaannya, mencintai keluarganya. Menurut saya, ia adalah salah satu aset paling berharga yang Indonesia punya,” ungkap Laura Basuki atas sosok Susi yang ia kenal selama memerankannya.

Dalam kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun ini, terdapat lima aktris lain yang masuk dalam nominasi bersama Laura Basuki. Kelima aktris tersebut adalah Faradina Mufti (Guru-Guru Gokil), Jessica Mila (Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan), Putri Ayuda (Mudik), Tara Basro (Perempuan Tanah Jahanam), dan Ully Triani (Humba Dreams).

(Foto: Courtesy of @laurabas)
(Foto: Courtesy of @laurabas)

(Penulis: Vanessa Masli)