Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tak Selalu High Fashion, Kate Middleton Juga Sering Mengenakan Label High Street Berikut

Meski sang putri menyukai busana karya desainer, ia juga terlihat mengenakan beberapa label high street dari Inggris.

Tak Selalu High Fashion, Kate Middleton Juga Sering Mengenakan Label High Street Berikut

Pengaruh Kate Middleton terhadap gaya busana masyarakat Inggris tidak dapat diabaikan. The Kate Effect, sebuah nama yang disematkan kepada pengaruh Kate akan penjualan pakaian, menjadi sebuah fenomena. Sebuah riset yang dilakukan oleh sekolah fashion The Fashion Retail Academy pada Januari 2020 menemukan bahwa hampir sebagian dari responden (47,8 persen) memilih sang putri sebagai tokoh kerajaan yang paling berpengaruh terhadap gaya busana, melampaui Meghan Markle (20,1 persen) dan Sang Ratu (10 persen).

Salah satu bagian dari pengaruh Kate juga berasal dari kecintaannya dalam mengenakan pakaian dari label high street di Inggris, membuat gaya busananya tidak hanya menjadi inspirasi publik, tetapi gaya yang dapat mereka tiru. Kita semua tahu, sang putri adalah pecinta busana-busana mewah dan memiliki hubungan dekat dengan perancang-perancang ternama di Britania Raya, mulai dari Alexander McQueen hingga Emilia Wickstead, Elie Saab, dan Catherine Walker. Namun, ia juga menyukai berbagai label high street, mengenakan produk atau bahwa seluruh penampilannya dalam balutan Marks & Spencer, Topshop, Asos, dan Gap..

Sang putri mengenakan gaun keluaran Reiss dalam foto pertunangan resmi dengan Pangeran William.
Sang putri mengenakan gaun keluaran Reiss dalam foto pertunangan resmi dengan Pangeran William.

Mungkin bukan sebuah kejutan, kecintaan sang putri pada label high street terjalin sebelum dirinya menjadi bagian dari keluarga kerajaan, ketika ia kerap tertangkap kamera di pertandingan polo dan berbagai acara formal mengenakan gaun musim panas, denim, dan sepatu dari Zara dan Whistles, ketika berkencan dengan kini sang suami, Pangeran William. Ketika ia menerima lamaran sang pangeran, Kate berpose dalam balutan gaun Nannette berwarna putih dengan panjang lengan tiga perempat dan detail frill keluaran Reiss, pada foto pertunangannya tahun 2010 silam, memperkenalkan gaya busananya di kemudian hari.

Meski banyak yang mengira bahwa dirinya akan berpindah ke serangkaian busana mewah karya perancang ternama setelah resmi menyandang status istri, hal tersebut rupanya jauh dari kenyataan. Faktanya, ketika Kate keluar dari Istana Buckingham untuk berbulan madu, ia tertangkap kamera mengenakan gaun cornflower biru dari Zara. Selanjutnya, pada Mei 2011, sang putri kembali mengenakan gaun Shola berwarna cokelat, ketika Barack dan Michelle Obama berkunjung ke London. Menurut sumber, juru bicara dari Reiss mengonfirmasi sebanyak 20 buah gaun yang seharga 175 Poundsterling (setara dengan 3,3 juta rupiah) terjual habis, dua menit setelah foto pertemuan tersebut dipublikasikan. Laman resmi label fashion tersebut sempat crash akibat banyaknya orang yang mengakses laman untuk membeli gaun tersebut. Saat itu, label high street tersebut menyebutnya dengan Shola-mania.

Hal yang disebabkan Kate Middleton.
Hal yang disebabkan Kate Middleton.

Momen sang putri mengenakan label high street kembali berlanjut, setelah terlihat mengenakan gaun dari LK Bennett (salah satu label paling favorit) dan Hobbs untuk menghadiri kunjungan kerajaan. Pada 2015, ketika mengandung Putri Charlotte, sang putri bahkan terlihat membeli produk dari koleksi khusus wanita hamil milik Asos (atau meminta penata busananya untuk membeli), keluar dalam balutan busana polkadot dengan garis leher V dari label fashion daring ketika berkunjung ke Brookhill Children’s Centre milik Home-Start di Woolwich.

Pada 2016, Kate membawa label high street ke ranah internasional. Pada hari keempat kunjungan kerajaannya ke India dan Bhutan, ketika mendatangi desa agricultural Pan Bari di Taman Nasional Kaziranga, ia mengenakan gaun smock bermotif bunga dari Topshop seharga 75 Poundsterling (atau setara dengan 1,4 juta rupiah). Kemudian, pada hari keenam di Bhutan, sang putri mengenakan kemeja putih dari Jaeger ketika berjalan menuju Tiger’s Nest.

Sang putri mengenakan Topshop ketika pasangan Cambridge berkunjung ke India dan Bhutan.
Sang putri mengenakan Topshop ketika pasangan Cambridge berkunjung ke India dan Bhutan.

Ghost Su Scatter Heart Print Dress, Lainey Heart Scatter

Ghost Su Scatter Heart Print Dress, Lainey Heart Scatter

john

johnlewis.com

£49,50 (939.612 rupiah)

Jaeger Herringbone Work Shirt, Putih

Jaeger Herringbone Work Shirt, Putih

Jaeger

johnlewis.com

£69 (1.309.763 rupiah)

Cari Floral Smock Dress Pink

Cari Floral Smock Dress Pink

reiss.com

$185 (2.617.019 rupiah)

Filigree, Ball and Flower Earring Sets

Filigree, Ball and Flower Earring Sets

accessorize.com

£3,50 (66.437 rupiah)

Kecintaan Kate dalam memadukan produk rancangan desainer dengan label high street yang mudah dijangkau dalam satu penampilan telah berhasil menempatkannya dalam daftar penampilan terbaik selama beberapa tahun. Ketika sang putri menghadiri RHS Chelsea Flower Show pada September 2019, mengenakan gaun musim panas berwarna biru rancangan Emilia Wickstead (seharga 1635 Poundsterling atau setara dengan 31 juta rupiah) dipadukan dengan sepasang espadrille wedges keluaran Monsoon (seharga 48 Poundsterling atau setara dengan 911.139 rupiah) dan anting emas dari Accesorize (seharga 10 Poundsterling atau setara dengan 189.820 rupiah). Masyarakat menyadari bahwa meski mereka tidak dapat membeli sesuatu seperti gaun rancangan Emilia, setidaknya mereka dapat tampil seperti Kate dengan membeli anting emas dari Accesorize.

Sang putri padukan Emilia Wickstead dengan Accesorize dalam kunjungan ke RHS Chelsea Flower Show
Sang putri padukan Emilia Wickstead dengan Accesorize dalam kunjungan ke RHS Chelsea Flower Show

Mungkin senada dengan situasi yang terjadi tahun ini atau setidaknya memberikan bantuan label-label high street yang mengalami masa-masa sulit, Kate semakin sering terlihat mengenakan produk high street sejak masa awal pandemi COVID-19. Pasangan kerajaan terus aktif selama isolasi, menyebarkan berbagai inisiatif dan terus menjalani tugasnya secara digital, dengan pilihan busana yang lebih sederhana dalam setiap kegiatannya.

Ketika menghadiri gerakan Clap for Carers pada April 2020, sang putri berhasil meningkatkan penjualan untuk gaun ungu bermotif keluaran Ghost, yang juga tersedia di John Lewis dengan harga 129 Poundsterling (atau setara dengan 2,4 juta rupiah). Saat ia berbicara kepada siswa di Casterton Primary Academy melalui Zoom pada bulan April, sang putri mengenakan jumper kuning keluaran M&S; ketika, memimpin upacara sekolah secara virtual pada bulan Juni, ia mengenakan gaun bermotif keluaran M&S seharga 39,5 Poundsterling (setara dengan 749.792 rupiah); serta ketika berbincang dengan para sukarelawan dalam peringatan Volunteers’ Week, sang putri mengenakan anting keluaran Accesorize seharga lima Poundsterling (setara dengan 94.910 rupiah) yang dipadukan dengan kemeja anglaise broderie putih keluaran M.I.H Jeans seharga 255 Poundsterling (setara dengan 4,8 juta rupiah).

Sang putri beserta keluarga menghadiri Clap for Carers, dalam balutan gaun ungu dari Ghost.
Sang putri beserta keluarga menghadiri Clap for Carers, dalam balutan gaun ungu dari Ghost.

Kala Blouse Mono Rose
Kala Blouse Mono Rose

Kala

ghost.co.uk

£71,20 (1.351.524 rupiah)

Ditsy Floral V-Neck Midaxi Tea Dress
Ditsy Floral V-Neck Midaxi Tea Dress

marksandspencer.com

£69 (1.309.763 rupiah)

Superga 2750 Cotu, Classic Plimsolls, Putih
Superga 2750 Cotu, Classic Plimsolls, Putih

Superga

johnlewis.com

£44 (835.211 rupiah)

Pada musim panas kemarin, Kate menaikkan popularitas Faithfull the Brand, yang tersedia di Asos dan Urban Outfitters, ketika ia mengenakan gaun midi bermotif bunga rancangan label tersebut, ketika mengunjungi keluarga di East Anglia’s Children’s Hospice (EACH). Gaun ungu yang cantik, seharga £180 (setara dengan 3.416.774 rupiah) habis terjual.

Penampilan berikutnya pada bulan Agustus, Kate, melalui Zoom, mengumumkan pemenangan kompetisi fotografi bertajuk Hold Still, mengenakan gaun berwarna khaki dan hijau dengan motif bunga dilengkapi renda pada bagian tepi. Penggemar dibuat terkejut ketika mengetahii bahwa gaun tersebut berasal dari Zara, dan kabar bahagianya adalah, produk tersebut dijual dengan harga 10 Poundsterling (setara dengan 189.820 rupiah) saat diskon musim panas.

Pada bulan berikutnya, Kate memadukan sepasang sepatu olahraga Superga putih, sepatu yang sering dikenakan sang putri dengan celana panjang M&S berwarna merah muda dan kaus putih berwarna putih ketika bertemu dengan orang tuanya di Taman Battersea.

Sang putri mengenakan blus keluaran Ghost seharga £79 (setara dengan 1,4 juta rupiah) ketika menjalankan perannya pada Hari Veteran.
Sang putri mengenakan blus keluaran Ghost seharga £79 (setara dengan 1,4 juta rupiah) ketika menjalankan perannya pada Hari Veteran.

Baru-baru ini, pada bulan November, sang putri memperingati Hari Veteran dengan menghubungi para anggota militer beserta keluarga yang telah kehilangan orang tersayang ketika bertugas, melalui Zoom. Saat itu, Kate mengenakan blus satin berwarna putih gading dengan aksen kerah lebar keluaran Ghost, serta bunga poppy merah. Blus tersebut, yang tersedia di John Lewis, terjual habis dalam waktu singkat.

(Penulis: Ciara Sheppard; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)