Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

9 Drama Korea Baru di Desember untuk Sempurnakan Momen Tutup Tahun 2023

Sempurnakan momen libur akhir tahun Anda dengan menyaksikan drama Korea yang akan tayang disepanjang bulan ini!

9 Drama Korea Baru di Desember untuk Sempurnakan Momen Tutup Tahun 2023

Tak terasa kita sudah berada dipenghujung tahun 2023, itu berarti libur akhir tahun juga sudah di depan mata. Akan ada banyak hari bersantai di rumah, mari isi waktu luang dengan sembilan judul drama Korea yang dijadwalkan untuk tayang selama bulan Desember 2023. Are you ready to know the list?

Baca juga: 10 Drama Korea yang Harus Anda Tonton di November 2023

1. My Main is Cupid

Jang Dong Yoon & Nana drakor baru desember My man is cupid
(Foto: Courtesy of Amazon Prime)

Jadwal tayang: 1 Desember 2023 di Prime Video

My Man Is Cupid menceritakan kisah cinta antara seorang peri cinta dan seorang wanita manusia. Cheon Sang Hyuk (Jang Dong Yoon/Oasis) adalah seorang peri cinta yang kehilangan sayapnya dalam kejadian tragis 500 tahun lalu. Sejak saat itu, ia telah bermetamorfosis dan hidup sebagai manusia untuk mendapatkan kembali sayapnya. Pada suatu hari, Sang Hyuk bertemu dengan Oh Baek Ryun (Nana/Kill It) yang adalah seorang dokter hewan. Sayangnya, para pria yang mencoba menjalin hubungan asmara dengannya tiba-tiba mengalami kecelakaan supernatural. Kedua orang yang selalu sial dalam urusan percintaan ini pun merasa tertarik dengan satu sama lain, tetapi akankah takdir berpihak pada mereka?

2. Sweet Home 2

Song Kang, Lee Jin Wook, Go Min Si,  Lee Si Young drakor baru desember sweet home 2
(Foto: Courtesy of Instagram @netflixkcontent)

Jadwal tayang: 1 Desember 2023 di Netflix

Akhirnya yang dinanti-nantikan tiba! Setelah sukses dengan musim pertamanya, kini drama aksi yang dibintangi oleh nama-nama besar mulai dari Song Kang, Lee Jin Wook, Go Min Si, hingga Lee Si Young resmi kembali. 

Masih menyeritakan perjalanan para penghuni Apartemen Green Home, termasuk Cha Hyun Su (Song Kang) mereka masih bertarung melawan monster untuk meninggalkan markas mereka dan menjelajah dunia. Di sebuah stadion bisbol, para penyintas dari berbagai penjuru mulai hidup bersama. Mereka lalu diancam oleh monster di luar dan juga oleh keinginan mengerikan dari orang-orang di antara mereka.

3. Welcome to Samdalri

Shin Hye Sun & Ji Chang Wook drakor baru desember Welcome to Samdalri
(Foto: Courtesy of Instagram @jtbcdrama)

Jadwal tayang: 2 Desember 2023 di Netflix

Selepas menyapa penggemar setianya di drama See You in My 19th Life untuk Shin Hye Sun dan The Worst of Evil untuk Ji Chang Wook, kini dua aktor ini akan dipertemukan dalam sebuah drama berjudul Welcome to Samdalri yang dijadwalkan untuk tayang pada tanggal 2 Desember ini. 

Menceritakan kisah Jo Yong Pil (Chang Wook), ia bekerja sebagai peramal cuaca di pulau Jeju. Yong Pil sendiri terkenal sebagai orang yang tidak terkendali, terutama di dunia meteorologi. Ketika ia merasa benar, ia tak segan-segan mengutarakan pandangannya bahkan kepada atasannya sekali pun. Ia pertama kali ingin menjadi peramal cuaca setelah ibunya meninggal karena ramalan cuaca yang salah. Jo Yong Pil sendiri lahir dan besar di Samdalri, sebuah pulau yang berada di kawasan Jeju. Yong Pil juga memiliki teman masa kecil bernama Jo Sam Dal (Hye Sun). Mereka lahir di tahun yang sama dan tumbuh bersama di Samdalri. Meskipun mereka dekat selama bertahun-tahun, mereka malah berpisah. Mungkinkah keduanya dapat akur dan merasakan adanya benih-benih asmara di antara keduanya?

4. Night Has Come

drakor baru november night has come
(Foto: Courtesy of MyDramaList)

Jadwal tayang: 4 Desember 2023 di Viu

Mengangkat kisah seputar para siswa kelas 2  di SMA Yooil yang melakukan karyawisata, di sana mereka ternyata dipaksa untuk berpartisipasi dalam permainan mafia. Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup. Lee Yoon-Seo (Lee Jae In/Racket Boys) memiliki kemampuan observasi dan penalaran yang sangat baik, sedangkan Kim Joon Hee (Kim Woo Seok) adalah ketua kelas dengan rasa keadilan dan tanggung jawab yang kuat. Berbeda dengan Oh Jung Won (Choi Ye Bin/Penthouse), ia menempati peringkat pertama di sekolah secara akademis, tapi ia adalah orang buangan dan penyendiri. Untuk bertahan hidup, mereka semua harus saling bekerja sama dengan siswa lainnya.

5. Soundtrack 2

Keum Sae Rok & Noh Sang Hyun drakor baru Desember Soundtrack 2
(Foto: Courtesy of Instagram @disneypluskr)

Jadwal tayang: 6 Desember 2023 di Disney+

Setelah sukses dengan musim sebelumnya yang dibintangi oleh Park Hyung Sik dan Han So Hee, kini mini drama berjudul Soundtrack akan kembali dengan musim keduanya. Namun tidak lagi dengan pemeran terdahulunya, musim kedua ini akan menampilkan chemistry antara Keum Sae Rok (The Interest of Love) dan Noh Sang Hyun (Behind Every Star). 

Menceritakan kisah Hyun Seo (Sae Rok) dan Soo Ho (Sang Hyun) yang masih mahasiswa, mereka bertemu saat bermain untuk sebuah band musik sebagai vokalis dan keyboardis dan keduanya jatuh cinta. Selama bertahun-tahun, mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama. Setelah lulus, mereka mengalami tekanan dari kehidupan nyata dan melewati masa-masa sulit. Hal ini menyebabkan mereka akhirnya memutuskan untuk berpisah. Bertahun-tahun kemudian, Hyun Seo kini telah menyerah pada mimpinya dan sekarang bekerja sebagai guru piano. Sedangkan Soo Ho adalah seorang CEO yang sukses dan kaya. Keduanya akhirnya bertemu kembali. Akankah hubungan mereka dapat kembali bersemi?

6. Maestra: Strings of Truth

Kim Young-Jae & Lee Young Ae drakor baru maestraL strings of truth
(Foto: Courtesy of Instagram @tvn_drama)

Jadwal tayang: 9 Desember 2023 di Disney+

Tampaknya para aktor chungmuro (sebutan yang kerap diberikan kepada para aktor dan aktris veteran) mulai "turun gunung". Setelah bulan lalu Jung Woo Sung kembali ke layar kaca setelah 12 tahun hiatus dari proyek drama Korea, kini aktris senior Lee Young Ae yang siap menyapa para penggemarnya. 

Berperan sebagai Cha Se Eum, ia dulunya adalah seorang pemain biola tapi sekarang menjadi konduktor orkestra. Banyak yang iri dengan kesuksesannya, ternyata Se Eum memiliki rahasia, dan rahasia itu akan mengguncang hidupnya.

Sementara itu, kasus-kasus misterius terjadi di dalam orkestranya. Cha Se Eum kemudian menyelidiki kasus tersebut untuk menguak kebenaran. 

7. Death's Game

drakor baru desember death's game
(Foto: Courtesy of Instagram @tvn_drama)

Jadwal tayang: 15 Desember 2023 di Prime Video

Benar-benar bertabur bintang, mulai dari Seo In Guk, Park So Dam, Kim Ji Hoon, Choi Si Woon, Sung Hoon, Kim Kang Hoon, Jang Seung Jo, Lee Jae wook, Lee Do Hyun, Oh Jung Se, Ko Yoon Jung, hinnga Kim Jae Wook, para bintang papan atas Korea berkumpul dalam satu proyek drama bertajuk Death's Game. 

Ceritanya, Choi Yi Jae (Seo In Guk) tumbuh dalam latar belakang keluarga miskin, namun ia memiliki kepribadian yang cerdas dan baik hati. Setelah tujuh  tahun gagal mendapatkan pekerjaan yang layak, kini ia diliputi rasa putus asa yang membuatnya kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Yi Jae berpikir semuanya akan berakhir setelah mengambil nyawanya sendiri, tapi, setelah kematiannya, ia justru menghadapi makhluk Kematian (Park So Dam) yang berdiri di depan gerbang Neraka. Ia kemudian diberi hukuman mengalami kematian 12 kali lebih banyak melalui tubuh yang berbeda. Dan bila ia ingin menghindari Neraka, ia harus bertahan hidup, apapun yang terjadi.

8. Like Flowers in Sand

Jang Dong Yoon drakor baru Like Flowers in Sand
(Foto: Courtesy of Instagram @channel.ena.d)

Jadwal tayang: 20 Desember 2023 di Netflix

Akan menyapa penggemar lewat dua drama sekaligus yaitu My Man is Cupid dan Like Flowers in Sad, Jang Dong Yoon di drama ini akan berperan sebagai Kim Baek Doo yang berpartisipasi dalam olahraga gulat tradisional Korea ssireum dan merupakan anggota tim ssireum untuk Kantor Wilayah Geosan. Dulunya ia dikenal sebagai pegulat jenius seperti ssireum, namun sekarang tidak lagi. 

Suatu hari, Baek Doo bertemu teman masa kecilnya Oh Yoo Kyung (Lee Joo Myoung/Twenty Five Twenty One) dan mengalami titik balik dalam kehidupan ssireumnya. Oh Yoo Kyung dan Kim Baek Doo memiliki histori yaitu tumbuh bersama di Kabupaten Geosan. Ia kemudian mulai bekerja sebagai pemimpin tim manajemen untuk tim ssireum, yang berada di ambang pembubaran.

9. Gyeongseong Creature

Han So Hee & Park Seo Joon drakor baru desember gyeongseong creature
(Foto: Courtesy of Instagram @netflixkcontent)

Jadwal tayang: 22Desember 2023 di Netflix

Akhirnya kita bisa melihat chemistry antara dua aktor yang namanya sedang naik daun tahun ini yaitu Park Seo Joon dan Han So Hee! Akan dipertemukan dalam sebauh drama orisinal persembahan Netflix, drama ini berlatar pada tahun 1945, di sebuah kawasan bernama Gyeongseong (nama lama dari kota Seoul), Korea Selatan.

Jang Tae Sang (Seo Joon) adalah orang kaya. Ia dikenal sebagai pria paling menarik di sekitar Bukchon, Gyeongseong. Ia juga merupakan sumber informasi terpercaya di sekitar area tersebut. Bakatnya, termasuk kemampuan bereaksi cepat terhadap situasi, memiliki wawasan yang tajam dan mudah bergaul, telah membawanya ke posisi suksesnya saat ini. 

Sedangkan Yoon Chae Ok (So Hee) terkenal sebagai todugun (orang yang memiliki kemampuan untuk menemukan orang hilang). Saat masih kecil, ia melakukan perjalanan antara Manchuria hingga Shanghai, Tiongkok bersama ayahnya. Hidupnya tidak mudah dan saat itu ia belajar bagaimana bertahan hidup. Suatu hari ibunya hilang dan itu telah berlalu selama 10 tahun. Untuk menemukan ibunya, Chae Ok kemudian berkunjung ke Gyeongseong. Di sana, ia bertemu dengan Jang Tae Sang. Keduanya pun akhirnya mengikuti serangkaian kasus orang hilang yang misterius dan menemukan kenyataan yang mengerikan.

Baca juga:

6 Aktor Korea Pendatang Baru dengan Gaya Fashion yang dapat Anda Tiru!

17 Fakta dari Sosok Ji Chang Wook, Raja Laga Korea Selatan

(Layout: Janice Mae; Foto: Courtesy of Netflix, AsianWiki, MyDramaList, Prime Video, Disney+,Viu)