Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua Hal yang Anda perlu Tahu Seputar Gua Sha

Praktik kuno dengan manfaat modern.

Semua Hal yang Anda perlu Tahu Seputar Gua Sha
Courtesy of Bazaar UK

Pertama kali dimulai dengan kemunculan jade roller yang diklaim memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit dan juga daya tarik terapeutik.

BACA JUGA: Tipe Batu Gua Sha yang Sesuai dengan Kepribadian Anda

Namun, bagi mereka yang ingin memperluas perawatan diri secara holistik ke dunia seni pahat dengan cepat beralih ke gua sha: terapi Tiongkok kuno yang sulit diucapkan (secara pelafalan, gwa-sa), namun ternyata sangat mudah dipahami.

Gua sha dengan cepat menjadi mainstream: dengan banyaknya dukungan dari para selebriti. Salah satunya dari Kendall Jenner.

"Saya menyukai gua sha saya," ujarnya kepada kami dalam sebuah wawancara baru-baru ini; begitu juga Brooke Shields dalam video yang viral di media sosial.

Bahkan, penelitian terbaru dari The Body Shop baru saja menyebutkan 12 tren 'SkinTok' terpopuler dari tahun 2023 yang menempatkan gua sha di peringkat ketiga.

Apa itu gua sha?

"Gua sha secara harfiah dapat diartikan sebagai 'menggosok pasir'," jelas Ada Ooi, ahli kecantikan dan pendiri 001 Skincare. Teknik ini berasal dari Tiongkok kuno, dan melibatkan pengikisan otot-otot di sepanjang meridian tubuh yang berbeda, dengan menggunakan batu kecil bermata halus.

Perawatan tubuh tradisional yang intens, yang meninggalkan tanda merah tebal di seluruh kulit, kini telah berevolusi menjadi terapi wajah yang lebih lembut dan terapeutik, yang terkenal dengan manfaat contouring-nya.

MZ Skin, Rose Quartz Gua Sha

Courtesy of Bazaar UK

Odacite, Crystal Contour Gua Sha

Courtesy of Bazaar UK

Skin Gym, Rose Quartz Gua Sha Heath Sculpty

Courtesy of Bazaar UK

Bagaimana gua sha bekerja?

Menurut Ada, gerakan tegas dan menyapu yang digunakan dalam terapi gua sha berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi, yang dapat memberikan banyak manfaat bagi wajah.

"Jika dikombinasikan dengan teknik lain seperti lymphatic drainage, gua sha juga dapat meningkatkan kontur wajah Anda, atau mengurai penyumbatan dan memperbaiki asimetri wajah yang disebabkan oleh kebiasaan buruk dan keselarasan tubuh yang tidak teratur," katanya.

Sejauh ini, sangat menarik, tetapi apakah pijat wajah gua sha benar-benar dapat memenuhi janji yang begitu besar?

Terlepas dari asal-usul terapi ini yang kuno, penelitian modern memberikan banyak dukungan untuk manfaatnya, terutama dalam hal pemulihan otot, penanganan nyeri, dan sirkulasi mikro pada kulit.

Nurse Jamie, Beauty Blade Deep Massaging Tool

Courtesy of Bazaar UK

001 Skincare, The Microsculptor - Three Slopes

Courtesy of Bazaar UK

Clarins, Precious L'Outil 3-in-1 Facial Massage Tool

Courtesy of Bazaar UK

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa terapi gua-sha meningkatkan sirkulasi mikro di permukaan kulit hingga empat kali lipat, serta mengurangi keketatan otot dan rasa sakit. 

Peningkatan aliran darah di wajah berarti peningkatan nutrisi dan oksigen, yang pada akhirnya akan membuang racun dan membuat kulit lebih sehat.

Aliran darah yang meningkat inilah yang membuat gua sha menjadi perawatan yang sangat baik untuk wajah dan tubuh. 

Berbagai macam kondisi kulit diyakini berkaitan dengan sistem yang lamban dan aliran getah bening yang tersumbat. Maka dari itu racun yang terperangkap di lorong yang tersumbat akan keluar dari tubuh dengan cara lain, yang berpotensi menyebabkan infeksi kulit dan jerawat. Dengan membuat sistem limfatik bergerak kembali, gua sha memungkinkan limbah berlebih untuk dibuang.

Jadi, meskipun ada klaim bahwa gua sha dapat mengurangi keriput dalam jangka panjang harus disikapi dengan waspada, tampaknya batu-batu halus ini berpotensi menghasilkan kulit yang lebih sehat sekaligus meringankan otot-otot yang mengkerut secara kronis.

Gua sha atau jade roller? Manakah yang terbaik?

Tentu saja, jika sudah ada jade roller (atau amethyst, atau rose quartz) yang terletak di rak perawatan kulit Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda benar-benar perlu berinvestasi pada alat gua sha.

Menurut konsultan kesehatan David Petrusich, alat mana yang akan Anda pilih tergantung pada preferensi Anda terhadap metode perawatan. 

"Rol wajah bisa menjadi pilihan yang jauh lebih nyaman dan cepat untuk menstimulasi aliran darah dan mengeringkan bengkak, sementara gua sha dapat membantu pengguna membawa aliran alami pada rutinitas mereka, bekerja pada tingkat yang lebih dalam sambil menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati ritual perawatan kulit."

Jadi, jade roller dapat menjadi alat penghilang bengkak dengan cepat, terutama ketika baru dikeluarkan dari lemari es. Tetapi gua-sha memungkinkan untuk memberikan tekanan yang lebih presisi, tekanan yang lebih kuat, dan manfaat yang lebih dalam.

Meskipun ia setuju bahwa rol wajah menawarkan stimulasi darah dan pijatan yang lembut, Ada menganggap alat ini terbatas dalam hal memanipulasi struktur wajah. 

"Alat gua sha telah dirancang dalam berbagai bentuk, dan Anda bisa memilihnya tergantung pada hasil yang Anda inginkan," jelasnya.

"Contohnya, alat yang lebih besar dengan bentuk seperti kipas, paling baik digunakan untuk menargetkan pipi. Alat yang lebih kecil dengan ujung runcing berguna untuk presisi di sekitar mata dan bibir." Ia juga menyarankan untuk menggunakan gua sha di sekitar telinga: "Area ini kaya akan titik meridian, dan terasa sangat menenangkan."

Ada sendiri lebih suka menggunakan batu yang lebih berat, karena tidak memerlukan tenaga yang besar untuk mendapatkan tekanan yang memadai, dan dapat menjangkau lebih dalam ke jaringan. "Tepi batu juga merupakan faktor penting: tepi yang berangsur-angsur ramping bisa masuk ke bawah struktur muskuloskeletal dan menawarkan kontrol yang lebih dalam," paparnya.

Cara menggunakan gua sha di rumah

Meskipun efek menajamkan tulang pipi yang intens dari gua sha mungkin lebih baik diserahkan kepada ahli kecantikan profesional, Anda tetap mendapatkan manfaat terapi ini di rumah. 

Anda perlukan hanyalah sebuah alat, sebagian besar yang ada di pasaran saat ini terbuat dari rose quartz atau batu giok, serta minyak pilihan Anda untuk melapisi bagian bawahnya.

Kami menyukai Murad Multi-Vitamin Infusion Oil yang luks, yang menargetkan tanda-tanda penuaan dan mencerahkan kulit

Pai Skincare, Rosehip BioRegenerate Oil

Courtesy of Bazaar UK

Sunday Riley, Juno Antioxidant + Superfood Face Oil

Courtesy of Bazaar UK

Eve Lom,  Radiance Face Oil

Courtesy of Bazaar UK

Murad, Multi-Vitamin Infusion Oil

Courtesy of Bazaar UK

"Pertama-tama, jangan merasa terintimidasi," kata Ada. "Anda hampir tidak bisa membuat 'sha' (tanda merah) saat melakukan gua sha di wajah." Ia mengibaratkan hasil perawatan di rumah yang dialiri oksigen seperti kulit yang bersinar setelah berolahraga.

Berlawanan dengan anggapan umum, gua sha biasanya tidak boleh disimpan di lemari es, karena tujuannya adalah untuk membiarkan pembuluh darah mengembang dan mengalir, bukannya menyempit.

Seberapa sering gua sha digunakan?

Kunci untuk melihat hasil yang lebih cepat adalah konsistensi dalam latihan Anda. David menyarankan untuk menggunakan gua sha Anda sekali sehari selama dua hingga lima menit, untuk membuat perbedaan terbesar dari waktu ke waktu. 

"Jika Anda tidak dapat berkomitmen pada waktu tersebut, Anda masih akan melihat perbedaannya, hanya saja mungkin tidak akan bertahan lama," katanya.

BACA JUGA:
Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Jade Roller, Menurut Sang Ahli
Ketahui Manfaat Face Oil untuk Wajah

(Penulis: Roberta Schroeder dan Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)