Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Tak hanya sebagai teman, hewan peliharaan dapat memiliki manfaat bagi pemiliknya!

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan
Courtesy of Pexels

Banyak yang memiliki hewan peliharaan, dimulai dari anjing, kucing bahkan ikan hias. Tapi, tahukah Anda bahwa memelihara hewan memiliki manfaat dari segi mental maupun fisik?

Simak 5 manfaat memelihara hewan berikut ini.

BACA JUGA: Melihat Potret Unik Bersama Hewan yang Warnanya Senada dengan Tren Spring Summer 2021

1. Sebagai emotional support

Saat Anda berada di masa-masa yang getir dan penuh akan tekanan, memiliki hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Tentunya hal ini didukung oleh riset. 

Harold Herzog Ph.D, profesor dari Universitas Western Carolina. Mengungkapkan bahwa mood akan membaik, ketika Anda berinteraksi dengan hewan peliharaan. Dan efek ini berlangsung secara cepat. 

2. Bagi anak-anak, hewan peliharaan dapat membantu proses belajar

Belajar ditemani oleh hewan peliharaan (sebagian besar kucing dan anjing) dapat membuat proses belajar lebih menarik. Bahkan, Mary Renck Jalongo Ph.D, profesor di Universitas Indiana, menyarankan untuk membaca buku dengan hewan peliharaan, terutama bagi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar. 

3. Mengurangi rasa kesepian

Manfaat ini sangat terlihat pada kaum senior. Sebuah riset dari Universitas Rochester menampilkan, individu yang berumur 60 tahun lebih dan memiliki hewan peliharaan, memiliki tingkat kesepian yang lebih rendah daripada individu yang tidak.

Ini dikarenakan hewan dapat menjadi jembatan untuk membangun pertemanan dan interaksi sosial lainnya. 

4.Hewan dapat membantu penderita ADHD

ADHD adalah Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. Dalam bahasa Indonesia, sering disebut dengan gangguan mental berupa perilaku impulsif dan hiperaktif. Sebuah penelitian menemukan bahwa anjing dapat membantu anak-anak yang menderita ADHD. Melalui kehadiran anjing terapi, anak-anak menunjukkan kemampuan sosial serta lebih terbuka untuk berbagi. 

5. Membuat Anda lebih giat berolahraga

Memiliki hewan yang aktif seperti anjing dapat mendorong Anda untuk lebih rajin berolahraga. Kegiatan seperti dog-walking, dapat meningkatkan kekuatan jantung, merendahkan tekanan darah, dan memperkuat otot serta tulang. 

Courtesy of Pexels

Perlu diketahui, manfaat ini tentu dapat dirasakan jika Anda memilih hewan peliharaan yang sesuai dengan Anda.

Tadi sudah kami berikan manfaat mempunyai anabul di rumah. Sekarang simak faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih hewan peliharaan?

Jenis tempat tinggal. Dalam memilih hewan, faktor ini perlu dipikirkan. Jika Anda tinggal di dalam rumah, maka dapat memilih hewan peliharaan yang lebih besar dan aktif. Tetapi, jika Anda tinggal di apartemen ataupun kos-kosan, sebaiknya memilih hewan yang berukuran kecil. 

Waktu. Memiliki dan merawat hewan memerlukan tenaga dan waktu. Anda harus mempertimbangkan bahwa Anda cukup akan hal itu. Evaluasi juga waktu Anda saat berada di rumah. Jika waktu lebih banyak dihabiskan saat di luar rumah, sebaiknya jangan memelihara hewan yang dapat merasakan kesepian seperti anjing. 

Diskusikan dengan orang di rumah. Sebelumnya, pastikan bahwa orang yang tinggal bersama Anda setuju dengan keputusan Anda. Serta, pastikan apakah mereka memiliki alergi terhadap hewan yang akan Anda pelihara.

Biaya. Setiap jenis hewan memerlukan biaya untuk membeli keperluan sehari-hari. Misalnya ikan hias, yang membutuhkan akuarium serta pakan. Anjing dan kucing membutuhkan vaksin dan perawatan rutin guna menjaga kesehatan mereka. Ada lagi jenis anabul yang memerlukan ruangan dingin agar bulunya tumbuh dengan baik. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan kemampuan finansial dengan hewan yang nantinya akan Anda pelihara. 

BACA JUGA:
10 Tempat Wisata di Indonesia Bagi Para Pencinta Hewan
Raline Shah Menghabiskan Waktu di Kebun Binatang Eksklusif Fame Park Dubai Bersama Hewan Eksotis