Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alur Waktu Putri Catherine Middleton Memakai Tiara

Tentunya ia menyimpan perhiasaan istimewa ini untuk acara kerajaan terbesarnya.

Alur Waktu Putri Catherine Middleton Memakai Tiara
Courtesy of Bazaar US

Kate, Princess of Wales, memamerkan perhiasan yang diperolehnya sebagai seorang bangsawan. Namun ia memilih untuk menyimpan tiara hanya untuk acara-acara yang paling eksklusif.

BACA JUGA: Tampilan Menyambut  Natal Ala Kate Middleton

Anggota kerajaan senior ini terlihat mengenakan beberapa tiara yang bermakna pada beberapa acara khusus, yaitu pada jamuan kenegaraan, resepsi diplomatik tahunan, dan pada hari pernikahannya. 

Ia diharapkan juga mengenakannya pada penobatan Raja Charles III, sesuai dengan etiket kerajaan, tetapi ia memilih untuk mengenakan laurel headpiece untuk acara tersebut.

Kecuali pada hari pernikahan, tiara hanya dapat dikenakan setelah pukul 17.00. Serta dipinjamkan seumur hidup kepada anggota kerajaan, yang mendapatkan akses eksklusif ke satu atau beberapa tiara, berdasarkan pilihan raja.

Berkat mendiang Ratu Elizabeth II, yang memiliki total 20 tiara, Kate saat ini memiliki tiga tiara yang dipinjamkan: Cartier Halo, Cambridge Lover's Knot, dan Lotus Flower. Ia telah mengenakan ketiga hiasan kepala berhiaskan permata ini untuk acara-acara kerajaan yang paling formal, memadukannya dengan gaun dan aksesori yang sama glamornya.

Selanjutnya, lihat semua momen tiara Putri Kate selama bertahun-tahun.

1.
29 April 2011

Courtesy of Bazaar US

Sesuai dengan tradisi kerajaan, Putri Kate mengenakan tiara untuk pertama kalinya pada pernikahannya dengan Pangeran William. Ia memasangkan Cartier Halo Tiara dengan gaun pengantin Alexander McQueen yang anggun untuk upacara pernikahannya yang diadakan di Westminster Abbey.

2.
29 April 2011

Courtesy of Bazaar US

Acara ini menandai pertama kalinya, dan sejauh ini satu-satunya, anggota kerajaan mengenakan tiara tersebut.

3.
20 Oktober 2015

Courtesy of Bazaar US

Untuk resepsi kenegaraan pertamanya di Istana Buckingham, Kate memilih Tiara Lotus Flower yang dipasangkan dengan gaun Jenny Packham berwarna merah. Pada acara tersebut, ia menyambut presiden Tiongkok, Xi Jinping dan istrinya, Nyonya Peng Liyuan.

4. 
8 Desember 2015

Courtesy of Bazaar US

Untuk resepsi diplomatik tahunan, resepsi tahunan terbesar yang diadakan di Istana Buckingham, Kate memilih Lover's Knot Tiara, salah satu favorit Putri Diana. Ia memadukan permata tersebut dengan gaun renda berwarna biru es dari Alexander McQueen.

Dikenal juga dengan nama Lover's Knot Tiara milik Ratu Mary, perhiasan ini awalnya dipesan oleh Ratu Mary pada awal abad ke-20 untuk meniru desain Cambridge Lover's Knot Tiara berusia 200 tahun, yang dimiliki oleh neneknya, Putri Augusta of Hesse-Kassel.

5. 
8 Desember 2016

Courtesy of Bazaar US

Untuk resepsi diplomatik tahunan di tahun berikutnya, Kate juga mengenakan Lover's Knot Tiara, kali ini dipasangkan dengan gaun renda merah.

6.
12 Juli 2017

Courtesy of Bazaar US

Sang putri terlihat mengenakan Lover's Knot Tiara lagi dalam perjalanan pulang dari perjamuan kenegaraan di Istana Buckingham di tengah kunjungan kenegaraan Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol.

Kemudian pada bulan Desember, ia mengenakan permata ini lagi untuk resepsi diplomatik tahun ini di Istana Buckingham.

Pada kedua kesempatan tersebut, ia mengenakan tiara dengan tatanan yang elegan dan memadukannya dengan kalung berlian dan sepasang anting-anting berlian dan mutiara yang sama.

7.
23 Oktober 2018

Courtesy of Bazaar US

Kerajaan memasangkan Lover's Knot Tiara dengan gaun berwarna biru untuk perjamuan kenegaraan di Istana Buckingham untuk menghormati Raja Willem-Alexander dan Ratu Máxima dari Belanda selama masa tinggal mereka selama dua hari di London.

8. 
4 Desember 2018

Courtesy of Bazaar US

Dalam pertunangan lainnya di bulan berikutnya, Kate mengenakan Lover's Knot Tiara untuk resepsi malam hari bagi para anggota korps diplomatik di Istana Buckingham. Kali ini ia memadukan permata tersebut dengan gaun putih yang memukau, berhiaskan payet, dan anting-anting bertahtakan berlian dan mutiara.

9.
3 Juni 2019

Courtesy of Bazaar US

Kate memilih Lover's Knot Tiara andalannya sekali lagi untuk perjamuan kenegaraan Amerika Serikat, di mana ia mengenakan permata tersebut bersama anting-anting pinggiran safir dan berlian milik sang Ibu Suri, serta selempang berwarna merah jambu dan biru yang melambangkan gelar barunya sebagai Dame Grand Cross of the Royal Victorian Order.

10. 
11 Desember 2019

Courtesy of Bazaar US

Selama tiga tahun berturut-turut, sang ratu mengenakan Lover's Knot Tiara pada resepsi diplomatik tahunan, memadukan permata tersebut dengan gaun Alexander McQueen lengan panjang berwarna hitam, kalung berlian, dan anting-anting lampu gantung berlian.

11. 
22 November 2022

Courtesy of Bazaar US

Kerajaan memadukan Lover's Knot Tiara dengan gaun berjubah Jenny Packham putih serta anting-anting mutiara untuk perjamuan kenegaraan pertama Raja Charles III sebagai raja. Acara ini juga merupakan penghormatan atas kunjungan presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, dan menandai pertama kalinya Kate mengenakan tiara sejak menjadi Putri Wales.

12. 
6 Desember 2022

Courtesy of Bazaar US

Sang putri memperkenalkan kembali Lotus Flower Tiara untuk pertama kalinya sejak tahun 2015, saat resepsi korps diplomatik di Istana Buckingham, memasangkan permata tersebut dengan gaun Jenny Packham berwarna merah yang memesona.

13.
21 November 2023

Courtesy of Bazaar US

Kate menghadiri jamuan makan malam kenegaraan di Istana Buckingham untuk menyambut presiden dan ibu negara Republik Korea dengan mengenakan Strathmore Rose Tiara, sebuah mahkota bertatahkan berlian yang dulunya adalah milik Ibu Suri. 

Media mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya perhiasan tersebut dikenakan di depan umum dalam hampir satu abad, dan Ibu Suri terakhir kali memakainya pada tahun 1930-an.

BACA JUGA:
Putri Kate Tampil Memukau dengan Setelan Ungu yang Berani
Simak Perbandingan Aktor dalam Seri Netflix "The Crown" dengan Pangeran William dan Kate Middleton

(Penulis: Sabrina Park dan Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)