Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Berpenampilan Elegan Bagi Kaum Pria!

Dimulai dari tips memilih pakaian, sampai cara memadukan warna!

Cara Berpenampilan Elegan Bagi Kaum Pria!
Courtesy of Pexels

Maraknya tren quite luxury membuat banyak orang sadar, bahwa berpakaian dengan penuh logo serta styling yang urak-urakkan bukanlah cara terbaik untuk menunjukkan kedewasaan. Permintaan untuk gaya pakaian yang lebih rapi dan elegan terus meningkat karenanya.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Clutch Pria yang Cocok Dipakai Kerja

Berikut seputar gaya elegan untuk pria, dan saran untuk dapat diaplikasikan langsung oleh Anda!

Pertama, apa itu penampilan yang elegan?

Sebenarnya definisi penampilan elegan itu beragam antar individu. Tetapi, ada dua hal yang disetujui.

Pertama, busana yang dikenakan memiliki ukuran yang sesuai dengan pemakai. Kedua, ketika busana tersebut dipadukan dengan busana yang lainnya, busana tersebut saling terkoordinasi. Bersatu secara dinamis dan rapi.

Lalu, busana apa saja yang menyerukan elegansi?

Umumnya, kata elegan kerap dikaitkan dengan ansambel formal, seperti jas, tuxedo, dan kemeja. Tetapi, di saat ini, semuanya sudah bergeser. Beberapa busana seperti sweter, kaus, dan celana chino, dapat membangun gaya elegan (jika digunakan dengan tepat).

Courtesy of Pexels

Mulai dari mana?

1. Kurasi pakaian klasik Anda

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan pakaian yang berkualitas, terutama pada beberapa pakaian klasik.

Pakaian klasik yang dimaksudkan ialah kaus, kemeja, celana chino, dan jeans. Semuanya yang kerap dipakai dalam sehari-hari. 

Kaus: Usahakan memilih kaus yang memiliki ketebalan cukup sehingga tidak tembus pandang. Lalu, pilihlah kaus yang memiliki tingkat kelenturan yang baik, dan tetap sejuk ketika dipakai. 

Kemeja: Miliki beberapa kemeja untuk beberapa acara. Hindari menggunakan kemeja formal (kemeja yang disandangkan dengan jas) untuk hang-out, begitu pula sebaliknya. Jangan gunakan kemeja dengan potongan santai untuk ke acara formal. 

Celana chino: Usahakan memilih bahan yang lightweight mengingat iklim di Indonesia, selalu pilih celana dengan belt loops. 

Sweater: Perhatikan rajutan bagian leher, lengan, dan hemline. Jika rajutan-nya terlihat melar, maka itu bukanlah sweter yang baik.

Jeans: Pilihlah jeans dengan bahan yang berat, dan memiliki double stitching di setiap potongannya. 

Courtesy of Pexels

2. Investasi pada aksesori

Pakaian saja tidak cukup, dibutuhkan pula aksesori untuk menambah aksen elegan pada penampilan Anda. Setidaknya ada dua yang terpenting, serta harus ada: tali pinggang dan jam tangan.

Tali pinggang: Usahakan memiliki tali pinggang dari kulit, dengan gesper frame persegi. Hindari tali pinggang yang terbuat dari kain, ataupun memiliki banyak aksen metalik pada badannya.

Jam tangan: Investasi pada jam tangan yang memiliki desain tradisional, dengan strap dari kulit ataupun besi. Sesuaikan ukuran jam tangan dengan pergelangan tangan Anda

3. Susun ansambel Anda dengan warna yang sesuai

Pilihan terbaik: Gabungan antar warna netral memanglah cocok untuk segala penampilan, termasuk untuk penampilan elegan. Anda bisa menggabungkan warna hijau olive dengan coklat tanah. Lalu warna biru dongker dengan putih, coklat sedang dengan biru terang, dan si klasik hitam putih. 

Usahakan tidak lebih dari tiga warna: Jika Anda belum piawai dalam menggabungkan warna, sebaiknya tidak menggabungkan warna lebih dari tiga. Sebab ini dapat mempersulit mendapatkan keselarasan pada busana yang Anda pakai. 

4. Jangan lupa untuk menata rambut

Berbusana rapi tidak cukup, perlu juga ditambahkan dengan melakukan grooming, termasuk diantaranya menata rambut Anda. Ada beberapa model rambut yang modis yang dapat Anda aplikasikan. Namun, untuk berpenampilan elegan, pilihlah gaya rambut seperti comma hair, buzz cut, dan quiff. 

BACA JUGA:
Lihat 5 Rekomendasi Tas Pria High-End Favorit Bazaar!
7 Model Jam Tangan Sport Pria Favorit Bazaar

(Foto: Courtesy of Pexels)