Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Reaksi Ratu Elizabeth II terhadap Kematian Putri Diana?

Musim keenam dari The Crown merekonstruksi peristiwa kecelakaan tragis mendiang Putri Diana.

Bagaimana Reaksi Ratu Elizabeth II terhadap Kematian Putri Diana?
Courtesy of Bazaar US

Kematian Putri Diana pada tahun 1997 mengirimkan gelombang kejut di seluruh dunia. Sekarang, The Crown mencakup peristiwa menghancurkan tersebut dalam musim keenamnya, termasuk bagaimana Ratu Elizabeth II dan seluruh keluarga kerajaan merespons setelah menerima berita tersebut.

BACA JUGA: Simak Perbandingan Aktor dalam Seri Netflix "The Crown" dengan Pangeran William dan Kate Middleton

Tony Blair, yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris, menyebut Diana sebagai "putri rakyat" ketika memberikan penghormatan beberapa hari setelah kematiannya, seperti yang dicatat oleh Smithsonian Magazine. Gelar itu melekat, dan sejak itu Diana dikenal dengannya.

Ratu, bagaimanapun, tidak langsung memberikan komentar mengenai meninggalnya Diana, ia meninggalkan publik bertanya-tanya bagaimana perasaannya yang sebenarnya terhadap kematian putri tersebut. Di sini, kami akan menjelajahi bagaimana Ratu Elizabeth merespons kematian Putri Diana.

Bagaimana reaksi Ratu ketika mengetahui Diana telah meninggal?

Putri Diana meninggal setelah mengalami kecelakaan mobil di terowongan Pont de l'Alma di kota Paris pada 31 Agustus 1997. Meskipun ia selamat dari kecelakaan itu sendiri, Diana meninggal akibat luka-luka setelah dilarikan ke Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press. Tentu saja, dunia dengan penuh antusias menunggu komentar dari keluarga kerajaan, tetapi Ratu Elizabeth tetap bungkam selama beberapa hari setelah tragedi tersebut.

Courtesy of Bazaar US

 

Ketika Ratu gagal merilis pernyataan dalam beberapa hari pertama setelah kematian Diana, masyarakat umum menjadi marah, seperti yang diingatkan oleh The Washington Post. Monarki tersebut tetap tidak terlihat di propertinya di Balmoral, Skotlandia, bersama dengan anggota lain dari keluarga kerajaan, termasuk putra-putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry. Menurut The Post, warga Inggris kesal karena peti mati Diana berada di Istana St. James di London sementara keluarga kerajaan berada di tempat lain. Tetapi tampaknya absennya anggota keluarga kerajaan memiliki alasan yang penting.

Kemudian, Elizabeth akan mengungkap bahwa ia telah menghabiskan waktu dengan cucunya setelah kematian mendadak dan tidak terduga ibu mereka. "Minggu ini di Balmoral, kami semua mencoba membantu William dan Harry mengatasi kehilangan yang menghancurkan ini yang mereka dan kita semua alami," katanya dalam pidato pada 5 September, lima hari setelah kematian Diana, seperti yang dijelaskan oleh situs web keluarga kerajaan.

Dalam wawancara dengan CNN pada tahun 2012, sepupu pertama Ratu, Margaret Rhodes, mengonfirmasi keinginan monarki untuk tetap berada di Balmoral, mengatakan, "Ia menjadi nenek yang baik. Apa gunanya membawa anak-anak laki-laki turun ke London hanya untuk duduk di sana merasa sedih tentang ibu?" Musim keenam dari The Crown menggambarkan keinginan Elizabeth untuk menghabiskan waktu dengan cucunya di Balmoral, daripada kembali ke London terlalu cepat. Namun, seperti yang juga dicatat dalam acara tersebut, rasa tanggung jawab monarki membuatnya harus kembali ke Istana Buckingham untuk memberikan penghormatan kepada Diana secara publik.

Apa yang dikatakan Ratu tentang kematian Putri Diana?

Setelah kematian Diana, masyarakat umum ingin mendengar pendapat Ratu Elizabeth. Ratu akhirnya menyampaikan pidato televisi pada 5 September mengenai Putri Wales. "Pertama, saya ingin memberikan penghormatan kepada Diana sendiri," ujarnya.

"Ia adalah manusia yang luar biasa dan berbakat. Baik dalam keadaan baik maupun buruk, ia tidak pernah kehilangan kemampuannya untuk tersenyum dan tertawa, juga untuk menginspirasi orang lain dengan kehangatan dan kebaikannya. Saya mengagumi dan menghormatinya untuk energinya dan komitmennya kepada orang lain, dan terutama untuk dedikasinya kepada kedua anaknya."

Selain berjanji untuk mendukung putra-putra Diana, ratu juga memberikan penghormatan kepada ingatan putri tersebut dan dampak yang dimilikinya terhadap dunia. "Tidak seorang pun yang mengenal Diana akan pernah melupakannya," katanya. "Jutaan orang lain yang tidak pernah bertemu dengannya, tetapi merasa mereka mengenalnya, akan mengingatnya. Saya sendiri yakin ada pelajaran yang dapat diambil dari hidupnya dan dari reaksi luar biasa dan mengharukan terhadap kematiannya. Saya bersama Anda dalam tekad untuk menghargai kenangannya."

BACA JUGA: 

Ya, Pangeran Harry Akui Menonton Serial Netflix The Crown

Musim 6 "The Crown", Apa yang Kami Ketahui Sejauh Ini?

(Penulis: Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)