Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Melihat Aurora Borealis

Tromsø, Norwegia adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora borealis, dengan berbagai ekskursi di darat dan fjord.

Cara Melihat Aurora Borealis
Courtesy of Bazaar US

Tromsø, yang terletak di pulau Tromsøya di bagian utara Norwegia, termasuk di antara tempat paling spektakuler di Bumi untuk menyaksikan aurora borealis. Terletak sedikit lebih dari 200 mil di utara Lingkaran Arktik dan tepat di jantung lingkaran aurora, kota kecil ini memiliki beberapa tontonan paling cerah dan sering dari fenomena alam tersebut yang, berkat keindahan fjord-fjord di wilayah ini dan gunung-gunung dramatis, bisa dirasakan dalam berbagai cara yang berbeda.

BACA JUGA: 5 Fakta tentang Aurora yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Meskipun tidak ada jaminan untuk melihatnya, rencanakan perjalanan Anda ke Tromsø antara akhir September dan pertengahan April, ketika hari lebih pendek, untuk peluang terbaik. (Selama musim malam kutub, dari akhir November hingga pertengahan Januari, ada senja samar dari pukul 9:00 pagi hingga 2:00 siang; selain itu, gelap). Langit yang cerah sangat penting, tidak peduli kapan Anda berkunjung.

Dengan pusat kota yang ramai dengan restoran dan toko-toko yang menarik, pengalaman sauna yang unik, serta banyak tur darat dan laut yang penuh petualangan di sekitarnya, Tromsø menawarkan berbagai aktivitas selain aurora borealis. Untuk pertemuan yang tak terlupakan dengan alam, kunjungi antara November dan Januari dan pesan perjalanan melihat paus. Selama periode tersebut, fjord-fjord di wilayah ini menjadi tempat perlindungan bagi paus humpback, orca, dan lumba-lumba.

Tempat Menginap di Tromsø

Untuk penginapan yang stylish dan terjangkau serta kenyamanan yang ekstrem, pertimbangkan Moxy Tromsø, hanya beberapa langkah dari Bandara Tromsø dan berjarak 10 menit berkendara dari pusat kota yang lebih ramai. Lebih sederhana daripada hotel Moxy lainnya, lokasi ini tetap menyediakan minuman sambutan yang hangat dan sentuhan berwarna pink, namun dekorasi dari 208 kamarnya yang luas dan nyaman mengusung estetika minimalis, gaya Skandinavia. Bagian terbaik dari hotel ini jelas adalah ruang lobi, bar, dan area makan di lantai teratas (lantai 11), yang memiliki banyak tempat duduk dan jendela dari lantai ke langit untuk menikmati pemandangan tak terhalangi dari selat Tromsøysundet. Pada malam yang sangat cerah, para wisatawan beruntung dapat bermain bilyar di dalam lounge dan melihat cahaya utara menari di atasnya dari dek yang terhubung.

Courtesy of Bazaar US

Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora Borealis

Cara terbaik untuk melihat aurora borealis adalah tanpa ragu di sebuah ekspedisi luar ruangan, dan Tromsø menawarkan banyak pilihan.

Jika Anda lebih suka tinggal di daratan, pertimbangkan untuk pergi ke puncak Gunung Storsteinen, yang berada hampir 1.400 kaki di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan panoramik Tromsø dan fjord-fjord di sekitarnya. Capai puncak melalui pendakian yang menantang dengan 1.200 anak tangga batu, atau nikmati perjalanan yang lebih santai dengan menggunakan trem udara Fjellheisen dan menikmati pemandangan selama perjalanan selama empat menit. Begitu tiba di puncak, istirahat sejenak di Fjellstua, yang menyediakan segala hal mulai dari kopi dan kue hingga burger rusa dan anggur, lalu keluar ke dek pemandangan restoran untuk menunggu pertunjukan cahaya terbesar di planet ini.


Courtesy of Bazaar US

Cara yang lebih santai namun sama memuaskannya untuk mengejar aurora adalah dengan mengikuti dinner cruise kapal Brim Explorer menggunakan mesin listrik sehingga memberikan pengalaman yang sangat tenang. Mengapung di sepanjang fjord yang gelap sambil menikmati hidangan dengan bahan baku lokal dan musiman, dan melihat ke luar jendela 360 derajat kapal atau dari dek luar. Di tengah air dan jauh dari polusi cahaya, cahaya polar dapat muncul dengan jelas.

Courtesy of Bazaar US

Bagi beberapa orang, satu malam perburuan cahaya mungkin tidak cukup. Legendary Adventure, sebuah perusahaan perjalanan yang dijalankan oleh Espen Minde, warga asli Tromsø, menawarkan dua tur aurora borealis multihari untuk pencari yang lebih berani. Lakukan balap anjing dan snowshoe, berkemah di bawah selimut bintang yang berkilau, dan kunjungi suku Sámi lokal (penduduk asli di bagian utara Semenanjung Skandinavia dan sebagian besar Semenanjung Kola) untuk mempelajari tentang tradisi, gaya hidup, dan sejarah mereka, semuanya sambil mengejar aurora borealis.

Kegiatan Lain yang Menyenangkan

Segerakan tubuh dan pikiran Anda dengan perjalanan ke Pust, sauna apung yang dapat disewa di pelabuhan Tromsø. Ganti pakaian Anda saat tiba dan hangatkan tubuh di ruang uap berjendela yang menghadap ke air sebelum keluar dan turun tangga untuk merasakan singkatnya terjun ke air dingin. Melalui rutinitas ini beberapa kali akan membantu menyegarkan pikiran, menyegarkan kulit, dan menyemangati semangat Anda.

Courtesy of Bazaar US

Untuk melihat lebih banyak fjord dan pulau-pulau menakjubkan di area tersebut, naiklah ke Hermes II, sebuah kapal kayu yang indah yang direstorasi dari tahun 1917. Pilih dari tur satu jam ke perairan Tromsø, tur sejarah informatif berdurasi sedikit lebih dari dua jam, atau perjalanan memancing yang lebih panjang di mana Anda bisa menikmati semua keindahan alam yang ditawarkan daerah tersebutdan mungkin menangkap (dan kemudian memakannya) seekor cod raksasa.

Courtesy of Bazaar US

Berkelilinglah dan bermain dengan anjing-anjing di Tromsø Wilderness Centre, tempat tinggal sekitar 200 anjing Alaska Husky. Didirikan pada tahun 1988 oleh pengendara kereta anjing Tove Sørensen, bisnis yang dijalankan oleh keluarga ini lebih berbasis tur daripada kompetisi, menyediakan perjalanan kereta anjing selama berjam-jam dan berhari-hari sepanjang musim dingin. Selama musim panas, anjing-anjing ini menikmati petualangan mendaki gunung dan gletser bersama staf dan relawan publik.

Courtesy of Bazaar US

BACA JUGA: 

Wisata Praktis di Swiss Menggunakan Transportasi Umum yang Lengkap dan Beragam

Mendengar Pengalaman Wisata Anggun di Dubai

(Penulis: Ariana Marsh; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)