Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pullman Jakarta Central Park dan Museum of Toys Hadirkan Pameran Artist Playground "Crystallize"

Sejumlah nama seniman lokal ternama turut meramaikan ekshibisinya

Pullman Jakarta Central Park dan Museum of Toys Hadirkan Pameran Artist Playground "Crystallize"

Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-11, Pullman Jakarta Central Park mempersembahkan kembali Artist Playground untuk para penikmat seni.

Hotel yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat tersebut kali ini berkolaborasi dengan Museum of Toys dalam menghadirkan ekshibisi bertajuk Crystallize yang terdiri dari Art Toys Exhibition, Art Installation, dan Crystal Experience Room. Acaranya terbuka untuk umum mulai 24 November hingga 4 Desember 2022 bertempat di lantai L Pullman Jakarta Central Park.

Artist Playground "Crystallize" menampilkan beragam patung seni hasil produksi Museum of Toys sejak 2018 yang ditata menghiasi sepanjang koridor Pullman Jakarta Central Park. Mayoritas seni yang dipamerkan adalah kreasi para seniman lokal ternama, di antaranya yakni Vermouthd the Space Force (Naufal Abshar), Gen 20 (Eko Nugroho), Deep Poluted Sea Creature (Eddie Hara), Rabbiv Sit & Relax dan Nippy Rabbiv (Arkiv Vilmansa), Ballseye Family (Abiebi), Owange Robot (Kong Andri), dan Memories (WD Willy). Museum of Toys juga menggandeng beberapa seniman internasional yang tergabung dalam ArtToy Gama Spanyol seperti RX dengan karya Light Off Mouse dan Dhani Barragan dengan D. Bob the Clown. Hampir semua karya seni yang dipamerkan di Pullman Jakarta Central Park ini bisa dibeli oleh para pencinta seni. Setiap karya dikeluarkan dalam bentuk edisi dengan jumlah paling banyak mencapai 30 edisi. 

Pullman Jakarta Central Park

Kolaborasi Pullman Jakarta Central Park dan Museum of Toys ini didasari atas persamaan nyawa di antara keduanya dalam bidang seni. “Selama 11 tahun seni selalu menjadi bagian dari jiwa kami. Seni adalah elemen penting dari Pullman di seluruh dunia yang merupakan salah satu premium brand Accor,” ujar General Manager Pullman Jakarta Central Park, Sylvain Laroche.

Deasy Varianty Susanto selaku Direktur Museum of Toys mengungkapkan bahwa tema Crystallize dipilih sebagai sebuah bentuk harapan agar menjadi lebih kuat, terus solid, dan bersinar layaknya kristal di tahun-tahun mendatang lewat beragam gerakan yang diusungnya. Acara ini juga menjadi momen bagi Museum of Toys untuk menyampaikan apresiasinya atas kontribusi para kolektor dan kreator yang telah memberikan dukungannya hingga akhirnya mencapai prestasi saat ini. “Sebagai sebuah pencapaian baru bagi Museum of Toys yang kian solid dan bersinar, Crystallize merupakan bentuk karya besar kami dalam mewujudkan visi dan misi organisasi untuk terus bergerak,” ujar Deasy.

Visi dan misi yang dimaksud adalah untuk mengangkat nama seniman lokal agar lebih dikenal di dunia. "Karena itulah, kami membuat sebuah production melalui art toys untuk memperkenalkan semua karya seni," kata Deasy sambil mengajak Bazaar berjalan di sepanjang koridor tempat pameran diadakan saat hari pembukaan. "Untuk malam selebrasi ini, kami banyak mengundang kolektor, kurator, kreator, dan para komunitas di mana kami sering berkolaborasi untuk mengangkat nama seniman melalui exhibition. Kami berharap di tahun depan kami dapat lebih banyak berkolaborasi lagi seperti kolaborasi yang sangat baik ini antara Pullman Jakarta Central Park dan Museum of Toys. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian kreatif di Indonesia," jelasnya.

Pullman Jakarta Central Park

Foto: Courtesy of Pullman Jakarta Central Park, Instagram @pullmanjakartacp