Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Wisata Praktis di Swiss Menggunakan Transportasi Umum yang Lengkap dan Beragam

Anda hanya perlu 1 tiket sakti ini untuk bepergian mengelilingi kota di Swiss.

Wisata Praktis di Swiss Menggunakan Transportasi Umum yang Lengkap dan Beragam
Foto: Courtesy of My Switzerland

Praktis! Satu kata yang bisa saya katakan ketika liburan menggunakan moda transportasi di Swiss. Dalam rangka undangan perjalanan Swiss Autumn: Gastronomy & Lifestyle selama 8 hari bersama Switzerland Tourism, saya merangkum tip bepergian untuk Anda sebelum memulai liburan.

Selepas mendarat di Zurich Airport menggunakan Swiss International Air Lines, saya dapat langsung menaruh bagasi dan mengirimkannya ke tujuan menggunakan SBB Luggage Transfer yang berada di area terminal bandara. Dan yang lebih menyenangkan, Anda pun bisa mengantongi First Class Swiss Travel Pass yang dapat digunakan untuk berbagai kendaraan umum (kereta api, bus, boat sampai trem) di seluruh kota Swiss, masuk ke lebih dari 300 museum, dan juga dipakai untuk tamasya pegunungan. Swiss Travel Pass ini bisa Anda dapatkan di travel agent di sekitar Anda.

Swiss Tourism
Foto: Courtesy of My Switzerland

First class di beberapa kabin kereta dan boat akan memberikan kenyamanan lebih, seperti pemandangan cantik di lantai atas kereta atau deck kapal, dan tempat duduk yang lebih nyaman.

GoldenPass Panoramic Train dengan jendela megah menjadi salah satu highlight saya selama perjalanan menggunakan kereta. Perjalanan jauh sungguh tidak terasa karena ditemani dengan lanskap indah khas negara Swiss, dari rumput yang hijau, danau yang jernih, pepohonan rindang, sampai bentangan gunung yang memukau.

Swiss Tourism
Pemandangan dari GoldenPass Panoramic Train

Ya, di Swiss penggunaan boat juga menjadi salah satu moda transportasi, semisal mengarungi Danau Brienz, danau yang menjadi lokasi syuting Drama Korea Crash Landing On You (tempat Hyunbin bermain piano di tepian).

Swiss Tourism
Naik boat di Lake Brienz

Saya singgah di distrik Weggis, kemudian naik kereta gantung menuju Rigi Kaltbad dan trekking menuju Rigi Staffelhöhe, menyaksikan langsung lanskap cantik dari ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut. Anda akan melihat titik tengah Swiss dengan pemandangan 620 puncak Alpen dan 13 pertemuan danau.

Sembari relaksasi, jalur trekking di sini terbilang sederhana, bisa dilalui segala usia dan setiap level kebugaran tubuh. Ada Kapel St. Michael yang sejak dulu menaungi banyak biarawati, aliran mata air dari puncak gunung yang jernih, dan pada musim semi terdapat 60-an jenis bunga yang tumbuh di sekitar pegunungan. Perjalanan ke Rigi Kulm bisa dilanjutkan menggunakan cogwheel railway.

Swiss Tourism
Cogwheel train di Rigi Kulm

Ada juga penggunaan funicular, sejenis kereta dengan jalur pendek, biasanya untuk mengakses lokasi di atas bukit atau gunung. Saya menggunakan funicular di Interlaken, ketika akan bersantap malam di Haider Kulm. Dan ketika akan menginap di Bürgenstock Hotels & Resort, di mana saya menaiki boat dari Lucerne sebelumnya.

Swiss Tourism
Perjalanan menuju Burgenstock Resort; Foto: Courtesy of My Switzerland

Satu yang perlu Anda catat selama liburan di Swiss dan memilih untuk menggunakan transportasi adalah ketepatan waktu! Ya, masyarakat Swiss amat sangat disiplin dan menghargai waktu. Anda bisa mengatur itinerary dengan detail disertai dengan pencantuman jam atau waktu secara presisi. Setiap jadwal transportasi bisa Anda pantau di aplikasi SBB (Schweizerische Bundesbahnen), sehingga Anda tak perlu takut akan tersesat selama berpelesir.

Baca juga: 3 Cara ke Lokasi Wisata Pegunungan di Swiss Dari Kota Grindelwald