Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Segala Hal yang Perlu Anda ketahui Tentang Dodi Fayed, Pacar Terakhir dari Mendiang Putri Diana

Pasangan itu bertemu beberapa bulan sebelum kecelakaan mobil tragis merenggut nyawa mereka berdua.

Segala Hal yang Perlu Anda ketahui Tentang Dodi Fayed, Pacar Terakhir dari Mendiang Putri Diana
Courtesy of BAZAAR US

Kisah asmara putri Diana dengan Dodi Fayed, seorang film producer kelahiran Mesir, baru saja dimulai sebelum keduanya tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 31 Agustus 1997. Kini, hubungan mereka menjadi pusat perhatian di musim kelima serial Netflix The Crown.

Baca juga: Momen-Momen Penting dalam Kehidupan Putri Diana

The Crown memperkenalkan Dodi (diperankan oleh Khalid Abdalla) dalam musim kelimanya, "Mou Mou." Sebagai putra miliarder bernama Mohammed Al Fayed—pemilik department store Harrods dan The Ritz Paris— Dodi sangat ingin meraih kesuksesannya sendiri, terutama mengarahkan pandangannya pada industri film. Sementara itu, musim kelima juga menunjukkan perjalanan penuh lika-liku dalam perceraian antara Putri Diana (Elizabeth Debicki) dan Pangeran Charles (Dominic West). Yang akhirnya membawa Diana bertemu dengan Dodi.

Di kehidupan nyata, Diana dan Dodi mulai berkencan setelah ia membawa Pangeran William dan Pangeran Harry ke St. Tropez untuk berlibur bersama keluarganya. Kemudian, model, Kelly Fisher, mengklaim bahwa dirinya dan Dodi masih bertunangan pada saat itu. (Kelly diperankan oleh Erin Richards dalam The Crown.)

Berikut adalah rincian kronologi lengkap hubungan Diana dan Dodi, termasuk di mana mereka bertemu dan dengan siapa Dodi pernah menikah.

1986: Mereka dikabarkan bertemu untuk pertama kalinya.

Menurut salah satu media, Diana bertemu Dodi untuk pertama kalinya saat pertandingan polo tahun 1986, yang mana saat itu Dodi bertanding melawan suaminya, Pangeran Charles. Mereka tidak terhubung kembali sampai 11 tahun kemudian.

The Crown juga menceritakan kembali momen pertemuan di mana Mohammed Al Fayed memperkenalkan Putri Diana kepada putranya.

Charles dan Diana dalam pertandingan polo tahun 1986.

1986: Dodi menikah.

Pada tahun yang sama, Dodi menikah dengan model Suzanne Gregard. Namun, keduanya segera bercerai setelah delapan bulan menikah.

Dodi dan Suzzane.

1997: Dodi bertunangan dengan Kelly Fisher, kemudian Diana pergi berlibur bersama keluarganya di St. Tropez dan keduanya mulai berkencan.

Sebelum berhubungan kembali dengan Putri Diana, produser film tersebut dikabarkan telah bertunangan dengan model bernama Kelly Fisher. Tapi, pertunangan itu dibatalkan setelah Dodi berpacaran dengan Diana selama ia berlibur ke St. Tropez bersama Pangeran William, Pangeran Harry, dan keluarganya pada musim panas tahun 1997.

Setelah liburan, ia dilaporkan menulis surat cinta untuk mengungkapkan perasaan dan rasa terima kasihnya atas trip yang menyenangkan. Menurut Associated Press, surat itu tertulis "Ini semua datang karena cinta, dan berjuta terima kasih saya ucapkan karena telah membawa kegembiraan ke dalam hidup ini,"

Pada bulan Agustus tahun itu, The Sunday Mirror menerbitkan foto paparazzi yang menggemparkan dari Diana dan Dodi yang terlihat sedang berpelukan dan berciuman.

Putri Diana di St. Tropez.

Menanggapi hal tersebut, Kelly menggandeng pengacara bernama Gloria Allred untuk mewakilinya dalam gugatannya terhadap Dodi, yang mana ia mengajukan gugatan 'pelanggaran kontrak' yang mengklaim bahwa Dodi meminta Kelly untuk menghentikan kariernya demi memprioritaskan hubungan mereka.

Selama konferensi pers tersebut, Kelly terlihat menangis terisak saat mengenakan cincin safir dan berlian yang diberikan Dodi, Gloria dilaporkan mengatakan bahwa Dodi "membawanya secara emosional dan meninggalkannya ketika mereka hampir menikah. Dodi membuang cintanya dengan cara yang menyakitkan tanpa menghiraukan Kelly sama sekali."

Gloria juga mengklaim bahwa Kelly tidak mengetahui tentang perselingkuhan Dodi dengan Diana sampai "'foto ciuman' tersebut beredar ke seluruh dunia, membuat Kelly kecewa, kaget, dan juga malu."

Kelly Fisher dalam press conference bersama Gloria Allred.

31 Agustus 1997: Mereka mengalami kecelakaan mobil yang fatal.

Setelah menikmati liburan bersama di sepanjang Laut Mediterania, perjalanan pasangan itu berakhir ketika mereka tiba di Paris pada 30 Agustus. Di sana, mereka terlihat bermalam di Ritz, hotel milik Mohammed al Fayed, yang merupakan ayah dari Dodi.

Dini hari tanggal 31 Agustus, BBC melaporkan bahwa keduanya meninggalkan hotel dengan mobil, bersama dengan pengemudi Henri Paul dan juga pengawal Trevor Rees-Jones. Kemudian, paparazzi mengejar mobil mereka saat keduanya tengah melaju ke terowongan Pont de L'Alma, yang mana Paul—saat itu dilaporkan sedang mabuk dan berada dibawah pengaruh obat-obatan—kehilangan kendali dan menabrak.

Menurut salah satu media, Dodi dan Paul meninggal sesaat setelah kecelakaan. Sedangkan Diana meninggal tidak lama setelah dirinya dilarikan ke rumah sakit. Dalam peristiwa ini, Trevor Rees-Jones adalah satu-satunya yang selamat.

Juru bicara Mohammed kemudian mengklaim bahwa Dodi dan Diana bertunangan pada saat kematian mereka.

Baca juga:

Akhirnya Terungkap Begini Wujud Patung Penghormataan bagi Mendiang Putri Diana

Merefleksikan Warisan Diana, Princess of Wales: 25 Tahun Kemudian

(Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)