Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Idris Elba Berikan Penghormatan Kepada Virgil Abloh di The Fashion Awards 2021

Aktor membaca puisi Maya Angelou, When Great Trees Fall.

Idris Elba Berikan Penghormatan Kepada Virgil Abloh di The Fashion Awards 2021
Courtesy of Bazaar UK

Idris Elba memberikan penghormatan kepada perancang busana tercinta, Virgil Abloh, yang meninggal pada Minggu (28/11) pada usia 41 tahun setelah berjuang melawan kanker.

Baca juga: Virgil Abloh Meninggal Dunia Setelah Berjuang Melawan Kanker

Naik ke panggung di The Fashion Awards 2021, aktor tersebut berbicara tentang bakat dan pengaruh desainer dengan mengatakan bahwa "industri fashion kehilangan ikon dan dunia kehilangan sosok legendaris". Ia juga membaca puisi When Great Trees Fall oleh Maya Angelou.

Sebuah potret Virgil Abloh ditampilkan kepada penonton untuk dilihat dan Idris menyelesaikannya dengan mengatakan "Siapa pun yang tahu Virgil akan tahu bahwa kami ingin merayakan malam ini untuk menghormati hidupnya". Ia kemudian mendedikasikan upacara penghargaan untuk desainer.

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari itu juga (28/11) melalui akun Instagram pribadi sang desainer, teman dan keluarganya mengkonfirmasi berita tragis tersebut, mengungkapkan bahwa Virgil telah berjuang melawan kanker langka yang agresif selama lebih dari dua tahun.

"Kami sangat sedih untuk mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh yang kami cintai, seorang ayah, suami, putra, saudara lelaki, dan teman yang sangat berbakti," bunyi pernyataan itu. "Ia meninggalkan istri tercinta Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe Abloh dan Gray Abloh, saudara perempuannya Edwina Abloh, orang tuanya Nee dan Eunice Abloh, dan banyak teman serta kolega tersayang."

Meskipun menjalani perawatan yang menantang, pria berusia 41 tahun ini terus menjalankan label fashionnya sendiri, Off-White, dan bekerja sebagai direktur artistik pakaian pria di Louis Vuitton, serta banyak proyek lain yang ia namai selama ini dengan penyakitnya.

"Melalui itu semua, etos kerjanya, rasa ingin tahu yang tak terbatas, dan optimismenya tidak pernah goyah", lanjut pernyataan itu. "Virgil didorong oleh dedikasinya pada keahliannya dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain dan menciptakan jalur untuk kesetaraan yang lebih besar dalam seni dan desain. Ia sering berkata, 'Semua yang saya lakukan adalah untuk versi saya yang berusia 17 tahun,' sangat percaya pada kekuatan seni untuk menginspirasi generasi mendatang."

Penghormatan telah membanjiri seluruh dunia sejak pengumuman tragis kematiannya yang terlalu dini.

Baca juga:

Proyek Misterius Kolaborasi Virgil Abloh dan Mercedes Benz

Virgil Abloh Sukses Kumpulkan Dana untuk Beasiswa Pendidikan

Obrolan Singkat Bersama Virgil Abloh, Si Raja Kolaborasi

(Penulis: Alice Howarth; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)