Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Manfaat Bersepeda Bagi Perempuan, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ayo mulai bersepeda!

10 Manfaat Bersepeda Bagi Perempuan, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Mental
Courtesy of [email protected]

Memilih olahraga yang cocok dan dapat dilakukan secara rutin merupakan tantangan bagi sebagian dari kita bukan? Baik karena kesibukan sehari-hari, merasa tidak butuh, atau tidak memiliki niat yang kukuh untuk melakukannya. Tetapi, saran kami, tidak ada salahnya untuk melakukan olahraga low impact setiap minggu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara fisik maupun psikis. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah bersepeda.

Baca juga: Tetap Stylish Saat Bersepeda dengan Inspirasi Busana Berikut

Selain dapat dilakukan kapan saja, bersepeda juga tidak membutuhkan keahlian seperti olahraga lain, misalnya permainan bola basket, tenis, voli, dan lain sebagainya. Anda hanya butuh mempunyai sepeda dan keseimbangan untuk memainkannya. Jika tidak mempunyai sepeda serta keseimbangan, Anda tidak dapat mengelak dengan alasan apa pun untuk tidak bersepeda, karena Anda memiliki alternatif lain yaitu pergi ke gym, dan gunakan spinning bike. Banyak sekali manfaat yang dapat Anda terima dari bersepeda, khususnya perempuan, yang cenderung mempunyai masalah kewanitaannya sendiri. Berikut beberapa manfaat bersepeda bagi perempuan, yang dapat memotivasi Anda untuk memulainya.

Courtesy of platonov0@123RF.com
Courtesy of [email protected]

1. Membuat wajah tampak awet muda

Tentu saja kami harus menaruhnya di daftar paling utama, karena inilah yang dicari para perempuan. Tidak hanya mendapatkan manfaat tubuh lebih sehat, Anda juga dapat memancarkan pesona diri dengan tampak awet muda dengan bersepeda. Bagaimana bisa? Menurut sebuah studi oleh Stanford University, untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, itu berkaitan dengan aliran oksigen yang kuat, yang dihasilkan dari bersepeda, lalu dikirimkan bersama dengan nutrisi ke sel-sel kulit, membantu membuang racun berbahaya. Dan jangan lupa, bahwa olahraga sendiri telah terbukti dapat mengoptimalkan produksi kolagen tubuh Anda, yang mengurangi kerutan halus.

2. Mengurangi peluang penyakit diabetes

Sebagai informasi, berbicara mengenai diabetes, perempuan memiliki kecenderungan lebih terkena diabetes daripada pria, sehingga perempuan harus bertindak lebih preventif mengenai penyakit ini. Dengan bersepeda, setidaknya Anda telah melakukan tindakan pencegahan dengan gerakan yang tidak berlebihan atau sulit untuk para pemula. Danish National Diabetes Registry menghitung, sebagian besar orang yang bersepeda secara rutin, memiliki risiko yang lebih kecil terkena diabetes tipe 2. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa orang yang baru mulai rutin bersepeda di usia tua, terbukti mengalami penurunan risiko.

3. Mengecilkan perut

Siapa perempuan yang tidak menginginkan perut langsing? Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Dan, Anda akan meningkatkan metabolisme dan membangun otot, yang memungkinkan tubuh Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat Anda sedang beristirahat. Pergerakkan stabil dapat membakar sekitar 300 kalori per jam.

Courtesy of Instagram @therealdisastr
Courtesy of Instagram @therealdisastr

4. Membantu atasi kram dan kembung datang bulan

Kami tahu, saat sedang datang bulan, sebagian dari Anda pasti akan merasakan sakit kram an kembung yang tidak nyaman. Hal tersebut membuat kita malas untuk bergerak, baik aktivitas ringan atau berat. Namun, tidak ada salahnya meluangkan waktu Anda bersepeda untuk melancarkan sirkulasi darah yang berlimpah akan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga dapat mengurangi rasa nyeri di area panggul dan perut bagian bawah. Tidak perlu durasi yang lama, cukup dengan 10 hingga 15 menit di atas sepeda.

5. Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya diabetes, menurut Mental Health Foundation di Inggris, wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk memiliki masalah kesehatan mental yang umum dan hampir dua kali lebih mungkin untuk didiagnosis dengan gangguan kecemasan. Menikmati waktu sendiri yang berkualitas, jauh dari tugas-tugas rumah tangga (yang sebagian besar masih dilakukan oleh wanita), dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Karena adrenalin dan endorfin yang dihasilkan bersepeda memberikan peningkatan alami, setidaknya dalam jangka pendek. Fokus Anda akan teralihkan untuk melihat jalan sehingga membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen yang sesungguhnya. 

Courtesy of Instagram @lunamaya
Courtesy of Instagram @lunamaya

6. Mencegah kanker payudara

Selain dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar, bersepeda dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara. Sel kanker payudara biasanya akan muncul setelah seorang perempuan melewati masa menopause. Tetap aktif jika Anda menderita kanker payudara dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. American Cancer Society merekomendasikan semua orang dewasa terlibat dalam setidaknya 150 menit intensitas sedang atau 75 menit aktivitas intensitas kuat setiap minggu.

7. Memperbaiki postur tubuh

Setelah memiliki segalanya, memperbaiki postur tubuh adalah kebutuhan tersier bagi perempuan. Wajah awet muda, perut kecil, dan terhindar dari stres tidak akan sempurna jika tampilan tubuh Anda bungkuk atau tidak ideal. Ketika berada di atas sepeda dan mengendarainya, Anda langsung akan mencoba untuk mengatur tubuh agar tetap stabil. Sehingga secara tidak sadar akan itu dapat membentuk tubuh, membantu meningkatkan keseimbangan, dan memperbaiki postur tubuh, jika dilakukan secara rutin. Terlebih, untuk Anda yang telah mengijak usia lansia, keseimbangan tubuh akan semakin berkurang, bersepeda merupakan salah satu cara untuk mempertahankannya. 

Courtesy of Instagram @pevpearce
Courtesy of Instagram @pevpearce

8. Kehamilan yang lebih sehat

Pada umumnya, olahraga teratur tidak hanya mencegah Anda menambah berat badan berlebih saat hamil, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu mengarah pada persalinan yang lebih mudah, tidak rumit, dan pemulihan pasca-melahirkan yang lebih cepat. Latihan teratur ini juga mengarah pada perkembangan otak di dalam rahim yang lebih baik dan mengurangi kemungkinan anak Anda menjadi gemuk. Bersepeda secara teratur adalah latihan yang bagus selama kehamilan karena meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Namun, wanita hamil harus bersepeda hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga:

Cara Menangani Kesehatan Mental Akibat Sexual Harassment yang Terjadi di Lingkungan Anda

11 Kesalahan Umum Saat Olahraga di Rumah Agar Tidak Cedera

Simak Manfaat Sinkronisasi Siklus Olahraga Untuk Tubuh Anda

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], [email protected], Instagram @therealdisastr, @lunamaya, @pevpearce)