Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Gen Z Berhasil Meredupkan Tren Warna Basic Black

"Jika pandemi telah menyebabkan hasil yang dapat diidentifikasi untuk mode," tulis Isabel Slone, "itu adalah utilitarianisme telah diganti dengan semangat eksperimen."

Cara Gen Z Berhasil Meredupkan Tren Warna Basic Black
Courtesy of Bazaar US

Awal Februari tahun lalu, Adrienne Reau yang berusia 25 tahun dipekerjakan sebagai penari di Carnival Cruise Line. Ketika berita tentang virus menular yang dapat menyebabkan bencana global akan datang mulai beredar, ia diberhentikan sementara dan dikirim pulang ke Tampa, Florida, untuk menunggu. Merenungkan langkah selanjutnya, ia beralih ke lemari pakaiannya. Sambil melihat-lihat, ia mulai menyusun pakaian eksentrik, memasangkan atasan tube oranye dengan celana lilac, misalnya, atau melengkapi bell-bottom pink gemerlap dengan tank "Viva Las Vegas".

Baca juga: Intip Perpaduan Busana Bergaya Street Style di Paris

“Karena pandemi, gaya saya terlahir kembali,” kata Adrienne. Ia memasukkan apa yang ia gambarkan sebagai "kebangkitan kreatif," menyatukan penampilan yang penuh warna, kreatif, dan "kacau", lalu mengunggahnya di TikTok. Sejak itu, ia berhasil menumbuhkan pengikutnya dari 2.000 menjadi lebih dari 65.000, ia pindah dari Tampa ke New York City, dan ia bisa mendapatkan apa yang ia hasilkan dalam sebulan sebagai penari dalam satu hari dari kemitraan merek. Ia menggambarkan gayanya sebagai "Bratz Doll berbelanja barang bekas."

Jika pandemi telah menyebabkan hasil yang dapat diidentifikasi untuk mode, utilitarianisme telah digantikan dengan semangat eksperimen. Lewatlah sudah hari-hari "lemari kapsul" yang ramping dan diedit, serta sebagai gantinya adalah laci-laci yang diisi dengan harta antik yang bersumber dari Poshmark atau Depop. Energi yang tak tertahankan dari pakaian pandemi awal, dicontohkan oleh akun Instagram @wfhfits, di mana orang memasangkan rok batik dengan jaket hoodie tie-dye, atau sweat abu-abu dengan sandal Chanel, telah mengeras menjadi rasa lapar yang berbeda untuk “balutan dopamin.” Estetika yang berkembang ini ditandai dengan hiruk pikuk warna-warna cerah seperti hijau limau, International Klein Blue, dan fuchsia yang dikenakan bersama dalam satu pakaian.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Sedangkan gaya chic dulunya didefinisikan dengan mengenakan serba hitam, bayangkan momen keren tak terlukiskan dari seorang wanita yang merokok dengan celana hitam dan jaket motor, pakaian yang terasa segar sekarang adalah ledakan warna kaleidoscopic. Merek minimalis The Row baru-baru ini merilis koleksi pakaian anak-anak dengan warna permata yang kaya safir, labu, dan magenta.

Tampaknya hitam, rona yang pernah melambangkan puncak kecanggihan, seperti Audrey Hepburn, gaun koktail klasik, dan penyair bohemian, mulai kehilangan kilaunya. Lemari serba hitam bukan lagi singkatan untuk individu yang misterius dan merenung. ("Saya akan berhenti memakai warna hitam ketika mereka membuat warna yang lebih gelap," kata ahli fiksi Wednesday Addams.) Semakin banyak, warna hitam mengirim telegraf bahwa seseorang, ya, kuno.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

“Saya menyebutnya kidcore,” kata Maxine Wylde, pencipta konten yang berbasis di Melbourne, Australia, menggambarkan kecenderungannya untuk setelan two-piece oranye dan blazer hijau terang. “Kami masih terkunci di Melbourne, dan satu hal yang membuat saya melewati setiap hari adalah berpakaian. Mengenakan atasan biru dan celana kuning menghilangkan situasi yang sebenarnya saya alami.”

Bagi Maxine, keputusan untuk mengenakan warna-warna cerah adalah tentang membawa "elemen manusia" kembali ke mode. Sebelumnya untuk minimalis, dicontohkan oleh The Row dan Céline karya Phoebe Philo, adalah aksiomatis dalam deklarasi kesederhanaannya. Tetapi pakaian itu juga sangat serius. Setelah satu tahun kelelahan, kebutuhan akan kegembiraan menjadi keharusan, dan mantan Philophiles melepaskan lemari pakaian minimalis mereka dan merangkul warna. “Ketika saya melihat kembali Instagram saya dan kembali ke sebelum saya membuat akun (fashion) saya, saya berpikir, wow, apakah saya hanya mengenakan jeans dan kaos putih?”

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Pada bulan April, New York Times menggunakan istilah mendekam untuk mendefinisikan perasaan kolektif "stagnasi dan kekosongan" yang telah menetap setelah satu tahun hidup melalui pandemi. Dengan risiko terdengar jelas, menumpuk barang-barang pakaian paling berwarna-warni yang bisa dibayangkan dapat ditafsirkan sebagai cara menggunakan rangsangan visual untuk mengejutkan sistem saraf kita dari kesamaan dan depresi. Lagi pula, sulit membayangkan seseorang mendekam di celana kotak-kotak.

Hitam cenderung dianggap sebagai pakaian di mana-mana, tetapi dicadangkan untuk pakaian malam hingga awal 1980-an, setelah munculnya desainer avant-garde Jepang seperti Issey Miyake, Yohji Yamamoto, dan Comme des Garçons, Philip Fimmano, seorang analis tren dan direktur kreatif Trend Union, mengatakan. Selama beberapa dekade, sebuah lemari pakaian yang penuh dengan warna hitam secara historis memancarkan rasa kehalusan yang tinggi dan kepatuhan terhadap gaya keanggunan yang tidak rumit. Sampai saat ini, telah menjadi selaras dengan sesuatu yang lain, seragam.

“Jika Anda berada di bar atau toko, Anda akan meminta bantuan orang yang mengenakan serba hitam,” kata Gregoria Reyes-Lou (alias @greivy), pembuat konten yang menggambarkan warna pink sebagai “warna kekuatan” miliknya. Saat ini, ekspresi utama gaya terlihat seperti individu. Semua orang ingin menjadi pusat perhatian, sifat yang dijuluki “energi karakter utama”, dan fashion mengikutinya. Bukan lagi ekspresi lengkung keanggunan, hitam telah menjadi terkait secara misterius dengan keinginan untuk menghilang.

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

“Ketika saya melihat seseorang mengenakan serba hitam, saya tidak selalu menganggapnya sebagai gaya,” kata Adrienne. Pakaian netral mudah untuk ditata dan tidak menghadirkan banyak tantangan. Saat ini, tanda yang benar-benar modis adalah kemampuan untuk menggabungkan warna-warna yang bertentangan menjadi pakaian yang kohesif. Bukannya hitam telah hilang sepenuhnya di pinggir jalan, "Saya kira saya tidak akan terlalu memperhatikan pakaian Anda," kata Adrienne.

Keterlihatan adalah segalanya dalam hal perhatian. “Saat Anda mencoba menampilkan 15 tampilan dalam 15 detik di TikTok, Anda harus menggunakan warna agar menonjol,” kata Casey Lewis, konsultan merek Gen-Z dan penulis buletin After School. “Gaun hitam mungkin terlihat fantastis saat makan malam atau berkencan, tetapi di TikTok atau Instagram, gaun hitam hanya akan terlihat seperti gaun hitam. Itu tidak akan meledak (atau memberikan perhatian kepada orang lain).”

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Michelle Norris, seorang seniman yang tinggal di Atlanta dengan pakaian beraneka warna termasuk crop top berkerut merah muda yang dikenakan dengan celana panjang yang dihiasi dengan coretan merah, merah muda, hijau, dan ungu, menunjukkan bahwa gairah warna saat ini juga merupakan aspek dari demokratisasi mode. “Satu-satunya cara Anda dapat menampilkan tampilan serba hitam yang chic adalah ketika potongan ditinggikan dan dibangun dengan baik,” katanya. Pakaian berwarna-warni memiliki efek murah dan ceria, mereka tidak harus mahal untuk terlihat bagus.

Ironisnya, satu-satunya cara untuk menegaskan kembali individualitas seseorang dalam lautan warna dari waktu ke waktu adalah dengan mengenakan hitam. Tapi Fimmano memperkirakan bahwa akan memakan waktu setidaknya lima tahun lagi sebelum kita mencapai titik itu. “Tren ini masih memiliki banyak pertumbuhan sebelum berakhir,” katanya. “Kita akan membutuhkannya untuk membantu kita melewati sisa pandemi.”

Untuk saat ini, yang terbaik adalah merangkul kesenangan kecil di mana kita bisa dan berpegang teguh pada hal-hal yang memberikan jeda kecil terhadap kesamaan yang menghancurkan sehari-hari. Warna-warna cerah adalah untuk indra, keputusan sadar untuk merangkul optimisme setelah semua yang hilang.

“(Ketika saya memakai warna), itu sangat ramah. Saya merasa orang-orang dapat mendekati saya dan memberi saya pujian tanpa malu-malu. Itu membuat saya senang bahwa mereka senang melihat apa yang saya kumpulkan, ”kata Reyes-Lou. "Hidup adalah perayaan, jadi mengapa memakai krem?"

Baca juga:

Ketika Standar Kecantikan Tak Lagi Mengenal Batas, Gen Z Punya Sudut Pandang Berbeda

Mengetahui Arti Sefrekuensi dari Gen-Z, dan Kapan Kata itu Digunakan

3 Tips Mix & Match Tren Color Blocking

(Penulis: Isabel Slone; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)