Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Manjakan Lidah Anda dengan Pengalaman Kuliner Spektakuler di Restoran Berbintang Michelin

Saksikan Hong Kong Chefs’ Playbook persembahan HKTB dan Michelin Guide agar Anda tidak lagi perlu meragukan kehebatan sekaligus kekayaan dunia kuliner Hong Kong.

Manjakan Lidah Anda dengan Pengalaman Kuliner Spektakuler di Restoran Berbintang Michelin
Chef Vicky Lau tengah berkreasi di dapur.

Tahukah Anda bahwa sebutan hub untuk Hong Kong bukan karena tujuan bisnis semata? Namun juga karena Hong Kong memiliki 87 restoran yang menyandang penghargaan dari penghargaan prestisius yakni, Michelin Star. 

Jadi tidak heran apabila banyak yang menamai Hong Kong sebagai melting pot, sebagai titik bertemunya warisan dan budaya yang menghasilkan culinary scene begitu kaya rasa sekaligus cerita. 

Banyak cerita yang dapat dibagikan oleh siapa saja ketika bicara tentang kuliner di Hong Kong. Namun siapa yang lebih dipercaya ketika menyinggung soal rasa selain juru masak atau para koki ternama kelas dunia? 

Memanjakan indra perasa tentu perlu referensi terlebih dahulu. Untuk Anda para pencinta kuliner, tonton segera empat cerita pendek persembahan Hong Kong Tourism Board (HKTB) dan Michelin Star yang bertajuk Hong Kong Chef’s Playbook. Ikuti kisah empat orang chef bergelar bintang Michelin yang menonjolkan keunggulan kuliner di Hong Kong. Anda akan “dibawa” menjelajahi berbagai restoran di sekitar Hong Kong.

Bersama Vicky Lau, Shane Osborn, Vicky Cheng, dan Danny Yip, Anda akan berkenalan dengan dunia kuliner Hong Kong yang begitu unik. Sesuai dengan kata playbook pada judulnya, bukan hanya hidangan istimewa yang dapat Anda nikmati di Hong Kong Chefs’ Playbook, namun juga cerita unik yang menjadi inspirasi, teknik memasak, hingga keindahan yang tersembunyi.

Berikut sedikit gambaran dari Bazaar tentang Hong Kong Chefs’ Playbook yang menceritakan kota kuliner Asia yang juga rumah untuk 70 restoran dengan predikat Michelin Star.

1. Vicky Lau, Tate Dining Room

Sebelum akhirnya berkreasi di Tate Dining Room, koki perempuan pertama dan satu-satunya di Asia yang memiliki dua bintang Michelin ini sempat mempertajam bakatnya di luar negeri. 

Bersama pembawa acara, Debbie Wong, sekaligus Chef Vicky Lau mengunjungi Gwo Lan
Bersama pembawa acara, Debbie Wong, sekaligus Chef Vicky Lau mengunjungi Gwo Lan

Pada episode yang dirilis pada tanggal 21 September 2021 di media sosial Hong Kong Tourism Board dan Michelin Guide ini, Chef Vicky membawa Anda berkeliling di Yau Ma Tei, Kowloon Barat.

Ada alasan mengapa area ini adalah surga untuk setiap pencinta makanan sekaligus mereka yang berdiri selama berjam-jam di dapur, karena Yau Ma Tei adalah titik bertemunya budaya lama dan budaya baru. Sebut saja Pasar Buah Yau Ma Tei atau dikenal dengan Gwo Lan. Tempat yang menjadi pusat buah-buahan ini merupakan bangunan bersejarah Hong Kong yang terkenal. Episode ini mengajak Anda untuk menikmati Yau Ma Tei dari sudut pandang seorang juru masak.

Beralih ke Tate Dining Room yang dapat ditemukan di 210 Hollywood Road, Sheung Wan, restoran fine dining ini merupakan bagian dari komunitas lokal. Dalam arti lain, Tate Dining Room menggunakan bahan masakannya dari para petani lokal.

Di episode 1 Hong Kong Chefs Playbook, Yau Ma Tei with Vicky Lau, sang juru masak mengunjukkan karyanya lewat hidangan Lamb Duet with Cherries, Figs, and Grapes. Menurut Vicky, dirinya selalu memilih bahan makanan yang “humble”. Restoran Tate Dining Room memilih untuk tidak memusatkan perhatian pada ingredients seperti caviar, melainkan pada bahkan sayuran dan buah-buahan lokal yang tidak dapat ditemukan di belahan negara lain.

2. Shane Osborn, Arcane

Sebagai seorang ekspatriat, Shane Osborn tak pernah kehabisan tempat baru untuk ia jelajahi di Hong Kong. Berasalh dari Australia, Chef Shane menerima Michelin Star pertamanya di London. 

Chef Shane mencoba ritual meminum teh untuk pertama kalinya
Chef Shane mencoba ritual meminum teh untuk pertama kalinya

Di Hong Kong Chefs’ Playbook ia akan membawa Anda berkeliling Wong Tai Sin. Chef Shane mengaku sangat terkesima dengan Hong Kong karena keseimbangan yang ia lihat dari keramaian di kota dan alam yang tenang.

Hal itu pun ia aplikasikan pada restorannya, Arcane, yang memiliki open kitchen concept. Chef Shane dan timnya mengandalkan bahan-bahan segar dengan mendukung komunitas petani lokal. Di episode ke 2 Hong Kong Chef’s Playbook, Wong Tai Sin with Shane Osborn, sang juru masak menggunakan salah satu teh favoritnya yakni Lapsang Souchong untuk hidangan yang akan disajikan. 

Menu Warm Salad of Charred Cabbage, Sweetcorn and Termite Mushrooms with Tea Smoked Butter merupakan salah satu hidangan andalan Arcane yang patut Anda coba dan rasakan sensasinya. “Especially the wawa choy,” menurut chef Shane.

3. Vicky Cheng, Tai O

Sama seperti kebanyakan koki ternama pada umumnya, karier mereka sudah dikenal di mana-mana. Melalui masakannya yang bergaya China-Prancis, Chef Vicky mendapatkan satu bintang Michelin. 

Debbie Wong diajak berkeliling di Tai O bersama Chef Vicky Cheng
Debbie Wong diajak berkeliling di Tai O bersama Chef Vicky Cheng

Bukan hanya sekadar mengajak Anda bermain di dunia kuliner Hong Kong, Vicky juga mengundang Anda untuk menghargai alam yang dimiliki kampung halamannya ini. Sama seperti Chef Shane, salah satu hal yang Vicky cintai dari Hong Kong adalah masih adanya ketenangan alam di tengah hub yang begitu sibuk.

Di Vea Restaurant, Anda akan dibawa ke suatu proses bagaimana Vicky, menggabungkan bahan makanan lokal dan shredded salted fish yang sebelumnya ia dapat di Tai O. Ada yang istimewa dari hidangan di episode ketiga Hong Kong Chef’s Playbook, Tai O with Vicky Cheng ini, yaitu nama hidangan, Without The 2 of Us. Menurut sang koki, kreasinya hari itu datang dari lagu yang dinyanyikan oleh George Lam yang berjudul Without The Two Of Us. “It’s about when you’re with the right person, anything will taste so good.”

4. Danny Yip, The Chairman

Tidak ada yang tidak tahu akan keberadaan restoran The Chairman berbintang satu dari Michelin yang dimiliki oleh Danny Yip. Reputasi inovasi hidangan barunya melampaui segala hal. 

Di dalam Hong Kong Chefs’ Playbook, Chef Danny membawa Anda ke Aberdeen. Menelusuri Hong Kong dengan kaki adalah aktivitas kesukaan Danny. 

Danny Yip sedang menceritakan perjalanan dan juga visi di balik restorannya, The Chairman
Danny Yip sedang menceritakan perjalanan dan juga visi di balik restorannya, The Chairman

Layaknya sebuah hub yang menjadi tujuan hampir semua orang, begitu juga Danny melihat perkerjaannya sebagai seorang koki di Hong Kong. Setiap koki memiliki hubungan yang baik dengan negara lain, aktif secara sosial, dan tidak pernah bosan untuk mencoba sesuatu yang baru. 

Razor Clams Steamed with Aged Lemon and Mixed Herbs adalah salah satu signature di The Chairman yang akan Anda nikmati kesegarannya via layar laptop Anda di episode 4 Hong Kong Chef’s Playbook, Aberdeen with Danny Yip. Ada rahasia yang Danny buka demi Anda, yaitu Anda tidak bisa memadukan daging dengan keasaman. Di sinilah Danny menyebut aged lemon, di mana layaknya seorang juru masak, ia berkreasi dengan mencoba menggabungkannya dengan apapun yang terpikir olehnya. Namun ada satu yang merupakan match made in heaven yang memiliki high density dan memberikan sensasi unik ketika dimakan. 

Serial Hong Kong Chefs’ Playbook ini merupakan salah satu cara Anda dapat melepas rindu yang tak terbendung lagi dengan aktivitas berpelesir. Selain menonton itu, Anda pun dapat terus mengikuti perkembangan seputar Hong Kong di tautan ini. Tak hanya pada Hong Kong sebagai shopping destination, namun juga sebagai surga kuliner di Asia.

(Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)