Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Kisah (Mungkin Nyata) Cinta dan Perselingkuhan Pangeran Charles serta Putri Diana

Keduanya sempat menjalin hubungan dengan orang lain di tengah pernikahan mereka yang penuh liku.

Ini Kisah (Mungkin Nyata) Cinta dan Perselingkuhan Pangeran Charles serta Putri Diana

Berkat musim keempat The Crown, publik lebih banyak menyadari kehidupan percintaan keluarga kerajaan. Ketika musim ketiga dalam serial keluaran Netflix tersebut menyelami kisah cinta Camilla Parker Bowles dan Pangeran Charles, musim keempat didedikasikan untuk menyelami kehidupan pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana, termasuk hubungan ekstramarital yang dijalani kedua anggota kerajaan.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang perselingkuhan Pangeran Charles dan Putri Diana.

Barry Mannakee

Pada musim keempat The Crown, hubungan Diana dengan pengawalnya hanya menjadi candaan yang dilontarkan Putri Anne, diperankan oleh Erin Doherty. Namun, dalam kenyataannya, Barry Mannakee tampaknya memiliki peran yang penting dalam kehidupan Diana.

Barry Mannakee dan Putri Diana, Juni 1985
Barry Mannakee dan Putri Diana, Juni 1985

Menurut sebuah media, Diana menggambarkan secara detail perasaannya terhadap Barry dalam rekaman pribadi dengan pelatih suaranya, Peter Settelen. Dalam rekaman tersebut, yang kemudian dirilis setelah kematian Diana, sang putri menggambarkan pengawalnya sebagai cinta terbaik yang pernah ia miliki. Menurut Diana, ia sempat merasa senang untuk menyerah dan tinggal bersama Barry, serta Barry terus mengatakan bahwa itu adalah ide yang baik.”

Meski, ia tidak menyebutkan nama Barry dalam rekaman, ia adalah sosok yang dibicarakan, ketika Diana mengungkapkan bahwa cinta terbaiknya meninggal dalam kecelakaan motor pada 1987, bagaimana Barry meninggal dengan tragis. Menurut sebuah media, Diana mengungkapkan kepada Peter bahwa ia percaya bahwa kematian Barry direncanakan. “Hal ini diketahui dan ia dipaksa keluar. Kemudian, ia terbunuh,” jelas sang putri. “Saya rasa ia dikeluarkan… Kami tidak akan pernah tahu. Ia adalah teman terbaik yang saya miliki.” Ia juga mengatakan bahwa, “Saya merasa senang ketika bersamanya… Saya merasa seperti anak kecil di depannya.”

James Hewitt

Kisah cinta Diana dengan James Hewitt juga disebutkan dalam musim keempat The Crown. Tampaknya, hubungan dengan petugas pasukan berkuda dimulai setelah kisah cintanya dengan Barry kandas. Menurut buku karya Anna Pasternak, Princess in Love, James mengungkapkan bahwa hubungan dengan sang putri terjadi sejak 1986 hingga 1991. Selanjutnya, BBC melaporkan bahwa Putri Diana berhenti menerima telepon dari James pada 1992.

James juga mengungkapkan dalam buku terbitan 1999, Love and War bahwa hubungan mereka dimulai setelah Putri Diana memintanya untuk memberikan latihan berkuda. “Hanya satu hal yang salah,” ungkapnya. “Kami jatuh cinta.”

Putri Diana dan James Hewitt, 1989.
Putri Diana dan James Hewitt, 1989.

Dalam esai yang ia tulis untuk sebuah media, Anna menulis, “James kerap bersembunyi di bagasi mobil dan diantarkan ke Istana Kensington ketika hubungan mereka terjadi. Ia mengatakan kepada saya bahwa pada malam pertama di Istana Kensington, ia merasa takut, tetapi setidaknya merasa lega ketika Charles dan Diana tidur terpisah. Tampaknya, ia memiliki 30 boneka di ranjangnya.”

Ketika diwawancara dalam program Panorama keluaran BBC pada 1995, sang putri mengakui hubungan dengan James dan membahas keterlibatannya dalam buku Princess in Love. “Iya, saya menyukainya,” ungkap Diana. “Iya, saya jatuh cinta kepadanya. Namun, saya sangat dikecewakan.”

James Gilbey

James Gilbey, 1993
James Gilbey, 1993

Menurut sebuah media, Diana kerap bertemu teman lamanya, James Gilbey ketika pernikahannya dengan Charles semakin bermasalah. “Pewaris kekayaan minuman gin, James dan Diana dikabarkan menjalin hubungan pada akhir era 1980-an dan sempat menuai skandal ketika rekaman salah satu pembicaraan mereka keluar ke publik.

Dengan nama Squidgygate, sebuah nama yang diberikan James kepada Diana, sepanjang rekaman kedua terdengar membicarakan tentang perayaan malam tahun baru pada 1989. Menurut sebuah media, keduanya mengawali percakapan yang biasa sebelum berubah menjadi lebih intim, ketika James meminta Diana untuk menciumnya, Namun, dikabarkan bahwa James mengaku bahwa dirinya dan Diana hanya sebatas teman.

Oliver Hoare

Sebuah media melaporkan bawah Diana menjalin hubungan dengan penjual karya seni, Oliver Hoare pada 1992. Perlu diketahui bahwa Charles dan Diana mengumumkan perpisahan mereka pada Desember 1992. Sang putri cukup lama mengenal Hoare dan saat itu hubungan mereka dimulai, apalagi Oliver adalah teman dekat Charles.

Oliver Hoare, Pangeran Charles, dan Putri Diana, 1986
Oliver Hoare, Pangeran Charles, dan Putri Diana, 1986

Media lain melaporkan bahwa Diana mulai menjalin hubungan dengan Oliver tidak lama setelah kepergian ayahnya, Earl Spencer yang meninggal pada Maret 1992. Oliver lebih tua 16 tahun dari Diana, dan hubungan tersebut berakhir ketika istrinya [Oliver] mengancam akan bercerai jika ia tidak mengakhiri hubungannya dengan Diana.

Camilla Parker Bowles

Sempat menjalin hubungan pada awal 1970-an, Camilla Parker Bowles dan Pangeran Charles tetap menjalin hubungan dekat, meski keduanya telah menikah dengan orang lain. Menurut sebuah media, mantan pasangan tersebut melanjutkan hubungan fisiknya pada 1986, ketika kedua masih menikah.

Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles, 1979
Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles, 1979

Pada awal 1993, perselingkuhan keduanya terbukti ketika sebuah rekaman percakapan telepon keduanya pada 1989, bocor dan menimbulkan skandal di keluarga kerajaan. Pada wawancara tahun 1993 dengan BBC One, Diana menyatakan pernyataan terkenalnya, “Ada tiga orang dalam pernikahan ini, jadi terasa sedikit ramai.” Camilla melayangkan gugatan cerai pada Januari 1995, sedangkan proses perceraian Charles dan Diana selesai pada Agustus 1996.

Barbra Streisand?!

Meski sang pangeran pernah menjalin hubungan dengan beberapa perempuan sepanjang hidupya, mayoritas hubungan percintaannya terjadi sebelum ia menikah dnegan Diana. Namun, dalam buku Game of Crowns: Elizabeth, Camilla, Kate, and the Throne mengungkapkan bahwa Charles sangat menyukai Barbra Streisand dan keduanya sempat menjalin hubungan.

Penulis, Christopher Andersen mengungkapkan bahwa setelah bertemu Barbra di lokasi syuting Funny Girl pada 1974. “20 tahun kemudian, ia kembali di Los Angeles dan mereka sempat menjalin hubungan rahasia di Hotel Bel Air, tidak ada yang tahu. Sesuatu terjadi dan Diana mengetahui semua itu.” Namun, belum dapat dipastikan kebenaran dari rumor tersebut.

(Penulis: Amy Mackelden; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)