Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

25 Fakta Nam Joo Hyuk, Aktor yang Tahun Ini Namanya Sangat Bersinar

Siap mengenal lebih jauh aktor pemeran Nam Do San dalam drama Start-Up?

25 Fakta Nam Joo Hyuk, Aktor yang Tahun Ini Namanya Sangat Bersinar
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

Tahun 2020 mungkin dapat dikatakan menjadi tahun tersibuk dan juga puncak seorang Nam Joo Hyuk. Ya, tengah membintangi salah satu drama yang paling diantisipasi sepanjang tahun 2020 bersama dengan artis cantik Bae Suzy berjudul Start-Up, pria kelahiran 22 Februari 1994 ini juga sebelumnya baru saja selesai mempromosikan mini drama produksi Netflix bersama dengan artis Jung Yu Mi.

Walaupun namanya baru sangat benar-benar bersinar di tahun ini, nyatanya pria yang mengawali karier sebagai seorang model ini sebelumnya telah membuktikan kemampuan aktingnya yang memukau lewat sederet drama-drama yang telah ia bintangi.

Untuk mengenalnya lebih dalam, berikut telah Bazaar rangkumkan 30 fakta menarik dari pria yang juga pernah menghiasi sampul dari majalah Harper's Bazaar Men Thailand dan Harper's Bazaar China ini:

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Thailand)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Thailand)

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar China)

1. Lahir di Kota Busan pada 22 Februari 1994, Nam Joo Hyuk adalah anak tunggal di keluarga kecilnya.

2. Pada usia 16 tahun, ia memutuskan untuk meninggalkan kota kelahirannya, Busan dan pindah ke kota Suwon.

3. Bahkan hingga kini, Joo Hyuk diketahui masih tinggal di kota Suwon dan bukan di Seoul seperti kebanyakan artis lainnya. Ia hanya akan pulang-pergi dari Suwon-Seoul jika Anda pekerjaan.

4. Ketika menginjakkan kaki di Kota Seoul, Nam Joo Hyuk merasa sedikit tertekan dan minder karena semua orang disekelilingnya berbicara dengan logat Seoul selain dirinya. 
“Ketika saya datang ke Seoul, semua orang berbicara dengan aksen Seoul kecuali saya, jadi saya cukup terpengaruh karena hal itu. Saya merasa memiliki aksen yang lucu karena cara saya berbicara bukan dengan aksen Seoul.”

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

5. Di awal kariernya, Nam Joo Hyuk berhasil memenangkan kontes Top Model yang disponsori oleh K-Plus (salah satu anak perusahaan milik YG Entertainment) yang akhirnya membuat dirinya mendapatkan kontrak eksklusif di bawah naungan agensi model K-Plus.

6. Setelah debut menjadi seorang model pada tahun 2013, satu tahun kemudian Joo Hyuk menantang diri dengan terjun ke industri hiburan Korea Selatan. Drama pertamanya adalah menjadi Big dalam drama berjudul The Idle Mermaid.

7. Dalam sebuah sesi wawancara mengenai debutnya dalam drama The Idle Mermaid, Nam Joo Hyuk mengaku bahwa awalnya ia enggan untuk terjun ke dunia seni peran. Namun ketika akhirnya ia memberanikan diri untuk terlibat dalam proyek drama The Idle Mermaid, ia mendapati kenyataan bahwa “Big”, nama karakter yang ia lakoni memiliki sifat yang serupa dengan dirinya di kehidupan nyata.

“Saya berperan sebagai "Big", seorang anak muda berusia 24 tahun yang sama seperti saya. Itu adalah karakter yang sangat mirip dengan karakter asli say. Kekanak-kanakan, ceroboh, dan tidak khawatir sama sekali tentang mendapatkan pekerjaan. Ketika saya pertama kali menerima tawaran untuk berperan dalam sebuah drama, saya berkata bahwa saya benar-benar tidak ingin melakukannya. saya belum siap dan bagaimana seorang model tiba-tiba terjun ke dunia akting?  Saya tidak belajar apa-apa tentang dunia seni peran, tidak pernah berakting di masa lalu, akting yang saya lakukan adalah berbohong dengan anak-anak lainnya dan saya benar-benar bertanya-tanya bagaimana saya bisa melakukan hal ini tetapi saya tetap melakukannya pada akhirnya. Saya menghafal dialog saya dengan sangat baik, dan berpikir bagaimana rasanya jika saya akting  atas keinginan saya sendiri, dan saya benar-benar melakukannya seperti pemula,” cerita Joo Hyuk.

8. Kariernya pun di industri hiburan lambat-laun mulai menanjak. Setelah terlibat dalam proyek The Idle Mermaid, di tahun berikutnya ia mendapatkan peran yang cukup besar dalam drama Who Are You: School 2015. Beradu akting dengan mantan aktris cilik Kim So Hyun, ia pun mulai dikenal di kalangan penonton drama Korea.Terus menorehkan prestasi cemerlang, berikut beberapa drama yang pernah Nam Joo Hyuk bintangi:
Cheese In The Trap

Menjadi pemeran pendukung untuk drama yang dibintangi oleh Kim Go Eun dan Park Hae Jin, Joo Hyuk cukup berhasil menarik perhatian para penonton ketika ia berperan sebagai Kwon Eun Tak salah satu sahabat dari Hong Seol, pemeran utama wanita.
Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Menjadi salah satu drama yang berhasil memboyong sederet nama artis papan atas Korea Selatan seperti Lee Joon Gi, IU, Kang Ha Neul, Baekhyun, dan Ji Soo. Joo Hyuk yang berperan sebagai salah satu pangeran di Dinasti Goryeo.
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Duduk di bangku pemeran utama pria, Joo Hyuk memamerkan kharismanya ketika ia berperan sebagai atlet renang dalam sebuah drama bergenre rom-com.

The School Nurse Files


Baru saja dirilis pada bulan September kemarin, mini series dengan total 6 episode produksi Netflix ini mempertemukan Nam Joo Hyuk dengan artis Jung Yu Mi dalam sebuah sekolah yang dipenuhi dengan jeli-jeli unik.

9. Tidak hanya eksis membintangi sederet drama yang secara perlahan membesarkan namanya. Nam Joo Hyuk juga membintangi film layar lebar berjudul The Great Battle yang berhasil mengantarkan dirinya memenangkan penghargaan Best New Actor dalam salah satu ajang penghargaan paling bergengsi, Blue Dragon Awards.

10. Nam Joo Hyuk juga beberapa kali terlihat memberi dukungan kepada rekan sesama artis YG Entertainment dengan membintangi musik video milik grup duo Akdong Musician berjudul 200% dan Give Love.

11. Ia juga pernah beberapa kali menjadi member tetap di berbagai acara variety show. Beberapa di antaranya seperti Celebrity Bromance (bersama dengan rekan sesama aktor, Ji Soo), Three Meals a Day: Gochang Village, dan Coffee Friends.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

12. Bukan  menjadi aktor, rupanya cita-cita awal Nam Joo Hyuk adalah bermimpi menjadi seorang pemain basket profesional. Ia pun sempat tergabung dalam tim basket selama maka kurang lebih tiga tahun saat duduk di bangku sekolah menengah, namun setelah mengalami cedera yang harus membuatnya menjalani prosedur operasi, hari-harinya menjadi seorang pebasket pun resmi berakhir.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

13. Saat membintangi drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo yang rilis pada tahun 2016 silam, Nam Joo Hyuk terlibat cinta lokasi dengan Lee Sung Kyung. Hubungan asmara mereka ini dikonfirmasi tiga bulan setelah drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo selesai tayang. Namun nahas, pasangan yang sangat diidolakan dan didukung oleh para fans ini hanya bertahan 4 bulan. Pada Agustus 2017, keduanya yang kala itu sama-sama berada di bawah naungan YG Entertainment mengumumkan perpisahan mereka karena sibuknya jadwal kedua belah pihak.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

14. Walaupun telah resmi mengumumkan perpisahan mereka, tidak seperti kebanyakan pasangan selebriti lainnya, baik Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kyung masih tetap menyimpan foto yang mereka unggah di akun Instagram mereka. 

15. Cukup aktif menyapa para penggemarnya lewat platform media sosial Instagram, nama akun Instagram pria dengan tinggi menjulang ini tergolong cukup unik yaitu @skwangur. Jika sekilas dilihat, mungkin itu terdengar tidak memiliki arti apa-apa, namun alasan Joo Hyuk memilih kata “skwangur” adalah jika Anda mengetik kata “skwangur” menggunakan keyboard khusus bahasa hangul maka yang keluar adalah 남주혁 yang adalah namanya dalam tulisan bahasa Korea.

16. Walaupun tergolong sebagai salah satu aktor bertubuh tinggi (tepatnya 1,87 m), rupanya ketika masa kanak-kanak Joo Hyuk tidak tergolong tinggi.  “Tinggi badan saya hanya 158 cm ketika masuk saya kelas tujuh dan secara pesat berubah  menjadi 183 cm atau 184 cm saat saya duduk di bangku kelas sembilan. Jadi saya tumbuh sekitar 30 cm dalam 2 tahun,” ungkapnya.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

17. Pada 17 April 2019, Nam Joo Hyuk resmi terpilih menjadi brand ambassador dari label Dior Men untuk kawasan Asia.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

18. Mengaku sebagai pencinta anjing, ia memiliki dua anjing poodles yang diberi nama Ga Eul dan Gob Soon, Joo Hyuk kerap kali mengunggah foto anjing-anjing kesayangannya yang menggemaskan!

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

19. Nam Joo Hyuk diketahui bersahabat baik dengan aktor Ji Soo yang ia temui saat sama-sama membintangi drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Persahabatan mereka pun terus berlanjut bahkan setelah syuting berakhir. 



20. Berbagai iklan pun juga pernah Nam Joo Hyuk bintangi mulai dari iklan makanan ringan, mobil, hingga produk kecantikan.Tidak hanya itu saja, di berbagai iklan yang Joo Hyuk bintangi, ia pun kerap kali dipasangkan dengan sederet artis-artis cantik seperti Lee Sung Kyung dan Kim Tae Ri.

21. Ketika ditanya mengenai tipe wanita idealnya, Nam Joo Hyuk mengaku bahwa ia menyukai wanita terlihat imut namun di sisi lain dapat memancarkan aura yang tegas juga. 
“Saya suka orang yang memiliki ‘gelombang’ yang sama dengan saya. Seorang wanita yang berpikiran sama dengan saya. Anda orang yang langsung dapat ‘klik’ dengan baik sejak awal pertemuan dan terus ada dipikirkan kita. Saya sangat suka orang seperti itu, tetapi saya tahu untuk bertemu dengan orang yang langsung ‘klik’ tidaklah mudah. Selain itu, akhir-akhir ini saya juga menyukai orang-orang dengan tipe rambut bob yang terlihat tegas. Mungkin bisa dikatakan yang terlihat imut tapi juga di lain sisi  terlihat tegas?

23. Ketika sedang tidak memiliki jadwal syuting ataupun pekerjaan lain, Joo Hyuk mengaku bahwa dirinya suka pergi ke bioskop sendiri atau pergi bermain basket bersama teman-temannya dan atau pergi berpelesir ke kota-kota indah yang ada di Korea Selatan.

24. Bukan rahasia lagi bahwa Nam Joo Hyuk adalah penggemar berat dari NBA terutama pemain basket Stephen Curry. Bahkan ketika Stephen Curry mengunjungi Korea dan tampil di acara Infinite Challenge, Joo Hyuk yang juga diundang sebagai tamu spesial di acara tersebut mendapat kesempatan emas untuk mewujudkan cita-citanya bertemu dan bermain satu lapangan melawan Stephen Curry. Stephen yang berada di tim lawan  Joo Hyuk pun mengakui kepiawaian Joo Hyuk dalam bermain basket.

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

(Nam Joo Hyuk bersaam idolanya, Stephen Curry bermain dalam satu lapangan ketika Stephen mengunjungi Korea dan hadir pada acara Infinite Challenge)

(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)
(Foto: Courtesy of Instagram @skawngur)

(Foto: Courtesy of AsianWiki)
(Foto: Courtesy of AsianWiki)

25. Walaupun drama Start-Up belum menyelesaikan penayangannya, kabar Nam Joo Hyuk akan membintangi drama baru telah terdengar. Akan beradu akting dengan sederet artis papan atas Korea Selatan seperti Lee Byung Hyun, Han Ji Min, Shin Min A, dan Bae Sung Woo dalam satu drama berjudul Here. Awalnya drama yang bercerita tentang kisah perjalanan sekelompok orang yang bekerja untuk sebuah organisasi nirlaba internasional ini akan memulai syuting dan tayang di akhir tahun 2020. Namun karena pandemi coronavirus yang sedang berlangsung membuat proses produksi harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Semoga tim produksi dapat menemukan jalan keluar terbaik dan proses produksi drama Here dapat kembali berjalan ya!

(Foto:Courtesy of Harper's Bazaar China,Harper's Bazaar Thailand, AsianWiki, Instagram @skawngur)