Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Most Wanted Pastry: Cronut

Most Wanted Pastry: Cronut
Aneka Cronut di Union

Legenda kue Cronut yang menyihir para pencinta kuliner untuk memburunya hingga ke kota New York. Kini, terdapat dua rekomendasi tempat di Jakarta yang patut Anda coba untuk mencicipi kelezatan Cronut.

Antrian itu dimulai sejak jam 6 pagi dan biasa berlangsung hingga dua jam untuk seseorang yang mengantri hingga mendapatkan kue idaman terbaru mereka saat ini, Cronut. Pemandangan ini dapat Anda temukan beberapa bulan terakhir di kota New York. Pemburu Cronut menjadi fenomena terbaru di area Manhattan dan sekitarnya. Sejak debutnya di bulan Mei 2013 lalu, beberapa bakery bahkan kini membatasi jumlah konsumsi cronut yang tadinya dapat mencapai tiga hingga enam, kini hanya bisa dibeli satu orang masing-masing dua cronut. Beberapa orang bahkan rela mengantri kembali untuk mendapatkan porsi lebih. Jumlah akhir yang mereka perlu bayar bahkan mencapai lebih dari 100 US Dollar, jumlah yang cukup fantastis hanya untuk membeli pastry. Di hari-hari tertentu, para pengantri termasuk turis dari Asia, beberapa di antaranya termasuk orang Indonesia.

Dibalik tenarnya cronut saat ini, ternyata ada satu nama, Dominique Ansel yang berdiri di belakang kesuksesan serta kepopuleran hidangan ini. Mulai diperkenalkan kepada publik New York sejak bulan Mei 2013, cronut langsung menggelitik rasa penasaran publik. Pada dasarnya, cronut adalah croissant yang memiliki bentuk layaknya donat. Menggunakan bahan pastry dough, tantangan utama dalam membuat cronut adalah cara membuat bentuk donat. Harian Boston Globe di Amerika Serikat menyebut hidangan ini sebagai Food Portmanteau, istilah yang digunakan untuk menyebut dua istilah yang dicampur dalam satu kata, dalam hal ini croissant dan doughnut.

Fenomena ini segera ditangkap oleh hotel berbintang dan beberapa restaurateur dan kemudian menjualnya di pasar Indonesia. Cerita soal Cronut menyebar di kalangan pencinta kuliner dan kian menjadi primadona di Ibukota, Jakarta. Beberapa tempat berikut menyajikan cronut dengan berbagai macam pilihan topping, maupun bentuk.

Union

Union seolah terus melakukan inovasi pada hidangan mereka. Menempati lokasi strategis di Plaza Senayan, Jakarta, tempat berkonsep bar, bakery, dan bresserie ini nampaknya jarang sekali terlihat sepi dan selalu ramai dengan pengunjung. Setelah sukses lewat red velvet cake, kini giliran cronut yang dijagokan disini. Ada tiga macam jenis cronut yang ditawarkan di sini. salah satunya adalah Sugar & Cinnamon. Sebutannya di sini adalah "The Falky Donuts".

Mandarin Oriental Jakarta

Disebut dengan Kronuts di Mandarin Oriental Cake Shop, salah satu toko kue di hotel yang menjadi favorit sejak lama. Pastry ini terdiri lapisan adonan renyah dan gurih layaknya croissant, dibalur dengan gula, cinnamon powder dan dengan isi vanilla cream ringan dan lembut. Para tamu juga dapat menikmati Kronuts dengan secangkir kopi yang menjadi perpaduan istimewa.

(Teks: Hansel Mario & Muhammad Aziz ; Foto: Hansel Mario & Dok. Mandarin Oriental)