Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Tempat Terbaik Untuk Nikmati Sunset di Jakarta

Ini adalah lokasi hidden gem yang wajib Anda ketahui!

6 Tempat Terbaik Untuk Nikmati Sunset di Jakarta
Courtesy of Pexels

Meski termasuk kota besar, Jakarta tetap punya spot bagus untuk Anda bisa menikmati indahnya panorama matahari terbenam. Ingat, Jakarta masih punya pantai, lho. That's why Anda Masih bisa menemukan fenomena golden hour di kota ini. Intip enam rekomendasi tempat untuk menyaksikan momen surya tenggelam dalam artikel berikut! Mulai dari tepi pantai hingga tengah kota, sunset bisa dinikmati di beberapa sudut manis kota Jakarta.

BACA JUGA: Pesona Makan Malam di Ketinggian

1. Walking Drums by the Beach

Ingin menikmati sunset di Jakarta namun terasa seperti di Bali? Maka Anda bisa langsung meluncur ke Walking Drums by the Beach Ancol. Tempat yang punya area outdoor dan indoor ini punya panorama langsung menghadap ke matahari tenggelam berlatarkan laut lepas dan pasir putih yang indah. Benar-benar seperti di Pulau Dewata! Tak cuma itu, restoran ini juga punya ragam menu yang bisa Anda nikmati sambil bersantai bersama teman atau keluarga tercinta. Pencinta kopi pun boleh bersenang hati karena pilihan kopi di sini cukup berbeda dari tempat-tempat lainnya. Biji kopi yang diambil dari berbagai daerah di Indonesia, langsung dipanggang di sini sehingga Anda pun bisa melihat proses pemanggangan sambil menghirup aroma kopi yang begitu nikmat. Buka pada pukul 10.00 - 22.00 saat weekdays dan 07.00 - 22.00 saat weekend, Anda mungkin akan menemukan pengalaman berbeda saat menikmati senja di Jakarta.

2. Lucy in the Sky Spark

Courtesy of @lucyintheskyjakarta on Instagram

Senayan Park boleh dibilang tengah jadi tempat favorit bagi warga Jakarta untuk menghabiskan hari. Selain punya danau buatan besar yang cantik, tempat ini juga punya beberapa restoran bahkan bar yang menyuguhkan pengalaman baru bagi para penikmat waktu. Lucy in the Sky Spark salah satunya. Seperti konsep Lucy in the Sky lainnya, Lucy in the Sky Spark juga bertemakan Bohemian Garden with Eclectic Attitude. Namun bedanya, di Spark Anda bisa melihat momen matahari terbenam yang lebih romantis dan sentimentil. Berada di area rooftop Senayan Park, Anda bisa melihat anggunnya gurat sinar jingga sambil menikmati variasi menu yang disediakan. Mulai dari appetizer yang menggugah selera hingga deret minuman segar (alkohol & non-alkohol), tentu waktu yang akan Anda habiskan di sini bakal terasa lebih istimewa. Karena pun konsepnya masih sama yaitu restaurant and bar, maka pilihan food and beverages yang disediakan pun begitu nikmat. We think everybody trust Lucy in the Sky for their F&B quality, right? Jika ingin ke sini, Maka Anda bisa datang mulai pukul 16.00.

3. December by the Bay

Courtesy of @decembercoffee.id on Instagram

Kini kita beralih ke Jakarta Barat tepatnya ke area Citra 8, Sunset Strip. Sesuai dengan namanya, area ini memang punya spesialisasi matahari tenggelam. Ada beberapa kafe di tempat ini yang bisa Anda kunjungi. Namun untuk spot terbaik, December by the Bay akan menyuguhkannya untuk Anda. Sebelum sampai, Anda akan dimanja terlebih dahulu dengan panorama danau yang cantik. Tersedia pula trek jogging dan sepeda, Anda pun bisa duduk-duduk di pinggir danau untuk menunggu momen surya membenam. Untuk December by the Bay sendiri, saran kami duduklah di area luar agar bisa melihat detik-detik sunset yang lebih jelas di depan mata. Sambil menunggu, Anda bisa memesan ragam menu lezat seperti pastries dan kopi tentunya. Tak cuma itu, ada juga pilihan desserts seperti es krim dan kue Manis lainnya. Makanan berat pun bisa jadi pilihan terutama menu Nusantara seperti Nasi Campur Bali atau menu Western, Oriental, hingga Asian yang akan membuat Anda drooling. Oh ya, tempat ini juga pet friendly, lho! Mau menikmati senja sambil jalan-jalan sama anabul? Tentu bisa!

4. Cove at Batavia PIK

Tempat yang sempat viral beberapa tahun belakangan ini nyatanya masih menyenangkan untuk dijadikan spot menunggu sunset di Jakarta. Punya pesona keindahan pinggir laut, tempat ini juga dilengkapi dengan jembatan cantik yang bisa dijadikan area berfoto sambil menunggu matahari terbenam. Terlihat romantis layaknya di Venezia karena ada kapal Phinisi besar sebagai dekorasi sekaligus tempat bersantap. Untuk pilihan makanan, tentu didominasi oleh sajian seafood. Jika Anda merupakan penggemar boga bahari, Maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Makan hidangan lezat di dek kapal sambil lihat sunset, apa lagi yang kurang?

5. Habitat Park SCBD

Masih termasuk baru dan berada tepat di jantung kota Jakarta, Habitat Park SCBD ternyata juga merupakan spot sunset yang begitu indah. Punya taman bersih berkonsep botanical garden yang dilengkapi dengan display sejumlah hewan nan menggemaskan seperti bebek, ikan, kura-kura, burung, dan lain sebagainya, taman yang hanya bisa didatangi jika Anda telah mendaftar di website resminya ini bisa didatangi bersama keluarga terutama Anda yang butuh ruang terbuka untuk anak-anak. Buka sejak pukul 09.00 - 21.00, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp35.000 untuk bisa menikmati taman sambil menunggu sunset bersama orang-orang tersayang. Bayangkan menyaksikan momen matahari terbenam dan langit berwarna oranye keemasan di antara gedung gedung pencakar langit yang menjulang. Serasa seperti di New York!

6. Sentosa Senayan

Courtesy of @sentosa_senayan on Instagram

Terakhir, ada tempat makan estetik di kawasan Senayan yang juga punya pemandangan sunset nan indah. Sentosa Senayan namanya. Menyediakan live seafood dan rangkaian dimsum lezat di area GBK Senayan, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi menjelang sore bersama teman, keluarga, bahkan kolega selepas pulang kerja. Tempat yang sangat nyaman dengan model bangunan kekinian serta dikelilingi oleh area hijau yang luas, nyatanya akan jadi tempat sempurna untuk Anda menunggu momen sunset di tengah kota dan di antara kebisingan serta hiruk pikuk segitiga emas (Sudirman-SCBD-Senayan). Buka sejak pukul 08.00 - 22.00, Anda bisa langsung datang atau mereservasinya terlebih dahulu untuk jumlah pengunjung yang lebih banyak.

BACA JUGA:

10 Rekomendasi Restoran dan Kafe untuk Hangout di Jakarta dengan Ruang Terbuka Favorit Para Penikmat Senja

Rekomendasi Tempat Makan Croffle Enak di Jakarta yang Harus Dicoba

(Foto: Courtesy of Pexels, @walkingdrums.ancol, @lucyintheskyjakarta, @decembercoffee.id, @cove.pik, @reihanameimunnn_, @sentosa_senayan on Instagram)