Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Tempat Makan Croffle Enak di Jakarta yang Harus Dicoba

Jangan bosan di masa PPKM, Anda tetap bisa mencicipi berbagai macam croffle enak di Jakarta dengan layanaan pesan daring.

Rekomendasi Tempat Makan Croffle Enak di Jakarta yang Harus Dicoba
Courtesy of Instagram

Bagi kalian pencinta kuliner, pastinya sudah tahu apa itu croffle. Croffle adalah kategori hidangan manis yang diproses seperti layaknya waffle, namun menggunakan adonan croissant. Makanan viral ini pastinya cocok untuk kalian para pencinta pastry. Croissant waffle ini mulai muncul sejak akhir tahun 2020, dan mulai mengguncang kota Jakarta pada awal 2021.

Hal ini sama adanya dengan makanan dan minuman lainnya yang sempat menghebohkan semua orang, seperti dalgona coffee, brown sugar boba, hingga dessert box. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk kota ini penuh dengan kafe dan restoran yang menyajikan menu viral tadi, itu semua berkat ketenarannya yang begitu cepat melejit.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah makanan penutup mulut yang muncul dari Korea dan terjual luas di Jakarta ini memiliki standar kenikmatan yang sama? Belum tentu. Oleh karena itu, Bazaar telah membuat daftar rekomendasi restoran atau kafe yang menjual croffle dan wajib Anda coba! Mengingat Anda semua sedang kembali menjalankan aktivitas di rumah saja, Bazaar juga melengkapi informasi mengenai sistem pembeliannya secara daring.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, langsung dicoba!

1. Sēl Gunawarman

Courtesy of Instagram @selgunawarman

Courtesy of Instagram @selgunawarman

Harga: 30,000 – 36,000 rupiah per 1 pcs (via Gofood)
Jam buka: 11:00 – 19:00 
Pemesanan: pengiriman kurir (Pre-Order) dan GoFood

Selain menjadi favorit Bazaar, restoran ini juga tenar akan interiornya yang instagrammable. Terletak di daerah Gunawarman, Sel Gunawarman menawarkan menu hidangan makanan utama hingga kopi untuk menjadi teman bersantap. Tak hanya itu, restoran ini juga menyediakan cukup banyak menyediakan variasi croffle yang jarang ada di tempat lain, seperti coffee toffee, cookies & cream, milo dinasour, apple & cream, tuna mayo, dan lain sebagainya. Tetapi walaupun begitu, mereka tetap menyediakan variasi croffle klasik bagi Anda yang ingin mencoba.

2. Tokyo Gorilla

Courtesy of Instagram @tokyogorilla.id
Courtesy of Instagram @tokyogorilla.id

Harga: 25,000 – 35,000 per 3pcs
Jam buka: 12.00 – 19:00
Pemesanan: pengiriman kurir, takeaway, dan GoFood

Tempat croffle yang satu ini cukup unik, karena mereka adalah tempat pertama di Jakarta yang menjual croffle dalam ukuran mini. Tokyo Gorilla sudah memiliki banyak cabang yang dapat Anda jangkau, seperti lokasi pertamanya di PIK, lalu Kemang, Pluit Karang, Bekasi, Sunter Mall, dan juga cabang terbarunya ada di Taman Palem.

Karena konsep mereka berbaur dengan Jepang, begitu juga nama-nama variasi croffle yang mereka tawarkan. Mereka membagi varian menjadi tiga, yaitu origin, sweet, dan savoury. Bagian origin hanya memiliki satu rasa, sedangkan sweet ada varian Gorilla Blast, Winter Lotus, Royal Pinattsu, Kyoto Matcha, Tokyo Shinamon, dan untuk savoury ada varian Gyu Mayo, Hokkaido Chizu, Goma Dare, Nori, Garlic Bureddo, serta Soseji King.

3. Kopi Tembem 

Courtesy of Instagram @kopitembem
Courtesy of Instagram @kopitembem

Harga: 30,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 08:00 – 20:00
Pemesanan: pengiriman kurir, takeaway, GoFood, dan GrabFood

Kalau Anda sedang mencari tempat untuk menikmati waktu sendiri, ini adalah pilihan tepat. Kopi Tembem ini berlokasi di Cilandak dengan suasana yang nyaman, juga kopi yang enak. Mereka menjual croffle dengan satu varian rasa klasik yang lezat ditemani dengan saus maple. Kafe ini bisa dibilang tergolong baru, karena baru resmi beroperasi pada April 2021 lalu.

4. Social Affair

Courtesy of Instagram @socialaffair
Courtesy of Instagram @socialaffair

Harga: 25,000 – 28,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 10:00 – 20:00
Pemesanan: takeaway, GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan Tokopedia

Hampir semua warga Jakarta pastinya sudah tau dengan tempat yang satu ini. Restoran yang merupakan pelopor paling pertama yang menjual croffle di Jakarta. Sudah memilik banyak cabang, seperti Mall Kelapa Gading, PIK Avenue, CITOS, dan Aeon BSD, tapi tempat ini selalu ramai di setiap cabangnya. Sebelum menghadirkan croffle, Social Affair memang sudah dikenal dengan sajian pastry.

Dengan berani, mereka menghadirkan croffle pertama di Jakarta langsung dengan banyak varian rasa seperti Maple, Kaya Toast, Biscoff, Nutella, Salted Caramel, dan Peanut Butter & Jelly.

5. Baker Man

Courtesy of Instagram @bakerman.id
Courtesy of Instagram @bakerman.id

Harga: 25,000 – 28,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 09:00 – 20:00
Pemesanan: pengiriman kurir, takeaway, Gofood, dan Grabfood

Tak jauh berbeda dengan rekannya, Social Affair, ternyata Baker Man pun menyandang predikat yang serupa. Sejauh ini, Baker Man hanya dapat ditemukan di pusat perbelanjaan Ashta District 8 Senopati. Bedanya, Anda dapat meminta tambahan ice-cream dengan biaya sebesar 15,000 rupiah per scoop. Di sini, Anda bisa memilih rasa dari yang klasik seperti plain, maple, klepon, red velvet, dan juga vanila dan cokelat untuk varian rasa ice-cream.

6. Don Bakeshop

Courtesy of Instagram @donymuhadi
Courtesy of Instagram @donymuhadi

Harga: 23,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 10:00 – 19:00
Pemesanan: self pick-up, GoFood, dan GrabFood

Untuk bakeshop yang satu ini, memiliki tempat cukup kecil terletak di ITC Kuningan, lantai 4. Walaupun memiliki tempat yang kecil, tapi jangan ragukan semua menu pastry yang mereka tawarkan. Memang dikenal sebagai salah satu toko roti terbaik, sudah pasti kalau croffle buatan Don Bakeshop adalah salah satu yang wajib Anda coba. Don Bakeshop memiliki varian cukup banyak yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya, antara lain Chocolate Fudge, Salted Caramel, Cream Cheese, Frosting, Lotus Biscoff Jam, Nutella, dan Matcha.

7. Dear Butter

Courtesy of Instagram @dearbutter.id
Courtesy of Instagram @dearbutter.id

Harga: 27,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 08:00 – 19:00
Pemesanan: self pick-up, GoFood, dan GrabFood

Tempat croffle ini adalah tempat yang sedang banyak sekali diserbu oleh para penggemar croffle. Mereka sudah membuka cabangnya hampir diseluruh Indonesia, untuk Anda yang di Jakarta bisa menemukannya di Senopati, Emporium Pluit Mall, Pejompongan, Kelapa Gading, ITC Kuningan, Binus Kemanggisan, Tebet Timur, dan masih banyak lagi. Mirip dengan Tokyo Gorilla, Dear Butter juga menjual croffle dalam ukuran mini. Namun letak perbedaan dapat Anda temukan pada bagian teksturnya yang sangat lembut di dalam dan renyah di luar. Dear Butter menyajikan croffle terpisah dari sausnya. Ada enam rasa yang bisa Anda pilih yaitu Almond Maple, Choco Crunch, Strawberry Jam, Strawberry Cream Cheese, dan Blueberry Cream Cheese.

8. Tjemilan oleh Kopi Soe 

Courtesy of Instagram @tjemilan.olehkopisoe
Courtesy of Instagram @tjemilan.olehkopisoe

Harga: 25,000 – 33,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 08:00 – 20:00
Pemesanan: pengiriman kurir, take away, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood

Siapa yang tidak kenal toko kopi satu ini? Dapat dikatakan mereka adalah salah satu toko kopi yang tenar di Jakarta. Akhir tahun kemarin, mereka merilis varian menu baru mereka yaitu soeffle (sebutan menu croffle di Kopi Soe). Tidak membutuhkan waktu yang lama, Tjemilan oleh Kopi Soe ini menarik banyak penggemar untuk soeffle mereka. Varian yang dikeluarkan juga tidak sedikit, ada klasik, manis dan juga asin gurih. Untuk pilihan manis, Anda dapat memilih dari Cokelat Renyah, Si Kayu Manis, Cokelat Kacang, Srikaya, dan Peanut Butter & Strawberry. Dan, untuk varian asin gurih, mereka punya Bolognaise, Ciki Keju, dan Ciki Ayam.

9. Monks

Courtesy of Instagram @monksjakarta
Courtesy of Instagram @monksjakarta

Harga: 30,000 – 35,000 rupiah per 1pcs
Jam buka: 09:00 – 20:00
Pemesanan: Takeaway, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood

Restoran yang terletak di Kelapa Gading ini sudah cukup memiliki namanya sendiri. Bisa dibilang bahwa Monks ini adalah tempat nongkrong favorit untuk para warga Kelapa Gading. Tidak mau tertinggal, Monks juga mengeluarkan menu croffle sendiri. Monks menawarkan satu varian rasa yang jarang dimiliki tempat lain yaitu Tiramisu. Tetapi, mereka juga pastinya menawarkan varian rasa klasik lainnya seperti Matcha, Biscoff, Nutella, Martabak Cokelat.

10. Convivium Bakery & Café

Courtesy of Instagram @conviviumdeli
Courtesy of Instagram @conviviumdeli

Harga: 25,000 – 35,000 rupiah per 1pcs
Pemesanan: pengiriman kurir (Pre-Order H-1) 

Last but not least adalah Convivium Bakery & Café yang terletak di daerah Panglima Polim. Convivium dapat dibilang memiliki varian croffle yang berbeda tampilannya. Karena tidak seperti yang lainnya, croffle mereka dilipat seperti berbentuk sandwich. Semua varian croffle disini dipenuhi dengan toping yang sangat menarik, seperti buah segar untuk menu Strawberry & Cream, pisang untuk menu Banana & Chocolate, hingga rasa klasik seperti Ham & Cheese, Red Velvet.

Selamat mencoba!

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Tevia Putri)