Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengulik Tren Baggy Jeans yang Kembali Populer

Setelah sempat tenggelam di era 2000-an, celana baggy jeans kembali mendominasi dunia mode.

Mengulik Tren Baggy Jeans yang Kembali Populer
Courtesy of @wuzg00d, @lorihirshleifer, and @peggygou_ on Instagram

Bagi kalangan muda, baggy jeans merupakan pakaian andalan yang selalu meningkatkan tampilan streetwear mereka. Namun, efek penuh gaya dari model celana longgar tersebut membuat baggy jeans menjadi bawahan favorit beragam usia. 

Courtesy of @wuzg00d on Instagram

Asal-usul baggy jeans dapat ditelusuri ke tahun 1980-an saat budaya hip-hop mulai berkembang di Amerika Serikat. Semenjak tahun tersebut hingga sekarang, banyak artis rap dan hip-hop yang senang mengenakan pakaian longgar, termasuk baggy jeans, sebagai bagian dari ekspresi diri dan pemberontakan terhadap norma pakaian rapi atau mainstream

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Merek Kacamata Penuh Gaya

Courtesy of @cissylia on Instagram

Seiringnya waktu, baggy jeans kemudian menjadi simbol gaya streetwear yang semakin menyebar ke seluruh dunia melalui musik, media, dan efek inspirasi dari selebriti, hingga menjadi tren global yang ikonik.

Beberapa alasan mengapa baggy jeans begitu digemari banyak orang adalah karena mudah untuk digunakan dengan beragam atasan. Dengan potongan yang longgar, celana ini memungkinkan pemakainya untuk lebih bebas bergerak. Hal tersebut tidak dapat dirasakan saat menggunakan skinny jeans yang lebih ketat. 

Courtesy of @lorihirshleifer on Instagram

Selain fungsionalitas, bentuk baggy jeans yang besar dan longgar dapat membuat kaki Anda terlihat lebih panjang saat dipadukan dengan pakaian dan alas kaki yang tepat. Mulai dari kaos oversized untuk tampilan yang lebih kasual, hingga blazer untuk tampilan semi-formal yang unik, baggy jeans mudah dipadukan sesuai selera pribadi. Fleksibilitas gaya dari baggy jeans pun menjadi pilihan favorit penggemar outfit kasual atau streetwear yang ingin tampil santai tetapi tetap terlihat modis. 

Courtesy of @pschuldtz on Instagram

Courtesy of @wulanguritno on Instagram

Baggy jeans memberikan kesan effortless namun tetap chic. Bahkan, banyak fashion blogger dan selebriti kerap terlihat mengenakan baggy jeans sehingga meningkatkan pesona gaya busananya di kalangan penggemar mode. Dengan potongannya yang longgar, celana ini memberikan siluet yang berbeda dan menciptakan kontras yang menarik ketika dipadukan dengan atasan yang lebih fitted atau gabungan aksesori favorit Anda.

Selain itu, baggy jeans juga cocok untuk berbagai jenis alas kaki, mulai dari sepatu kets hingga hak tinggi. Hal tersebut membuatnya mudah disesuaikan dengan berbagai gaya pribadi.

Courtesy of @katkathh_ on Instagram

Rupanya, baggy jeans bukanlah hanya sekedar tren sesaat. Bawahan tersebut membuktikan diri sebagai fashion item yang timeless dan serbaguna untuk gaya pria maupun wanita. Dengan gradasi warna dan desain yang makin bervarian, Anda tidak akan bosan dengan banyaknya pilihan model baggy jeans diluar sana yang inovatif. 

Courtesy of @peggygou_ on Instagram

Jika Anda tertarik untuk mengekspansi koleksi baggy jeans Anda, berikut adalah 5 rekomendasi baggy jeans dari label lokal yang menarik. 

  1. KIND Denim: KAIA Jeans (IDR 999.000 di web resmi) 
    Courtesy of KIND Denim
  2. TANGAN: Brut Jeans (IDR 2.950.000 di web resmi) 
    Courtesy of TANGAN
  3. OMO: Iris Short Jeans (IDR 399.000 di web resmi)
    Courtesy of OMO


  4. SJYP: Blue Asymmetric Front Baggy Fit (IDR 5.850.000 in web Masari)
    Courtesy of SJYP and Masari


  5. Demoan: Baggy Jeans Unisex (IDR 425.000 di web resmi)
    Courtesy of Demoan

BACA JUGA:
Sekilas Outfit Alyssa Daguise Saat Menonton Fashion Show
Keramaian di Art Jakarta 2024 yang Baru Saja Usai