Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sejarah di Balik Jam Tangan Cartier Tank

Segala hal yang perlu diketahui tentang desain jam ikonis ini, mulai dari sejarahnya hingga para penggemar terkenal.

Sejarah di Balik Jam Tangan Cartier Tank
Courtesy of Bazaar UK

Sungguh mengejutkan berapa banyak icon jam tangan dan perhiasan mewah yang terinspirasi oleh barang-barang dasar dan utilitarian: Cartier Clou, yang didasarkan pada sebuah paku; rangkaian Tiffany Keys, terinspirasi oleh kunci pintu antik; atau koleksi Jack de Boucheron, terinspirasi oleh kabel jack. Mungkin contoh paling utama? Jam tangan Cartier Tank, yang terinspirasi oleh kendaraan militer Perang Dunia Pertama.

BACA JUGA: Daya Pikat Vanessa Kirby dan V BTS di Balik Koleksi Panthère De Cartier: 

Salah satu jam tangan yang paling banyak dicari di internet, popularitas Cartier Tank tetap utuh berkat siluet yang abadi, kode desain Art Deco, dengan gaya elegan yang mudah dipadankan.

Sejarah Cartier Tank

Courtesy of Bazaar UK

Pertama kali diciptakan pada tahun 1917, jam tangan ini dirancang oleh pendiri maison, Louis François Cartier, tiga tahun setelah pergolakan Perang Dunia I. Cartier terinspirasi oleh garis-garis tegap dan proporsi gagah dari Tank Renault yang digunakan di West Front, dengan keinginan untuk menciptakan jam tangan yang menangkap desain dan rekayasa praktis namun halus. Siluet berbentuk persegi panjang dari jam tangan Cartier Tank mencerminkan pandangan atas kendaraan itu, brancards jam (sisi vertikal kotak jam) mengingatkan pada treads, sementara casing-nya sendiri mewakili kokpit.

Daya tarik berani dari jam ini sebagian besar terletak pada pemisahan dari kode desain yang populer pada saat itu; desain dial yang melengkung dan bulat berkuasa, dan membawa era baru elegansi Art Deco.

Courtesy of Bazaar UK

Sub-koleksi Tank

Sejak peluncurannya, Cartier Tank telah diromantisasi berkali-kali, dengan berbagai sub-koleksi yang berasal dari model pertama ini. Namun, ada tanda tangan desain yang khas yang terus berlanjut: yaitu, angka Romawi tebal, jarum pedang, dan mahkota berwarna safir.

Tank Louis Cartier, Tank Francaise, Tank Americaine, Tank Cintrée, Tank Must de Cartier, Tank Chinoise... Semua iterasi tersebut telah mengikuti kode desain ini, menawarkan kadang-kadang perubahan siluet yang halus, kadang-kadang perubahan yang signifikan.

Courtesy of Bazaar UK

Diciptakan dalam baja, emas kuning, dan emas mawar, daftar desain Cartier Tank sekarang mencakup beragam model untuk semua ukuran pergelangan tangan dan warna kulit, tersedia dengan tali kulit atau gelang, bersinar polos atau dihiasi dengan berlian. Model-model terbaru juga membawa desain ini kokoh ke abad ke-21, seperti Tank Solarbeat, yang dilengkapi dengan gerakan Quartz tenaga surya dan tali vegan.

Courtesy of Bazaar UK

Siapa yang mengenakan Cartier Tank?

Seperti icon desain besar lainnya, Cartier Tank dengan cepat menjadi jam tangan pilihan untuk dunia mode tinggi dan masyarakat kelas atas. Jackie Kennedy, Yves Saint Laurent, Charlotte Rampling, dan Andy Warhol adalah beberapa yang pertama jatuh cinta pada pesonanya. Ketika ditanya tentang pilihannya akan jam tangan, Andy dengan terkenal berkata, "Saya tidak mengenakan jam Tank untuk melihat waktu. Sebenarnya, saya bahkan tidak pernah mengikutinya. Saya mengenakan Tank karena itu adalah jam tangan yang harus dikenakan!" Dan tampaknya ia tidak sendirian dalam pemikirannya.

Courtesy of Bazaar UK

Sejak itu, banyak selebriti terkenal telah mengikuti jejaknya, termasuk Angelina Jolie, Michelle Obama, Tom Ford, dan Sarah Jessica Parker - dan, yang lebih baru-baru ini, Duchess of Sussex.

Meghan terlihat mengenakan Tank yang dulunya dimiliki oleh ibu mertuanya yang sudah meninggal, Putri Diana. Jam tangan ini sering terlihat di pergelangan tangan Diana pada tahun 1990-an. Ini adalah jam Tank kedua yang dimiliki Meghan; ia terkenal membeli jam tangan Tank dua warna ketika ia mengetahui bahwa serial TV populer, Suits, diperpanjang untuk musim ketiga, yang kemudian ia ukir dengan 'To M.M. from M.M.' Seperti banyak yang membeli Tank, Meghan berencana mewariskan jam tangan ini kepada putrinya, karena keanggunan sederhana dari jam tangan ini dengan mudah melintasi generasi.

Courtesy of Bazaar UK

Di mana Anda bisa membeli Cartier Tank?

Anda dapat membeli jam tangan Tank langsung dari Cartier, atau melalui sebagian besar pengecer perancang utama di seluruh dunia, termasuk Goldsmiths, Selfridges, dan Harrods.

Mencari yang bekas? Terdapat daya tarik dalam jam tangan sulit ditemukan yang tersedia di situs-situs penjualan ulang: pertama-tama, kunjungi Vestiaire Collective, FarFetch, dan 1st Dibs.

Untuk sesuatu yang benar-benar unik, pertimbangkan perhiasan Jacquie Aiche, yang menciptakan beberapa dial khusus yang mencolok untuk model Cartier vintage, memperkenalkan batu permata tidak biasa dan warna caleidoscopic ke dalam siluet klasik. Setiap jam tangan adalah benar-benar unik dan dijamin akan memicu percakapan.

Dan jangan lupa, ketika Anda berinvestasi dalam sebuah barang yang akan bertahan selamanya, baik itu jam tangan atau perhiasan, penting untuk tahu cara menyimpan dan merawatnya dengan benar agar barang tersebut tetap awet dan tahan lama.

Cartier Tank Américaine, Cartier Tank Louis, Cartier Tank Must

Cartier Tank Must, Cartier Tank Francaise, Cartier Louis Tank

Jacqiue Aiche Vintage Cartier Tank, Vintage Diamond Tank, Cartier Tank Louis

BACA JUGA:

Wajah Baru Tempat Bersejarah Cartier

Cartier Memperkenalkan Elle Fanning Sebagai Global Ambassador Koleksi Grain de Café

(Penulis: Charlie Boyd; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)