Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Desainer Ria Miranda Hadirkan Koleksi Kolaborasi dengan Seniman Mang Moel

Ketika fashion dan seni bersatu, terciptalah karya istimewa berupa koleksi busana, aksesori, hingga instalasi seni dengan tajuk Seanergy.

Desainer Ria Miranda Hadirkan Koleksi Kolaborasi dengan Seniman Mang Moel
Courtesy of RiaMiranda x Mulyana

Tak pernah kehabisan ide kreatif, kali ini desainer Ria Miranda berkolaborasi dengan seorang seniman kontemporer, Mulyana, atau yang biasa dikenal dengan panggilan Mang Moel. Kolaborasi ini merupakan kolaborasi perdana desainer modestwear dengan seorang seniman.

"Saya melihat banyak hal yang bisa dieksplorasi dari karya Mang Moel untuk diterapkan dalam ready to wear dan aksesori Ria Miranda, dengan tema biota laut yang kaya akan ragam warna yang menarik. Karya Mang Moel juga memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan terutama biota bawah laut," ujar Ria Miranda.

Mengusung tajuk Seanergy, kolaborasi Ria Miranda dan Mang Moel telah melalui proses dan interaksi yang panjang, hingga pada akhirnya berhasil menciptakan karya inovatif, dari harmonisasi fashion dan kekayaan laut.

Courtesy of RiaMiranda x Mulyana

Berawal dari kedekatan bentuk karya Ria Miranda dan Mang Moel, keduanya dengan bangga menghadirkan Seanergy untuk masyarakat luas.

"Saya memang membuat karya dengan bentuk visual biota laut sebagai ekosistem dari Monster Gurita. Kemudian saya merespons energi positif yang muncul dari bentuk-bentuk karya Ria Miranda," kata Mang Moel. Kehidupan laut yang penuh misteri memang kerap diangkat ke dalam setiap karya sang seniman. Seniman asal Yogyakarta ini memulai kariernya sebagai guru seni dan mulai menekuni teknik merajut yang kini menjadi ciri khasnya.

Salah satu karyanya, Coral Luna, merupakan karya rajut indah penuh warna yang diciptakan Mang Moel dengan mengusung ragam bentuk terumbu karang yang membentuk lingkaran seperti bulan. Terinspirasi oleh keindahan bulan yang menjadi sumber cahaya di malam hari, rangkaian karang berbentuk lingkaran diibaratkan Mang Moel sebagai bulan purnama. Karya ini juga terinspirasi oleh pentingnya peran bulan dalam kehidupan manusia, mulai dari mengatur pasang surut laut hingga membentuk dasar dari kalender lunar.

Kolaborasi antara Ria Miranda dan Mang Moel hadir dalam bentuk produk, seperti busana siap pakai wanita, koleksi pria serta aksesori seperti bros ikan kuning bernama “iwak” yang menjadi salah satu ciri khas karya Mang Moel.

Tak hanya itu saja, kolaborasi ini juga turut menampilkan instalasi seni yang kaya warna. Bahkan untuk pertama kalinya, Mang Moel menampilkan karya dengan rona warna pink yang sesuai dengan DNA Ria Miranda.

Sejak berdiri pada tahun 2009, Ria Miranda merupakan merek fashion yang memiliki sentuhan feminin. Melalui tiap helai potongan karyanya, Ria Miranda secara konsisten menampikan gagasan tentang kehidupan yang dikreasikan dalam rona pastel, sebagai citra karakter yang lembut, sederhana, namun tetap menggambarkan kecantikan wanita.

Courtesy of RiaMiranda x Mulyana

Pameran seni ini dibuka untuk umum hingga tanggal 27 Oktober 2023 di D Gallerie, Jakarta. Selain itu, karya ini juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas melalui windows display di butik Ria Miranda yang berlokasi di Pondok Indah Mall 2.

BACA JUGA:

Koleksi ‘Sangsata’ Menjadi Wujud Nyata Konsistensi Ria Miranda Terhadap Komunitas dan Budaya Minang

Melihat Koleksi Uniqlo: C yang Kini Sudah Hadir di Jakarta

(Penulis: Riza Arya; Foto: Courtesy of Ria Miranda x Mulyana)