Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Wanita Inspiratif Indonesia Menerima Penghargaan Her World Women of The Year 2022

Apresiasi untuk wanita yang sukses yang mampu menginspirasi sekitarnya.

10 Wanita Inspiratif Indonesia Menerima Penghargaan Her World Women of The Year 2022

Tahun ini Her World Indonesia mengkurasi 10 sosok wanita hebat yang tidak berhenti menginspirasi orang-orang di sekitarnya dengan menggelar Women of The Year 2022 (WOTY). Acara ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi wanita-wanita lain agar terpacu untuk melakukan hal serupa. 

BACA JUGA: Berikut adalah 12 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia yang Dinobatkan sebagai Women of The Year 2021

Editor-in-Chief Her World Indonesia, Mita Soedarjo menyampaikan, “Women of The Year diselenggarakan secara rutin oleh Her World Indonesia dan Her World Singapura, untuk memberi apresiasi kepada para wanita yang telah sukses mewujudkan cita-citanya dan karya mereka telah memberikan dampak baik bagi masyarakat."

WOTY 2022
Ria Lirungan, Vera Margaret, Sandy Hendra Budiman, Mita Soedarjo, Martina Danuningrat, Shantica Warman
 

Apresiasi yang diberikan oleh Her World Indonesia dalam WOTY 2022 terdiri dari beberapa kategori, antara lain Lingkungan dan Kebudayaan, Kesehatan, Seni dan Budaya, dan Entrepreneurship. Proses kurasi ini menghabiskan waktu enam bulan dengan mempertimbangkan berbagai kriteria seperti konsistensi, dampak sosial, dan kontribusi.

WOTY 2022
Deretan penerima Women of The Year 2022
 

Sepuluh wanita yang terpilih sebagai Women of The Year 2022 antara lain:

  1. Niniek Febriany
    Seorang Arsitek asal Yogyakarta yang menjadi salah satu pendiri komunitas Book For Mountain, yaitu komunitas peduli pendidikan yang berfokus untuk mendirikan perpustakaan di pelosok Indonesia.

  2. Intan Anggita
    Co-Founder dari Setali Indonesia, yaitu perusahaan di bidang sosial yang mengusung semangat sustainable fashion.

  3. Marthella Sirait
    Founder dari Konekin (Koneksi Indonesia Inklusif), sebuah platform sosial yang mendorong ekosistem inklusif di Indonesia dengan tujuan mengedukasi masyarakat akan isu disabilitas.

  4. Syukriatun Niamah
    Founder dari Robries, perusahaan yang berfokus pada pengelolaan limbah sampah (upcycle) yang diubah menjadi furnitur.

  5. Sharlini Eriza Putri
    Co-Founder dari Nusantics (Nusantara Genetics) sebuah perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi yang berfokus pada teknologi genome

  6. Yura Yunita
    Penyanyi dengan beberapa lagu yang menjadi hit di sejumlah radio di Indonesia dan baru merampungkan album terbarunya Tutur Batin di tahun 2021 silam. Beberapa video klipnya berhasil membangun percakapan seputar pentingnya kesehatan mental.

  7. Kamila Andini
    Seorang Sutradara yang mengawali karier di tahun 2002. Karyanya sempat meraih 7 nominasi Festival Film Indonesia 2011. Sementara salah satu film terbarunya, Yuni, berhasil memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021 dan menjadi film pertama dari kawasan Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan tersebut. Kamila sering kali menjadikan perempuan sebagai salah satu fokusnya dalam menggarap film. 

  8. Martcellia Liunic
    Seorang Ilustrator dan Art Director dengan karya yang identik dengan binatang, tumbuhan, serta makhluk hidup lain. Ia sempat berkolaborasi dengan beberapa merek ternama deperti Dove dan H&M.

  9. Aryenda Atma
    Founder dari Pable, yaitu perusahaan pengolah limbah tekstil sejak tahun 2020, bertujuan menawarkan alternatif baru dalam memproduksi dan mengonsumsi suatu produk. Pable mengolah limbah tekstil menjadikan benang daur ulang serta memprosesnya kembali menjadi barang baru seperti pouch, keset, serbet, karpet, dan alas piknik.

  10. Lintang Kusuma Pratiwi
    Co-Founder dari Elevarm, sebuah start-up di bidang agrikultur untuk membawa perubahan di industri pertanian. Salah satu inovasianya adalah aplikasi Dr. Tania, lewat aplikasi ini Lintang dan Elevarm berhasil menjangkau hampir 4000 petani di 257 kota di Indonesia. 

WOTY 2022
Shelomita mengisi panggung hiburan di WOTY 2022
 

Malam penganugerahan WOTY 2022 dengan tema Enhance Your Potential diselenggarkan di Ballroom Hotel Sultan Jakarta pada 26 Oktober 2022. Acara malam apresiasi ini turut dilengkapi dengan penampilan dari penyanyi Shelomita.

BACA JUGA:
Women Of The Year 2020, Ajang Apresiasi 12 Sosok Wanita Inspiratif Indonesia 
Malam Dedikasi Untuk Sepuluh Wanita Inspiratif Indonesia

Foto: Courtesy of Her World Indonesia