Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Throwback di Akhir Pekan dengan 26 Daftar Film Terbaik Tahun 2000-an!

Mulai dari fantasi, waralaba, dan 'feel-good films' ini sedang hangat-hangatnya.

Throwback di Akhir Pekan dengan 26 Daftar Film Terbaik Tahun 2000-an!
Courtesy of BAZAAR US

Penonton baru mungkin bertanya-tanya apakah angka nol di komputer besar akan mengirim dunia ke keadaan apokaliptik dan mencoba bertahan di zaman kegelapan yang baru. Namun, bagi penggemar film, rasa takut ini digantikan dengan kegembiraan untuk lembaran baru. Dan sesuatu yang sangat menyenangkan dari dekade ini akan bergejolak. 

Penuh dengan komedi romantis dan film fantasi epik yang membahagiakan, juga didominasi oleh kebangkitan film superhero dan waralaba yang tidak akan mati, tahun 2000-an menyambut berbagai film yang berkualitas. Kami juga melihat kemajuan teknologi di bidang special effects dan animasi, serta bertemu dengan beberapa pahlawan mode terhebat kami (Miranda, Elle, Regina) yang masih berada di puncak hati kami. 

Itu adalah waktu yang baik untuk sebuah film. Alasan lainnya sudah jelas bahwa kita tidak bisa cukup dengan tren Y2K pada celana parasut hingga bintang musik terbesar yang mengambil sampel lagu dari dekade itu—kami di sini untuk menawarkan daftar yang terbaik pada industri film. Jadi, tanpa urutan tertentu, berikut adalah film-film terbaik tahun 2000-an.

25th Hour (2002)

25th Hour (2002)

Sebuah drama kriminal yang menceritakan hari terakhir kebebasan seorang pengedar narkoba sebelum ia menjalani hukuman penjara, ini adalah film pertama yang memasukkan peristiwa 9/11 ke dalam narasinya. Dengan soundtrack melankolis yang mencerminkan suasana kota yang muram, dialog kontemplatif yang dimainkan Edward Norton, dan, tentu saja, beberapa pandangan sutradara. 25th Hour adalah film karya Spike Lee yang tidak perlu diragukan lagi, menjadikannya salah satu yang terbaik.

Amelie (2001)

Amélie (2001)

Audrey Tautou berperan sebagai Amelie Poulain, seorang warga Paris berusia 23 tahun yang secara tak terduga menemukan cinta dalam misinya untuk membantu orang lain. Sebuah komedi romantis karya Jean-Pierre Jeunet yang sangat menawan. Dihiasi dengan rambut bob ikonis yang sama anehnya dengan film itu sendiri, Amelie berhasil membuat orang lain tersenyum, dan memikat penonton di seluruh dunia. Jika Anda belum melihatnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk jatuh cinta.

Brokeback Mountain (2005)

Brokeback Mountain (2005)

Drama meditatif Sutradara Ang Lee adalah surga bagi sinematografer, dengan bidikan pedesaan yang bergulir dan matahari terbenam, tetapi juga merupakan kisah cinta yang epik. Dua pria dalam film tersebut, Jack (Jake Gyllenhaal) dan Ennis (Heath Ledger), menemukan kenyamanan dalam pemandangan terpencil di Wyoming, memungkinkan perasaan sejati satu sama lain berkembang. Film terobosan Ang Lee ini membantu membuka jalan bagi romansa queer untuk ditampilkan di layar lebar kepada penonton.

Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Karya visual lainnya datang dari Ang Lee berjudul Crouching Tiger, Hidden Dragon yang dibintangi oleh legenda internasional termasuk Chow Yun-fat dan Michelle Yeoh. Ceritanya sendiri sulit untuk disimpulkan, tetapi semua drama dan aksi pada dasarnya bermuara pada keberadaan pedang: siapa yang memegangnya dan siapa yang mencuri. Tentu saja, saat pencarian logam mulia ini akhirnya terungkap, menampilkan seni bela diri yang menakjubkan, kisah romansa, dan juga pengkhianatan pahit.

Dreamgirls (2006)

Dreamgirls (2006)

Film musikal telah ada sejak Dorothy menyusuri jalan menuju kesuksesan, tetapi pada abad ini, mereka telah menjadi subgenre: Mereka menyimpang dari cerita konvensional. Favorit kami termasuk Moulin Rouge!, Chicago, Walk the Line, Ray. Film-film ini adalah pelarian, mereka adalah mahakarya visual, prestasi sinematik besar yang membuat Anda ingin menari. Hal yang sama berlaku untuk Dreamgirls, dazzler menggetarkan jiwa Bill Condon yang memberikan panggung untuk Beyoncé dan Jennifer Hudson dan membiarkan mereka melakukan hal yang diinginkan.

Enough (2002)

Enough (2002)

Tahun 2000-an juga bisa disebut sebagai dekade awal dari ketenaran Jennifer Lopez. Aktris itu ada di seluruh layar lebar, membintangi komedi romantis seperti Maid in Manhattan, Monster-in-Law, dan The Wedding Planner, tetapi membuat kami merasa hangat bukanlah satu-satunya bakatnya. Dalam Enough, Jennifer memerankan Slim Hiller, seorang wanita berdaya yang ingin mengakhiri pelecehan suaminya untuk selamanya. 

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

Putus cinta memang sulit dijalankan. Saking sulitnya, bahkan ada yang ingin menghapus ingatannya. Itulah yang dilakukan oleh para pemain inti dalam drama romantic sci-fi yang pedih dari sutradara Michael Gondry dan rekan penulis Charlie Kaufman ini. Film ini dibintangi Jim Carrey dan Kate Winslet sebagai mantan kekasih (Joel dan Clementine), hubungan mereka dihidupkan kembali saat mereka menjalani prosedur penghapusan. Lucunya, ketika mereka berusaha untuk menghapus ingatan mereka, film itu justru tertanam dalam diri kita sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Finding Nemo (2003)

Finding Nemo (2003)

Sebuah kesenangan dari awal hingga akhir, Pixar klasik yang secara teknis telah membawa penonton ke bawah laut untuk sebuah petualangan yang mendebarkan, ketika ikan badut dan sahabatnya, ikan dori biru, berangkat untuk menemukan putranya, Nemo. Muncul pertikaian dengan makhluk laut, alur cerita yang sangat pribadi tentang ketakutan ketika menjadi orang tua, dan—mungkin yang terbaik—pelajaran dan renungan dari ikan bernama Dory yang masih kita gunakan sampai sekarang. Just keep swimming, just keep swimming…

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Tahun 2000-an juga ditandai dengan pencarian film-film fantasi baru yang tak pernah terpuaskan. Hollywood melihat peningkatan signifikan dalam genre yang didedikasikan untuk kisah-kisah negeri nan jauh, makhluk mitos, dan narasi epik—seperti The Lord of the Rings, Pirates of the Caribbean, The Chronicles of Narnia semuanya cocok di sini. Tapi yang paling epik dari semuanya adalah Harry Potter.

Sebuah karya yang menenangkan tentang sihir, petualangan, dan cinta, Potterverse diperkenalkan pada tahun 2001 dan merilis sebuah sekuel hampir setiap tahun hingga selesai pada tahun 2011. Favorit kami? datang dari persembahan Alfonso Cuarón, Prisoner of Azkaban.

Kill Bill: Vols. 1 & 2 (2003, 2004)

Kill Bill: Vols. 1 & 2 (2003, 2004)

Tidak yakin apakah Anda memperhatikan, tetapi tren Y2K cukup identik dengan seni bela diri. Dan memang seharusnya begitu. Tidak ada yang lebih baik daripada menonton aktor yang menguasai koreografi dan aksi melawan gravitasi. Dari Rush Hour dan Kung Fu Hustle

Hingga Charlie's Angels dan bahkan Kung Fu Panda, yang terbaik di Hollywood. Namun, jangan berpikir itu menjadi lebih baik untuk dekade ini, film yang diperankan Uma Thurman (Beatrix Kiddo) telah mengiris daftar musuh di Kill Bill: Vols. 1 dan 2.

Legally Blonde (2001)

Legally Blonde (2001)

Pink. Ini adalah warna yang popularitasnya dapat ditelusuri kembali ke India kuno dan masyarakat Eropa pada abad ke-18. Elle Woods tidak menciptakan warna yang merona, tetapi ia pasti melakukan bagiannya untuk membantu meluncurkan obsesi Y2K. Dimainkan oleh Reese Witherspoon, calon pengacara yang memperlakukan ruang sidang seperti runway pribadinya, dan ia sangat berterima kasih atas fiksasi dekade pada millenial pink, dan hasrat yang berikutnya untuk Barbiecore. Plus, film rom-com ini memang sangat menakjubkan.

Mean Girls (2004)

Mean Girls (2004)

Komedi remaja ini didominasi oleh pengembaraan seksual laki-laki—penaklukannya untuk kehilangan keperjakaannya atau mengambil ‘V-card’ dari remaja cantik yang menjadi pusat perhatian (lihat: American Pie, Eurotrip, Can't hardly Wait). Dinobatkan sebagai salah satu film remaja paling ikonik di canon. Mean Girls dibintangi Lindsay Lohan sebagai siswa pindahan yang menyusup ke kelompok gadis arogan yang dipimpin oleh Rachel McAdams, dan itu akan selamanya menjadi alasan kami mengenakan warna pink pada hari Rabu.

Once (2007)

Once (2007)

Film karya John Carney ini menjadi sangat indah dan menyakitkan, sehingga Anda tidak bisa menahan tangis, tepuk tangan, dan rasa percaya akan cinta. Air mata yang akan mengalir saat dua pemeran utama menyadari bahwa mereka telah menemukan belahan jiwa satu sama lain tetapi tidak dapat berbuat apa-apa untuk bertindak atas cinta mereka. Dan saat kredit bergulir, perasaan murni yang Anda miliki akan pudar. Tapi tidak ada yang seperti pertama kali Anda menonton film ini. Sampai Anda menontonnya lagi.

Pan's Labyrinth (2006)

Pan’s Labyrinth (2006)

Ketertarikan Guillermo del Toro dengan monster mencapai puncaknya dengan fabel Spanyol-Meksiko ini, menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Ofelia, yang lolos dari perang dengan menjelajah ke negeri fantasi yang mistis dan terkadang menakutkan. Menggabungkan fakta sejarah dan fiksi ke dalam sebuah drama visual yang memukau, didukung oleh realisme magis namun berlabuh dalam kebrutalan manusia, Guillermo del Toro menghadirkan dongeng yang mencekam, emosional, dan mencengangkan bagi para penonton.

Persepolis (2007)

Persepolis (2007)

Novel grafis sering dicari untuk inspirasi layar di era 2000an (300, Sin City, V for Vendetta, dan setiap persembahan superhero), tetapi dalam kasus Marjane Satrapi, seorang pembuat film yang dibesarkan di Teheran selama Revolusi Islam, buku komik memoarnya lebih dari sekadar inspirasi untuk menjadi sebuah film—ini adalah cara bagi Marjane untuk menemukan kembali tema genre dan mengilustrasikannya dengan cara baru. Mengurai dalam animasi 2D hitam-putih, Persepolis menyuntikkan humor dan hati ke dalam perjalanan seorang gadis untuk menemukan jati diri.

Saving Face (2004)

Saving Face (2004)

Sinema Queer memiliki kejayaan di tahun 2022—Film seperti Bros, Hulu's Fire Island, Netflix's Heartstopper semuanya menuai pujian kritis. Namun pada tahun 2004, Alice Wu membuat debut penyutradaraannya dengan kisah cinta indie yang telah menjadi ciri khas sinema queer. Tentang seorang Tionghoa Amerika berusia 20-an yang ‘queerness’ nya diabaikan oleh sang ibu, film ini bukan hanya sebuah pencapaian bagi sinema queer Asia, tetapi sangat mungkin untuk menjadi yang pertama menampilkan pemeran Tionghoa-Amerika sejak masa Joy Luck Club.

Slumdog Millionaire (2008)

Slumdog Millionaire (2008)

Serahkan pada Danny Boyle untuk menyuntikkan energi ingar-bingar ke dalam drama Bollywood tentang seorang anak jalanan Mumbai (Dev Patel) yang siap memenangkan 20 juta rupee di sebuah acara popular game show. Sutradara lain yang memiliki kegembiraan yang sama (think: 127 Hours, Sunshine, Trance), Danny menyusun kisahnya yang miskin berubah menjadi kaya dengan semangat, optimisme. Dan chemistry di layar antara Dev Patel dan costar Freida Pinto juga sama gamblangnya.

Superbad (2007)

Superbad (2007)

Superbad telah menjatuhkan lelucon konyol. Raja komedi cabul kelas baru, Superbad datang setelah sutradara Judd Apatow (Knocked Up), rekan penulis Kristen Wiig (Bridesmaids), dan berkat humor yang gigih, slogannya abadi seperti "Down to fuck," dan narasi bromance yang menggemakan itu dari penulis film, Seth Rogen dan Evan Goldberg, Superbad telah mengubah wajah genre.

The Dark Knight (2008)

The Dark Knight (2008)

Secara luas dikreditkan sebagai katalis dalam Academy’s decision kategori Film Terbaik melampaui hanya lima nominasi, The Dark Knights dicela untuk hadiah utama di Oscar 2009—bahkan tidak dinominasikan. Namun tidak apa-apa; Joker brilian Heath Ledger berhak memenangkan kategorinya, sutradara Christopher Nolan merevolusi genre dengan cerita asli, dan film ini telah melampaui lebih dari satu dekade untuk menjadi film superhero terbaik yang pernah dibuat.

The Departed (2006)

The Departed (2006)

Berkat penampilan elit dan legendaris dari aktor-aktor utamanya—Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson, dan Mark Wahlberg, dan yang lainnya—Martin Scorsese, akhirnya dapat menambahkan tropi emas ke ruang pialanya yang luas karena memenangkan kategori untuk sutradara terbaik pada tahun 2007, setelah dinominasikan tujuh kali untuk apa yang diyakini banyak orang sebagai film terbaiknya: The Departed bercerita tentang seorang polisi yang menyamar dan terjerat dalam geng Irlandia di Boston Selatan.

The Devil Wears Prada (2006)

The Devil Wears Prada (2006)

Sebelum rilis pada musim panas, Meryl Streep, Emily Blunt, Anne Hathaway, dan Stanley Tucci tidak menyangka bahwa komedi romantis tempat kerja mereka yang akan mencapai status ikon puncak. Dengan kostumnya yang menggemakan obsesi terhadap high fashion dan memanfaatkan tren sambil juga memanjakan nuansa klasik, film ini bercerita tentang seorang gadis, bosnya, dan penampilan "a million girls would kill for" juga pertunjukan yang luar biasa dari Ms. Streep.

The Hurt Locker (2008)

The Hurt Locker (2008)

Kathryn Bigelow menjadi wanita pertama yang memenangkan nominasi sutradara terbaik di Oscar dengan film perangnya yang berjudul The Hurt Locker. Dibintangi Jeremy Renner dan Anthony Mackie sebagai teknisi bom tentara, film yang ditulis oleh jurnalis investigasi Mark Boal mengeksplorasi kebrutalan perang Irak sambil menjelaskan imbas psikologis, seperti gangguan stres pasca-trauma dan menyesuaikan kembali dengan kehidupan rumah setelahnya. Film ini telah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu film perang terbaik yang pernah dibuat.

The Notebook (2004)

The Notebook (2004)

Ryan Gosling dan Rachel McAdams adalah salah satu pasangan yang paling ikonis. Namun kisah romansa mereka tidak benar-benar dimulai sampai mereka memerankan The Notebook, sebuah melodrama yang diadaptasi dari novel Nicolas Sparks dengan nama yang serupa. Kami suka berpikir bahwa mereka juga sama bersemangatnya seperti kami setelah adegan seks. Adegan itu telah memantapkan romansa sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. 

The Royal Tenebaums (2001)

The Royal Tenebaums (2001)

Menonton film Wes Anderson berarti memasuki dunianya sebagai panorama absurditas yang menawan—dan serasa tidak ingin pergi. Sebagai seorang filmmaker, ia telah dengan cermat mengisi resumenya dengan 10 judul tunggal, masing-masing dibedah oleh para penggemar yang tidak pernah bisa menentukan urutan favoritnya. Ketika kita memikirkan Wes Anderson, kita akan teringat The Royal Tenebaums, sebuah kisah disfungsi yang memetakan perjalanan seorang patriarki untuk memperbaiki kesalahan dengan keluarganya.

Training Day (2001) 

Training Day (2001)

Butuh waktu puluhan tahun bagi Denzel Washington untuk mendapatkan haknya, ini dilakukan ketika ia memerankan Alonzo dalam drama mendebarkan karya Antoine Fuqua. Menceritakan seorang polisi, dan diperankan oleh Ethan Hawke, yang mempelajari hukum jalanan L.A yang kejam, film ini tergolong sangat bagus dalam semua hal: penulis (David Ayer), sutradara (Antoine), cameos (Snoop, Macy Gray). Tapi bintang sebenarnya di sini adalah Denzel, yang menjadi aktor kulit hitam pertama yang memenangkan kategori Aktor Terbaik di Oscar dalam kurun 40 tahun terakhir.

Volver (2006)

Volver (2006)

Sebuah perlengkapan di bioskop sejak tahun 1970-an, Pedro Almodóvar telah bekerja dengan legiun ternama dan juga para kolaborator. Mungkin tidak ada yang sepenting Penélope Cruz, yang telah membintangi tujuh dari 11 film terakhirnya. Mencapai puncak ketenarannya pada tahun 2000-an, Penelope berada di seluruh layar sinema, mulai dari Blow, Vanilla Sky hingga Gothika dan juga Broken Embraces. Namun dengan Volver, ia mendapatkan nominasi Oscar pertamanya.

Baca juga:

30 Daftar Film Terseksi Sepanjang Masa

Intip 55 Film Orisinal Netflix Terbaik!

(Penulis: Deanna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)