Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

3 Kartu Di Dompet yang Wajib Anda Miliki untuk Mempermudah Segala Aktivitas

Di antaranya kartu debit dan kartu kredit, dan ada dua kartu lagi yang tak kalah penting. Apakah itu?

Dalam keseharian Anda, dompet adalah salah satu barang tak boleh tertinggal. Selain untuk membawa kartu identitas, Anda perlu mengantongi beberapa kartu penting lain untuk mempermudah segala aktivitas. Tentu di antaranya adalah kartu debit dan kartu debit untuk segala kegiatan finansial dan berbelanja, akan tetapi kartu apalagi yang sekiranya wajib ada di dalam dompet?

1. Kartu Debit & Kredit

Kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank ini memang berfungsi sebagai pengganti pembayaran tunai yang praktis. Selain itu kartu debit juga menjadi media untuk mengambil uang tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hal itu dikarenakan kartu debit mengacu pada saldo tabungan Anda di bawah bank penerbit. 

Anda bisa mengatur beberapa penggunaan kartu debit sesuai dengan kebutuhan. Jika tabungan itu memang dipergunakan untuk pengeluaran sehari-hari, maka kartu ini wajib menjadi kartu debit utama yang harus dibawa ke mana pun. Tapi apabila saldo tabungan itu adalah memang untuk investasi atau sifatnya sebagai tabungan risiko, alangkah baiknya kartu debit itu disimpan atau tidak diaktifkan. Di sini Anda bisa mengatur pengeluaran atau pemasukan lewat internet banking yang sudah terkoneksi sebelumnya. 

Apabila berbicara mengenai kartu kredit, bisa saja Anda tidak memilih untuk mempunyai kartu kredit. Tapi apa sih sebenarnya fungsi dari kartu kredit di keseharian Anda?

Kartu kredit adalah sebuah instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank, dan memiliki nilai peminjaman yang tentunya harus dikembalikan kepada bank tersebut dalam jangka waktu tertentu. Kartu kredit biasa digunakan sebagai metode pembayaran untuk berbelanja, dan menjadi sangat berguna apabila Anda dapat mengelolanya dengan tepat. Akan tetapi akan punya efek negatif jika si pemegang kartu kredit tidak mempelajari aturan-aturannya.

Kini beberapa kartu kredit juga dilengkapi dengan fasilitas tarik tunai (dengan limit tertentu), sehingga Anda bisa menarik uang tunai dan dengan cara yang sama harus dikembalikan dalam waktu tertentu. Dan perlu diingat, kartu kredit juga memiliki batas limit yang disesuaikan dengan pemasukan Anda, di sinilah penggunaannya jadi bisa lebih terkontrol.

2. Kartu Asuransi

Ini adalah salah satu kartu yang tak kalah penting ada di dalam dompet Anda sebagai kartu proteksi diri. Kartu asuransi sendiri merupakan kartu fisik yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi (penanggung) sebagai bukti keikutsertaan nasabah (tertanggung) dalam asuransi. Fungsinya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari polis, dan isinya mencakup identitas detail seperti: nama tertanggung, nomor kartu, nomor peserta, nomor polis, sampai tanggal lahir. Tak luput juga barcode atau pita yang tertera sebagai cara untuk mengklaim.

Anda wajib membawa kartu ini ke mana saja, sehingga apabila terjadi hal-hal darurat, Anda bisa langsung menggunakannya. Jika Anda mengambil polis dengan cakupan internasional, kartu ini juga harus dibawa saat berpelesir.

3. Kartu Priority Pass

BRI Private

Selain kartu-kartu di atas, kartu priority pass juga merupakan barang yang esensial untuk dibawa, terutama ketika Anda bepergian. Priority pass sendiri telah memberikan layanan eksklusif dan terbaik bagi para frequent flyers selama lebih dari 30 tahun. Apabila Anda tergabung sebagai member priority pass, premium brand premium akan mengetahui bahwa Anda adalah seorang VIP karena priority pass dikenal secara global sebagai program premium. 

Anda bisa merasakan layanan terbaik dari priority pass jika Anda tergabung sebagai Pribadi Istimewa BRI Private. Para nasabah BRI Private akan mendapatkan kartu priority pass yang memberi akses eksklusif ke airport lounge di lebih dari 1.000 lounge di mana pun Anda berada, apa pun jenis kelas penerbangannya dan maskapai penerbangan Anda.

Lalu apa saja keunggulan dari BRI Private? Sebagai layanan perbankan prima, para nasabah BRI Private nantinya akan mendapatkan pendampingan oleh Private Banker BRI yang tersertifikasi dan berpengalaman di bidangnya, guna membantu pengelolaan finansial nasabah termasuk perencanaan pajak (Tax Planning), perencanaan tempat tinggal (Estate Planning), dan konsultasi keuangan (Financial Consultation). Berbagai privilege yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah juga menanti seperti travel privilege VIP service, lifestyle privilege seperti bebas biaya tahunan Kartu Kredit Infinite dan World Access, concierge services, dan bahkan information privilege dengan mendapatkan update berita eksklusif di pasar keuangan.

Nasabah BRI Private juga bisa menikmati berbagai promo menarik di beragam pilihan merchant, mulai dari F&B seperti GIOI, Wa Chu Want, dan Putien; Hotel, seperti Four Seasons dan Pullman Jakarta; serta merchant lainnya seperti Pondok Indah Golf, Frank & Co., The Premiere XXI dan masih banyak lagi.

Menarik bukan menjadi salah satu nasabah BRI Private? Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengujungi situs BRI Private.

Created by Harper's Bazaar Indonesia for BRI

(Foto: 123rf.com; Courtesy of BRI)