Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sakanti Samasta: Keindahan Akulturasi Budaya dalam Koleksi Batik Iwan Tirta 

Koleksi ini dapat dinikmati secara visual bersamaan dengan cerita dongeng karya Adinia Wirasti.

Sakanti Samasta: Keindahan Akulturasi Budaya dalam Koleksi Batik Iwan Tirta 
Courtesy of Iwan Tirta Private Collection

Wujud keindahan akulturasi budaya di Indonesia khususnya di daerah pesisir Jawa menjadi inspirasi utama Runway Collection 2023 label Iwan Tirta Private Collection (ITPC). Koleksi ini diberi tajuk Sakanti Samasta, yang berarti penyatuan keindahan, dipresentasikan bersamaan dengan peringatan Hari Batik 2022.

Kembali memberikan pengalaman unik, kali ini ITPC menghadirkan rangkaian koleksi fashion yang digabungkan dengan kisah fiksi selayaknya dongeng yang dikemas bukan hanya dalam bentuk tulisan tetapi dalam format audio. Adinia Wirasti, seorang aktris yang juga mencintai seni batik dan budaya Indonesia berperan menuliskan cerita dongeng Sakanti Samasta

Penggabungan fashion dengan dongeng ini dilakukan agar batik tidak hanya diapresiasi secara visual tetapi juga lewat cerita dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Sakanti Samasta memiliki tiga sequence koleksi yaitu Qian, Saga, dan Kai.

Sequence Qian bertema peranakan atau akulturasi budaya Cina dengan konsep warna Yin-Yang mempunyai palet warna yang menjadi simbol kemakmuran dalam budaya Cina. Saga menampilkan motif-motif batik dengan akulturasi budaya Eropa, khususnya Belanda yang digambarkan melalui koleksi bernuansa biru, jingga, dan putih. Sedangkan Kai mencerminkan akulturasi budaya Jepang tampil dalam koleksi yang sarat warna cerah dan mengedepankan penggunaan teknik coletan

Courtesy of Iwan Tirta Private Collection

Koleksi Sakanti Samasta terdiri dari 20 tampilan ladieswear dan menswear. Pada koleksi menswear, penggunaan material fine cotton dan sutra tenun tampil dalam style kemeja lengan panjang dan lengan pendek yang menjadi signature Iwan Tirta. Seperti overshirt dengan kerah mandarin dan revere, bowling shirt, bahkan celana pendek serta bucket hat turut hadir memberikan nuansa gaya batik yang modern dan relevan. 

Kemudian pada koleksi ladieswear terdapat beragam gaya untuk koleksi outerwear, cocktail dress hingga gaun yang mewah. Material utama yang digunakan mulai dari fine cotton, sutra tenun, tafeta, dan material transparan seperti organza, chiffon serta tulle.

Courtesy of Iwan Tirta Private Collection

Cerita dongeng Sakanti Samasta dapat dibaca pada laman Instagram @iwantirta_batik dan dapat didengarkan dalam format audio story telling melalui akun Spotify Iwan Tirta Private Collection mulai tanggal 8 Oktober 2022. 

Baca juga: 10 Selebriti Wanita Indonesia Ini Pamerkan Foto dalam Balutan Kebaya hingga Batik untuk Semarakkan Hari Kartini

Penulis: Diah Pithaloka