Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Memahami Lebih Jauh Tentang Wealth Management

Selain sebagai manajer keuangan pribadi, layanan Wealth Management juga akan membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan secara lebih efektif

Memahami Lebih Jauh Tentang Wealth Management
Courtesy of 123RF

Mengelola keuangan sejatinya tidak terbatas pada investasi dan tabungan di hari tua, mengingat setiap individu pasti memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Untuk mencapainya, diperlukan financial planning yang tepat untuk mengantar Anda pada kebebasan finansial. Terutama saat ini kita sudah merasakan bagaimana rasanya berada di masa yang penuh ketidakpastian. Di sinilah pemahaman tentang peran Wealth Management sekiranya perlu diketahui secara lebih jauh.

Apa itu Wealth Management?

Secara umum, Wealth Management berperan layaknya manajer keuangan pribadi. Dengan pengetahuan serta strategi keuangan yang mumpuni, para Priority Banking Officer (PBO) akan membantu Anda, terutama para High Net Worth Individuals, untuk secara profesional mengelola keuangan demi mencapai tujuan keuangan dan kesejahteraan baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Layanan yang diberikan biasanya termasuk estate planning, legal assistance, rencana pensiun, tax guidance, investasi, dan rekomendasi asuransi.

Apa saja keuntungan menggunakan layanan Wealth Management?

Selain membantu Anda mencapai tujuan keuangan secara lebih terarah dan efektif serta pemilihan asuransi yang tepat, layanan Wealth Management juga menawarkan beberapa kemudahan lainnya dengan pendekatan holistik yang mereka lakukan mulai dari perencanaan dana pensiun hingga memilih investasi yang tepat. Penjelasan lebih jauh dapat Anda simak pada poin-poin di bawah ini.

1. Investasi lebih terarah

Investasi memungkinkan uang Anda "bekerja" untuk Anda, namun ini tak lepas dari seninya yang berbunyi high risk, high gain. Setelah membantu memahami kondisi keuangan, Wealth Manager juga akan memberikan arahan untuk memilih investasi yang tepat sesuai situasi tertentu dan profil risiko Anda. Bukan tak mungkin, Anda juga dibantu untuk membuat portofolio yang solid.

2. Terbantu dalam mengatasi masalah keuangan yang kompleks

Tidak sekadar layanan berupa produk keuangan, Wealth Management juga menyediakan layanan financial counseling. Mereka dibekali dengan pengetahuan yang mendalam untuk membantu mengatur keuangan di tengah ketidak pastian kondisi pasar sehingga Anda cukup terbebas dari stres dan dapat mencapai kenyamanan hidup.


3. Persiapan dana pensiun menjadi lebih matang

Siapa yang tidak ingin menikmati kenyamanan hidup di masa tua? Persiapan pensiun adalah salah satu hal penting dalam perencanaan keuangan dan prosesnya memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karenanya, kehadiran Wealth Manager yang memahami kondisi keuangan Anda saat ini akan membantu Anda menyiapkan strategi yang tepat.


Layanan Wealth Management biasanya ditawarkan oleh perbankan bagi nasabah prioritas dan BRI adalah salah satu yang memilikinya. Sesuai dengan visinya untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion in Financial Inclusion, BRI bertujuan untuk memberikan layanan Wealth Management tidak hanya untuk segmen menengah ke atas namun juga untuk seluruh masyarakat Indonesia. Wealth Management BRI sendiri memiliki dukungan yang lengkap, mulai dari investasi, bancassurance, sekuritas, serta modal ventura.

Kabar baiknya, BRI baru saja menyandang penghargaan Best Priority Bank dalam Global Private Banking Innovation Summit & Award 2021 yang diselenggarakan oleh The Digital Banker, media publikasi dan riset industri perbankan yang berpusat di Singapura. Penghargaan ini diraih sebagai bukti kinerja positif bisnis Wealth Management BRI. Per Agustus 2021, Wealth Management BRI mampu mencatatkan pertumbuhan fee based income sebesar 47% year on year, karena total aset yang dikelola terus meningkat selama satu dekade. BRI pun terus mendorong penerimaan fee based income yang lebih besar di sektor investasi dan bancassurance. Salah satunya adalah dengan mengembangkan berbagai inovasi produk perbankan dan menambah jumlah outlet layanan BRI Prioritas. Yang terbaru adalah Kantor Cabang dan Sentra Layanan Prioritas (SLP) keempat yang berlokasi di Bogor, tepatnya di Jalan Raya Pajajaran No. 35. Dengan demikian, total outlet layanan nasabah prima milik BRI kini mencapai angka 171 yang terdiri dari 30 Sentra Layanan BRI Prioritas dan 141 Priority Lounge yang tersebar di seluruh Indonesia.

Courtesy of BRI
Courtesy of BRI

Berdirinya Kantor Cabang dan SLP baru tersebut bertujuan untuk memanjakan nasabah BRI dengan beragam pilihan layanan perbankan, di antaranya adalah melalui kantor layanan prioritas yang mudah dijangkau, premium, dan mampu memberikan layanan personal banking yang memuaskan. Demi menggaet segmentasi nasabah affluent dari segmen milenial, SLP Bogor ini pun tampil dengan konsep baru yang mengusung tema modern heritage. Memasuki areanya, Anda akan mendapati layanan premium seperti ruang meeting, ruang konsultasi dengan teller (dealing room), dan Safe Deposit Box. Bukan hanya itu, di sana tersedia pula produk perbankan dan investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, didukung oleh tenaga pemasar profesional yang terverifikasi. Nasabah juga bisa mendapatkan financial advice dari Priority Banking Manager (PBM) dan Priority Banking Officer (PBO) BRI.

BRI telah memiliki total outlet layanan nasabah prima milik BRI mencapai 171 yang terdiri dari 30 Sentra Layanan BRI Prioritas dan 141 Priority Lounge yang tersebar di seluruh Indonesia. BRI juga memiliki 99 Kantor Cabang yang sudah memiliki izin sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK RI.


Sebagai nasabah BRI Prioritas, Anda akan dimanjakan dengan beragam keuntungan seperti Travel Privileges, Lifestyle Privilege, Concierge Privilege, dan Information on Education Privilege. Anda juga akan mendapatkan Kartu BRI Prioritas sebagai kartu identitas yang berfungsi sebagai kartu ATM sekaligus kartu debit yang tergabung dalam jaringan internasional Premium Debit Master Card.

Foto courtesy of: 123RF dan BRI