Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Aksesori "Magis" yang Stylish dan Dipercaya Bisa Memberi Energi Positif

Permata terbaru yang memanfaatkan keyakinan kuno untuk perlindungan dan kepastian.

15 Aksesori
Courtesy of Bazaar UK

Perhiasan jimat setua usia manusia. Orang Mesir kuno menghiasi diri mereka dengan jimat pelindung dalam simbol berbentuk dewa, hewan, atau simbol suci untuk menangkal kemalangan. Di Tiongkok, orang-orang telah memakai gelang dan perhiasan giok selama ribuan tahun, dan batu itu sangat dikagumi karena hubungannya dengan kemakmuran, kemurnian, kesuksesan, dan juga karena warnanya yang kaya dan hijau. Konfusius (551-479BC), orang bijak dan filsuf Tiongkok, bahkan mencantumkan berbagai kebajikannya dalam Book of Rites-nya, menyebutnya sebagai "zat yang mengagumkan, lahir dari gunung dan air".

Sementara itu, para bayi Romawi diberi jimat liontin untuk melindungi mereka dari roh jahat. Bayi perempuan secara tradisional mengenakan liontin berbentuk bulan sabit yang disebut lunula sampai mereka cukup umur untuk menikah, sementara anak laki-laki memakai bulla emas bundar sampai mereka dewasa.

Nenek moyang kita bahkan menganggap batu permata berwarna-warni, memiliki kekuatan mistik yang berbeda. “Anda hanya perlu melihat Middleham Jewel untuk membayangkan kualitas protektif dan transendental yang dimiliki oleh wanita bangsawan yang memakainya,” kata ahli perhiasan dan ahli permata, Joanna Hardy, yang telah menulis tentang permata abad ke-15 dalam buku barunya, Sapphire, diterbitkan bulan ini. Liontin emas berbentuk permen diatur dengan safir biru tua (batu yang melambangkan penyembuhan dan keilahian) dan diukir dengan adegan alkitabiah dan mantra magis. Punggungnya yang berongga awalnya berisi potongan-potongan sutra, yang dianggap sebagai kain suci, sehingga potongan itu bisa dipakai sebagai alat bantu untuk berdoa. "Diduga juga bahwa wanita yang memilikinya mungkin menggunakannya untuk membantu persalinan dan untuk menghilangkan nasib buruk," kata Joanna. “Saat itu, batu permata dianggap sebagai obat dari penyakit. Obat-obatan itu diresepkan oleh apoteker selama masa ketika kehidupan sering kali dipersingkat oleh penyakit, dan kesehatan yang baik tidak pernah dianugerahkan.”

Di masa-masa yang mencemaskan dan meresahkan ini, mudah untuk melihat mengapa banyak desainer menemukan diri mereka tertarik untuk menjelajahi tema kuno keamanan, kenyamanan, dan perlindungan, menciptakan perhiasan untuk pelanggan yang semakin mencari aksesori dengan lebih banyak resonansi dan makna. Pilihan perhiasan itu sendiri dapat menjadi jendela untuk kebutuhan emosional pemakainya, apakah mereka ingin merasa lebih tenang, lebih bahagia, atau lebih terinspirasi, serta narasi pribadi yang ingin mereka sampaikan. “Orang-orang tidak membeli barang-barang ini hanya karena mereka cantik, tetapi karena mereka berbicara dengan sesuatu di dalam diri mereka. Saya pikir ada lebih banyak penerimaan sekarang di Barat dari asosiasi mistis dan spiritual perhiasan, yang sudah lama tidak kita miliki, ”kata Mariella Tandy, pendiri perhiasan Alemdara yang berbasis di London. Barang terlarisnya termasuk gelang dan kalung yang dihiasi dengan evil eye Turki dan jimat tangan, dirancang untuk dikenakan dekat dengan kulit dan tidak pernah dilepas. “Kami melihat peningkatan besar dalam penjualan selama pandemi, terutama untuk hadiah. Pelanggan juga membeli kelipatan dari desain yang sama untuk beberapa generasi untuk dipakai sekaligus, sebagai simbol ikatan cinta atau cerita bersama.”

Evil eye tradisional dan tanda-tanda zodiak bukan satu-satunya simbol yang terbukti populer saat ini. Menurut Liz Olver, direktur desain produk di Vashi, ada lonjakan minat pada bentuk abstrak dengan makna yang lebih pribadi sejak krisis Covid-19 dimulai. “Desain apa pun, selama itu memberi Anda kebahagiaan, bisa dianggap semacam jimat. Kami baru saja membuat jimat kecil untuk seseorang berdasarkan garis peta survei Ordnance, dan itu sangat berarti bagi mereka, ”katanya. “Saya melihat apa yang kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan keinginan terdalam dan paling intim dari orang-orang melalui perhiasan, sehingga setiap kali pelanggan melihat bagian mereka, mereka mendapatkan kegembiraan darinya.”

Dari ikon kuno yang dirancang ulang untuk audiens zaman modern, hingga kristal warna-warni yang memanfaatkan tren kesejahteraan global, dan interpretasi baru dari token keberuntungan kuno, perhiasan saat ini menciptakan jimat abad ke-21 yang beresonansi dengan cara yang sangat baru. Di sini, kami mengumpulkan 15 yang terbaik untuk dijelajahi saat ini.

1. Alice Van Cal

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Gelang Radiant Union baru dari Alice didasarkan pada terapi warna, gagasan bahwa warna dapat berdampak besar pada suasana hati dan persepsi kita. Setiap gelang diatur dengan berbagai macam rubi, zamrud, atau safir pelangi, yang dirancang untuk meningkatkan kondisi pikiran pemakainya.

Gemstone Bracelet, mulai dari 8,650 Poundsterling Inggris (167.721.936 rupiah)

2. Alemdara

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dibuat oleh pengrajin terampil di Istanbul, perhiasan Alemdara yang bersahaja dimaksudkan untuk dipakai setiap hari, berlapis-lapis di antara penampilan favorit Anda. Tangan Hamsa,evil eye, hati, dan pesona surgawi semuanya didasarkan pada ikon tradisional yang dianggap membawa keberuntungan, cinta, dan perlindungan.

Diadem Bracelet, 275 Poundsterling Inggris (5.333.020 rupiah)

3. Alighieri

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Permata singa Alighieri terinspirasi oleh bagian dalam puisi epik Dante, Inferno, ketika penyair dihadapkan oleh singa yang menakutkan saat tersesat di hutan gelap. Medali bertekstur organik semuanya berlambang singa, sebagai pengingat untuk berani di saat-saat yang paling sulit.

Il Leone Medallion Necklace, 210 Poundsterling Inggris (5.236.056 rupiah)

4. Star Animal Sundays

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Dihiasi dengan desain hewan roh yang berbeda, perhiasan emas yang digunakan ulang ini dibuat di Los Angeles dan New York dan telah diberkati oleh shaman untuk menanamkan energi positif kepada mereka. Kalung pesona manik-manik semuanya dibuat dengan kayu cendana mentah, memberikan kualitas sentuhan yang sangat nyaman.

Beaded Charm Necklace, 512 Poundsterling Inggris (9.929.113 rupiah)

5. Bee Goddness

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Desainer Ece Sirin mendirikan Bee Goddess dalam perjalanan pribadi untuk menemukan lebih banyak makna, setelah sebelumnya bekerja untuk perusahaan global seperti Microsoft dan Coca-Cola. Potongan-potongannya yang bertatahkan batu permata semuanya dihiasi dengan simbol yang mewakili kekuatan, kebijaksanaan, cinta atau kebahagiaan.

Diamond Eyelight Ring, 3,270 Poundsterling Inggris (63.414.456 rupiah)

6. Annoushka

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Seorang spesialis dalam menciptakan pesona yang dipersonalisasi. Koleksi terbaru Annoushka Ducas, Three Wishes, didasarkan pada tiga simbol tradisional dari cerita rakyat Rusia dengan anggukan penuh kasih pada warisan desainer itu sendiri. Pesona kunci kecil dikatakan mewakili kesuksesan masa depan dan memiliki potongan kayu ebony terkecil yang tertanam di dasarnya, memungkinkan pemakainya untuk "menyentuh kayu" untuk keberuntungan setiap saat.

Gold and Diamond Charm, 2,200 Poundsterling Inggris (42.664.160 rupiah)

7. Foundrae

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Beth Bugdaycay, direktur kreatif dan pendiri Foundrae, percaya bahwa perhiasan simbolis dapat menjadi "alat penemuan diri dan ekspresi diri." Pesona emas dan enamel chunky-nya telah terlihat pada orang-orang seperti Gwyneth Paltrow, Beyoncé, Cynthia Erivo dan Olivia Wilde.

Heart Pendant, 1,305 Poundsterling Inggris (25.307.604 rupiah)

8. Jacquie Aitche

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Menyerukan pada warisan penduduk asli Amerika serta pengaruh Timur Tengah, Jacquie Aitche memilih semua kristal dalam koleksi halusnya untuk mempromosikan "good vibes" yang maksimum. Liontin kristal berkilauan ini menggabungkan quartz oranye, dikatakan dapat meningkatkan kebahagiaan dan kegembiraan, dengan taburan berlian putih.

Yellow Gold and Orange Quartz Pendant, 1,565 Poundsterling Inggris (30.349.732 rupiah)

9. Jessica McCormack

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Tanda ouroboros, ular yang menggigit ekornya sendiri, adalah tanda kuno yang berakar pada tradisi magis Mesir dan Yunani kuno. Ini mewakili sifat siklus kehidupan dan pembaruan, serta dalam beberapa budaya juga dikaitkan dengan kesuburan. Ular Jessica yang ramping adalah kolaborasi dengan seniman Haas Brothers, dan hadir dalam enamel ungu dan biru tua.

Enamel Snake Ring, 1,250 Poundsterling Inggris (24.241.000 rupiah)

10. Vashi

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Ingin membuat jimat Anda sendiri? Unggulan Covent Garden baru Vashi yang berbasis di London dikhususkan untuk desain yang dipesan terlebih dahulu, dengan segala sesuatu mulai dari pemindaian 3D hingga pengukiran laser dilakukan di tempat. Mereka yang mencari titik awal dapat mencoba koleksi merek, Lovestrike, yang terinspirasi oleh gelombang suara yang diciptakan oleh detak jantung.

Yellow Gold and Diamond Ring, 440 Poundsterling Inggris (8.532.832 rupiah)

11. T Balance

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Seperti yang dikenakan oleh Adwoa Aboah, Bella Hadid, dan Kylie Jenner, gelang penyembuhan kristal oleh pelatih kehidupan holistik Tori Boughey ini mengandung mantra manik-manik seperti "sinar matahari", "cinta", atau "kekuatan" untuk meningkatkan suasana hati setiap hari.

Carnelian Bead Bracelet, 42 Poundsterling Inggris (814.497 rupiah)

12. The Alkemistry

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Manik-manik Cinta terlaris Alkemistry adalah iterasi indah dari gelang meditasi, dibuat dalam berbagai batu semi mulia dan dibagi menjadi tiga bagian dengan cakram emas kecil, untuk mengingatkan pemakainya untuk berlatih pagi, siang, dan malam.

Mixed Gemstone Bracelet, 250 Poundsterling Inggris (4.848.200 rupiah)

13. Noor Fares

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Pesona terbaru Noor terinspirasi oleh hieroglif penduduk asli Amerika dan menggabungkan dua simbol penyembuhan menjadi satu. Tangan, yang diukir dari quartz bening atau aquamarine, dianggap sebagai tanda berkah, dan dihiasi dengan spiral batu permata berharga, yang menunjukkan keabadian. Berkat selamanya. Apa lagi yang diinginkan seseorang selain itu?

Healer Hand Charm, 1,195 Poundsterling Inggris (23.174.396 rupiah)

14. Sophie Lis

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Sophie yang berbasis di London telah terpesona oleh kosmos (alam semesta) sepanjang hidupnya. Anting berbentuk bulan ini, yang menyalurkan fase lilin dan memudarnya bulan, dimaksudkan untuk melambangkan perjalanan menuju pertumbuhan emosional dan spiritual.

Gold Vermeil and Diamond Earrings, 295 Poundsterling Inggris (5.720.876 rupiah)

15. Chantel Conrad for Loquet London

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Tidak hanya masing-masing loket kecil ini digantung dalam bingkai emas, ini membuat sama memuaskan dengan fidget spinner untuk dimainkan dalam situasi stres. Berisi lensa kecil di mana Anda dapat melihat sekilas pesan tulisan tangan yang dipersonalisasi.

Gold Charm, mulai dari 950 Poundsterling Inggris (18.423.160 rupiah)

Baca juga:

Tren Aksesori yang Akan Naik Daun dari Akhir Tahun 2021 sampai 2022

Mitologi Tiongkok dalam Perhiasan Thomas Sabo

(Penulis: Kim Parker; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)